Nasabah Ambil Antrean Tarik Dana Malam-Malam, Manajemen Ungkap Kondisi Bukopin

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Selasa, 30 Juni 2020 16:45
Nasabah Ambil Antrean Tarik Dana Malam-Malam, Manajemen Ungkap Kondisi Bukopin
Nasabah mengaku terkendala ketika menarik uang di beberapa cabang.

Dream – Kondisi kesehatan keuangan PT Bank Bukopin Tbk kembali menjadi perbincangan publik. Meski sudah menjamin kondisi perusahaan sehat, masih banyak nasabahnya yang mengeluhkan kesulitan menarik uang dari di beberapa cabang.

Yang terbaru, nasabah Bank Bukopin berdatangan ke kantor pusat bank tersebut di jalan MT Haryono, Jakarta. Mengutip Liputan6.com, Mereka mengambil nomor antrean untuk menarik dana di bank tersebut. Pihak Bank membatasi nasabah hingga 150 nasabah per hari.

Melalui penjelasannya kepada otoritas Bursa Efek Indonesia di laman keterbukaan informasi idx.co.id, Selasa 30 Juni 2020, perseroan menyebutkan hal ini terjadi karena ada pembatasan penarikan dana. Kebijakan ini bertujuan agar Bukopin bisa memenuhi kebutuhan transaksi nasabah.

“ Pembatasan penarikan dana di beberapa cabang dilakukan dalam kondisi situasional agar perseroan dapat memenuhi kebutuhan transaksi nasabah,” kata Sekretaris Perusahaan Bukopin, Meiliawati, di Jakarta.

Saat ini, lanjut Meiliawati, perusahaan bersama Kookmin Bank sedang melakukan proses penambahan modal oleh pemengang saham utama. Sekadar informasi, Kookmin Bank telah menempatkan dana ke escrow account senilai US$200 juta (Rp2,87 triliun). Kookmin meningkatkan porsi kepemilikan saham Bukopin dari 21,99 persen menjadi 51 persen.

“ Proses tersebut saat ini dalam kajian final oleh regulator, baik di Indonesia maupun di Korea Selatan,” kata dia.

1 dari 4 halaman

Alternatif Strategis Hadapi Covid-19

Meiliawati mengatakan perseroan sedang mengupayakan berbagai alternatif strategis untuk membantu memperkuat kondisi perusahaan. Terutama, saat pandemi covid-19 menyerang.

“ Di antaranya pendampingan bank pemerintah dalam bentuk technical assistance, perluasan money market line antar bank, program promosi simpanan dana nasabah dengan berbagai jangka waktu, dan sebagainya,” kata dia. 

2 dari 4 halaman

Viral Hoaks Nasabah Bank Bukopin Wajib Lapor Jika Tarik Tunai di Atas Rp10 Juta

Dream - Masyarakat, khususnya nasabah Bank Bukopin, dibuat cemas dengan sebuah informasi yang viral beredar di jaringan Whatsapp. Dalan pesan itu disebutkan bahwa nasabah Bank Bukopin yang ingin melakukan transaksi di atas Rp10 juta wajib melakukan konfirmasi terlebih dahulu.

Informasi yang beredar di aplikasi Whatsapp sejak 4 Juni 2020 itu berupa foto sebuah baliho yang ditujukan kepada nasabah.

 

© Dream

 

Dalam foto baliho itu terdapat pemberitahuan kepada para nasabah Bank Bukopin yang akan melakukan transaksi tunai di atas Rp 10 juta agar melakukan konfirmasi pada H-2 sebelum penarikan.

" Sejak tanggal 2 Juni 2020 Transaksi Penarikan Tunai diatas Rp 10.000.000 harap melakukan konfirmasi H-2," demikian isi dari pengumuman tersebut.

 

3 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri kabar tentang nasabah Bank Bukopin yang diminta konfirmasi jika melakukan transaksi tunai di atas Rp 10 juta.

Penelusuran dilakukan menggunakan situs pencari Google Search dengan memasukkan kata kunci " bank bukopin penarikan tunai di atas 10 juta" . Hasilnya terdapat beberapa artikel yang membantah kabar tersebut.

Satu di antaranya artikel berjudul " Viral Tarik Tunai di Atas Rp 10 Juta Harus Konfirmasi, Ini Bantahan Bank Bukopin" yang dimuat situs Liputan6.com pada 4 Juni 2020.

Lambang Bank Bukopin© Shutterstock.com

 

4 dari 4 halaman

Bantahan Manajemen Bank Bukopin

Liputan6.com, Jakarta - Bank Bukopin memberikan klarifikasi soal pengumuman kebijakan penarikan transaksi tunai di atas nomimal Rp 10 juta yang beredar di media sosial.

Dalam pengumuman tersebut tertulis, sejak tanggal 2 Juni 2020, transaksi penarikan tunai diatas Rp10 juta diharapkan melakukan konfirmasi terlebih dahulu H-2 sebelum penarikan.

Direktur Retail Bank Bukopin Heri Purwanto menyatakan, jika apa yang disebutkan dalam pengumuman tersebut tidak benar sama sekali.

" Tidak (benar). Betul (itu hoaks)," ujar Heri singkat saat dikonfirmasi oleh Liputan6.com, Kamis 4 Juni 2020.

Adapun ketika Liputan6.com mencoba menelusuri situs web resmi Bank Bukopin, tidak terdapat pengumuman terbaru mengenai kebijakan terkait penarikan tunai yang dimaksud, begitu pula di akun sosial media Bank Bukopin seperti Instagram @bukopinsiaga.

Kesimpulan

Kabar terkait nasabah Bank Bupokin yang diminta konfirmasi ketika ingin melakukan transaksi tunai diatas Rp10 juta ternyata berita palsu. Berita palsu ini telah dikonfirmasi oleh Direktur Retail Bank Bukopin Heri Purwanto.

Sumber:https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4272838/cek-fakta-tidak-benar-nasabah-bank-bukopin-diminta-konfirmasi-jika-tarik-tunai-lebih-dari-rp-10-juta?HouseAds&campaign=CekFakta_Home_STS1

Beri Komentar