Pilihan Camilan Tinggi Protein yang Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Reporter : Mutia Nugraheni
Kamis, 28 Januari 2021 08:12
Pilihan Camilan Tinggi Protein yang Bisa Bantu Turunkan Berat Badan
Makanan berprotein tinggi sangat bagus untuk membuat kenyang lebih lama.

Dream - Siapa di antara Sahabat Dream yang berat badannya naik drastis selama pandemi? Di rumah saja memang membuat kita malas bergerak dan kerap mencari camilan. Akibatnya, dalam waktu beberapa bulan bobot tubuh naik cukup siginifikan.

Bila memang tak bisa berolahraga secara teratur, segera perbaiki menu harian termasuk camilan. Menu camilan kerap kali jadi pemicu utama kenaikan berat badan. Terutama jika camilan mengandung banyak gula dan minyak.

" Menurunkan berat badan bisa menjadi sebuah tantangan, tetapi makan makanan yang tepat bisa membuatnya lebih bisa dicapai. Makanan berprotein tinggi sangat bagus untuk membuat kenyang lebih lama karena protein membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna daripada karbohidrat," ujar Jenn Fillenworth, seorang ahli gizi, dikutip dari Food Insider.

Deretan camilan berikut bisa jadi alternatif jika ingin menurunkan berat badan. Kaya protein, bikin kenyang lebih lama, dan lebih sehat tentunya.

Selai kacang
Banyak yang mengira selai kacang bikin gendut, faktanya tak selalu. Beli selai kacang yang tawar tanpa gula atau kini banyak yang menjual selai kacang organik. Kandungan proteinnya sangat tinggi dan membuat kenyang.

" Makanan berprotein tinggi favorit saya untuk menurunkan berat badan adalah selai kacang. Per porsi (biasanya 2 sendok makan), kita akan mendapatkan sekitar 8 gram protein," kata Jenn.

 

1 dari 1 halaman

Telur ayam
Asupan protein yang juga sangat nikmat dan bikin kenyang adalah telur ayam. Rebus telur dan sajikan dengan lada atau saus rendah lemak. Sajian ini mengandung vitamin dan mineral.

Satu telur mengandung sekitar 6 gram protein berkualitas tinggi dengan semua asam amino esensial. Saat mengolah telur usahakan tidak menggunakan minyak atau margaris kaya lemak.

Edamame

Edamame, Bahan Kaya Gizi untuk MPASI Bayi© MEN


Bagi yang suka camilan gurih, coba ganti gorengan dengan edamame. Kamu bisa mendapatkan rasa gurih dengan menambahkan sedikit garam lada dan bubuk cabai. Cukup hangatkan edamame dalam panci lalu taburi dengan rempah favorit. Lebih sehat dan rasanya pun juga nikmat.

Dada ayam
Untuk yang satu ini merupakan sumber protein yang pastinya bikin kenyang. Potong-potong dada ayam dalam ukuran kecil. Hangatkan di panci antilengket tambahkan bumbu rempah sesuai selera. Konsumsi saat hangat, bisa juga dimakan bersama dengan daun selada segar dan saus rempah organik.

Beri Komentar