Mulai Besok Transaksi Kartu Kredit Wajib Pakai PIN 6 Digit

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Selasa, 30 Juni 2020 13:36
Mulai Besok Transaksi Kartu Kredit Wajib Pakai PIN 6 Digit
Mulai besok transaksi dengan otentifikasi tanda tangan akan ditolak.

Dream – Sahabat Dream yang memiliki kartu kredit sebaiknya segera membuat atau meminta nomor identifikasi personil (PIN) ke bank penerbit. Mulai besok, Bank Indonesia akan memberlakukan kewajiban transaksi kartu kredit hanya menggunakan PIN 6 digit. Nasabah tak bisa lagi bertransaksi dengan membubuhkan tanda tangan saat bertransaksi.

Penggunaan PIN untuk transaksi kartu kredit mempermudah dan membuat transaksi lebih aman daripada tanda tangan.

Ketentuan pemakaian PIN sebagai otentifikasi transaksi Kartu Kredit sudah disusun Bank Indonesia sejak lama. Semula ketentuan ini akan mulai diberlakukan pada 1 Januari 2015. Namun mengingat belum semua bank siap, BI memutuskan untuk menundanya sekitar 5 tahun atau pada 1 Juli 2020. 

Penundaan pemberlakuan PIN kartu kredit enam digit kala itu diputuskan karena dua faktor. Pertama, pedagang (merchant) dan pemegang kartu kredit belum memahami tentang penggunaan PIN enam digit. Alasna kedua adalah sebagian besar bank penerbit kartu kredit belum siap menerbitkan teknologi kartu kredit yang mampu mengimplementasikan PIN enam digit.

Sebagian penyedia layanan mesin eletronic data capture (EDC) juga belum mengganti EDC dan sistem jaringan yang bisa memproses transaksi kartu kredit dengan PIN.

Dengan pertimbangan tersebut BI akhirnya memutuskan beberapa tahapan permbelakukan PIN enam digit kartu kredit. Pertama, per 1 Juli 2015, seluruh penerbitan kartu kredit baru dan perpanjangan (renewal) wajib memakai PIN enam digit.

Sementara, tenggat akhir bagi kartu kredit lama menggunakan PIN enam digit jatuh paling telat 30 Juni 2020.

Tahapan kedua adalah seluruh acquirer kartu kredit wajib meningkatkan memapuan teknologi mesin EDC sehingga bisa memproses transaksi kartu kredit dengan PIN, paling lambat 30 Juni 2015.

Ketiga, hingga 30 Juni 2020, transaksi kartu kredit menggunakan dua opsi alat verifikasi, yakni tanda tangan atau PIN.

Setelah lima tahun berlalu, kalanngan perbankan saat ini telah melakukan persiapan terkait hal ini. Dikutip dari Liputan6.com Bank BRI yang menjadi salah satu penerbit kartu kredit (Issuer) maupun Penyelenggara pembayaran (Acquirer) telah melakukan sosialisasi dan edukasi kepada nasabah dan merchant mengenai perubahan tersebut.

Jika ada nasabah yang belum memiliki PIN, bisa meminta PIN baru dengan cara menghubungi Call Center BRI 14017 atau melalui SMS request melalui nomor telepon seluler yang terdaftar sesuai dengan petunjuk yang telah diberikan oleh BRI.

Nasabah juga dapat melakukan aktivasi dan permintaan PIN melalui aplikasi BRI Credit Card Mobile yang tersedia di Play Store dan App Store.

1 dari 2 halaman

BCA Juga Wajibkan Nasabah Aktifkan PIN Kartu Kredit

Dream – PT Bank Central Asia Tbk (BCA) mendorong nasabahnya segera mengaktifkan nomor identifikasi personal (PIN) untuk kartu kredit yang mereka miliki. Sesuai Peraturan Bank Indonesia sleuruh transaksi kartu kredit hanya bisa menggunakan kartu PIN per 1 Juli 2020 atau tinggal sepekan lagi.

“ Kami telah melakukan sosialisasi ini melalui penyebaran informasi secara masif melalui beragam kanal antara lain Website BCA, Email, Media Sosial, dan kanal informasi lainnya,” kata Executive Vice President of Transaction Banking Business Development BCA, I Ketut Alam Wangsawijaya, di Jakarta, dikutip dari keterangan tertulis, Selasa 23 Juni 2020.

 

 © Dream

 

Hingga Mei 2020, ada 84 persen nasabah yang telah mengaktifkan PIN untuk transaksi kartu kredit.

“ Bagi nasabah pemegang kartu kredit BCA yang masih belum mengaktifkan PIN, kami harapkan dapat segera melakukan aktivasi sebelum 1 Juli 2020,” kata dia.

2 dari 2 halaman

3 Cara Mengaktifkan PIN Kartu Kredit BCA

Secara umum, terdapat tiga cara untuk mengaktifkan PIN kartu kredit antara lain via BCA mobile, website BCA www.bca.co.id/creditcard, dan ATM BCA. Untuk mengetahui cara lengkapnya, nasabah dapat memperoleh informasi pada www.bca.co.id/edukatips/pin dan https://youtu.be/W3BuNol-ylk.

Untuk aktivasi PIN kartu kredit via aplikasi BCA mobile, kamu bisa memilih fitur mAdmin, pilih aktivasi kartu Kredit, lalu pilih buat/ubah PIN, dan pilih “ buat PIN”. Lalu, pilih Kartu Kredit mana yang mau dibuat PIN, lalu input PIN yang dikehendaki dan PIN kini sudah aktif.

Selain itu, nasabah dapat melakukan aktivasi PIN melalui website BCA www.bca.co.id/creditcard dengan mengisi form Verifikasi Data https://eform.klikbca.com/fasilitasonlinecc/. Setelah menekan “ Proses”, pilih “ Aktivasi PIN”, pilih kartu yang akan diaktivasi, masukkan 6 digit “ Kode Otentikasi” yang diterima melalui SMS*, tekan “ Proses”, masukkan 6 digit PIN baru, tekan “ Proses” dan Anda akan menerima SMS notifikasi.

Selain melalui BCA mobile dan Website BCA, nasabah dapat melakukan aktivasi PIN kartu kredit melalui ATM BCA, dengan memasukkan Kode Otentikasi yang dikirim melalui SMS BCA setelah kartu kredit diaktifkan. Caranya, masukkan Kartu Kredit, pilih “ Aktivasi PIN”, masukkan 6 digit “ Kode Otentikasi” yang diterima melalui SMS*, tekan “ Benar”. Jika valid, tekan “ Lanjutkan” dan masukkan 6 digit PIN baru (2 X). PIN sudah aktif, kamu akan menerima SMS notifikasi.

“ Kami menghimbau kepada nasabah pemegang kartu kredit BCA di seluruh Tanah Air untuk melakukan aktivasi PIN kartu kredit segera karena transaksi kartu kredit yang menggunakan tanda tangan akan ditolak/declined,” kata dia.

Beri Komentar