Hilang Misterius di Cadas Pangeran Cuma Prank, Modus Yana Akhirnya Terkuak

Reporter : Ahmad Baiquni
Jumat, 19 November 2021 16:01
Hilang Misterius di Cadas Pangeran Cuma Prank, Modus Yana Akhirnya Terkuak
Polisi mendapat temuan ternyata Yana sengaja lari dari masalah seputar pekerjaan.

Dream - Yana Supriatna, 40 tahun, warga Sukajaya, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, tengah menjadi sorotan. Dia sempat dilaporkan hilang secara misterius di Jalan Cadas Pangeran pada Selasa, 16 November 2021 dan ditemukan Kamis malam, 18 November 2021 di Dawuan, Majalengka.

Kapolres Sumedang, Ajun Komisaris Besar Eko Prasetyo Robbyanto, mengungkapkan kabar hilang misterius ternyata hanya akal-akalan Yana. Dia membuat skenario dengan tujuan melarikan diri dari masalah terkait pekerjaannya di kantor notaris.

" Takut ada surat-surat yang tidak beres kepengurusannya terkait pekerjaan yang bersangkutan di salah satu kantor notaris di Kota Bandung," kata Eko.

Eko mengatakan hal itu terungkap dari setelah Yana menjalani pemeriksaan usai ditemukan dalam kondisi sehat. Menurut dia, Yana sengaja membuat rekayasa yang mengesankan dia menjadi korban pembegalan.

" Seolah-olah dibegal dengan cara meninggalkan kendaraan sepeda motornya di Cadas Pangeran," kata Eko.

 

1 dari 4 halaman

Rekaman Voice Note Bohong

Berdasarkan pengakuan dari pihak keluarga, Yana sempat mengirimkan pesan suara (voice note) lewat aplikasi WhatsApp. Di rekaman beredar di media sosial itu, Yana mengaku bertemu orang mencurigakan dan menumpang motornya.

Pada pesan kedua, Yana mengaku sudah tidak kuat. Pesan itulah yang memicu dugaan Yana menjadi korban kejahatan, bahkan ada yang menilai dia hilang secara mistis.

Tetapi berdasarkan penyelidikan polisi, isi voice note tersebut ternyata tidak benar. Yana ternyata sengaja pergi ke Majalengka dengan menumpang mobil Elf dan sempat singgah di Cirebon.

" Hasil interogasi sementara voice note tidak benar atau bohong. Dia (Yana) ke Majalengka menggunakan mobil elf," kata Eko.

Hingga saat ini, pemeriksaan terhadap Yana masih berjalan. Ini lantaran Yana memberikan keterangan yang kerap berubah, dikutip dari Merdeka.com.

2 dari 4 halaman

Pria Hilang Misterius di Cadas Pangeran Ditemukan, Prank?

Dream - Pencarian Yana, 40 tahun, yang dikabarkan hilang secara misterius sejak Selasa, 16 November 2021 di Cadang Pangeran, Sumedang, dinyatakan berakhir. Yana dinyatakan telah ditemukan di Dawuan, Majalengka pada Kamis, 18 November 2021.

Kabar penemuan Yana dibenarkan Kapolres Sumedang, Ajun Komisaris Besar Eko Prasetyo Robbyanto.

" Sudah (ditemukan) di Dawuan. Sedang di perjalanan (ke Sumedang)," kata Eko melalui pesan singkat, dikutip dari Liputan6.com, Jumat 19 November 2021.

Eko mengatakan Yana langsung diperiksa polisi beberapa saat usai ditemukan. Pemeriksaan dilakukan untuk mengetahui motif Yana menghilang.

" Malam ini diperiksa. Motif masih didalami," ucap Eko.

 

3 dari 4 halaman

Masih Dilakukan Pemeriksaan

Yana ditemukan© Instagram

Pemeriksaan juga untuk mengetahui kemungkinan penyebab hilangnya Yana terkait dengan pekerjaan. Tetapi saat dalam pemeriksaan, Yana memberikan keterangan berubah-ubah.

" Interogasi awal terkait masalah pekerjaan namun belum pasti karena keterangannya masih berubah-ubah," ungkap dia.

Sebelum hilang, Yana sempat mengirimkan pesan suara kepada sang istri yang kemudian ramai di media sosial. Ia mengaku akan salat Isya di kawasan sebelum Cadas Pangeran, tak lama setelahnya ada pesan suara lain yang masuk dari Yana.

Di rekaman selanjutnya, ada suara rintihan seperti orang kesakitan. Dugaan Yana menjadi korban kejahatan pun menyeruak.

Lalu pada Kamis, 19 November 2021, Yana disebut ditemukan tetapi bukan di Cadas Pangeran. Namun di Dawuan, Cirebon saat hendak menuju ke Sumedang.

 

4 dari 4 halaman

Berikut Video Pencarian Yana

      View this post on Instagram      

A post shared by VIRALKAK (@viralkak)

 

Beri Komentar