Dream - Umumnya banyak negara membatasi kepemilihan properti untuk warga asing di negaranya. Namun jangan kaget ketika berada di Negeri Sakura, Jepang. Orang asing di negara ini bebas membeli properti layaknya warga lokal.
Hal ini berbeda dengan Pemerintah Indonesia yang mempermudah Warga Negara Asing (WNA) memiliki aset properti dengan syarat paspor sebagai bukti sah identitas WNA.
Jepang tidak memberi batasan bagi orang asing memiliki properti, apakah mereka memiliki status penduduk tetap, kewarganegaraan, atau berdasarkan jenis visa.
" Artinya, orang asing dapat memperoleh hak kepemilikan atas tanah dan bangunan real estate di Jepang seperti halnya warga negara lokal," tulis siaran pers PDJ Indonesia, platform penjualan properti Jepang.
Selain itu, real estate dapat dibeli, dijual, dan diwarisi secara bebas di antara orang asing.
Yang cukup mengejutkan adalah tidak ada ketentuan tentang masa berakhirnya hak kepemilikan warga asing.
Pajak yang dibayarkan oleh orang asing pada saat pembelian sama dengan pajak yang dibayarkan oleh warga negara Jepang.
PDJ Indonesia juga mencatat, pasar real estate Jepang menjadi tujuan investasi yang
menarik, khususnya bagi investor Indonesia.
Pasar real estate Jepang didukung oleh perekonomian yang stabil, tingkat suku
bunga yang rendah, dan peningkatan populasi perkotaan.
tulis PDJ.
Jepang juga telah mengalami pertumbuhan yang stabil pada pasar real estate dalam beberapa tahun
terakhir, dengan permintaan yang lebih tinggi untuk properti perumahan dan komersial baik dari investor domestik maupun internasional.
Pada akhir Oktober 2023,
pertemuan kebijakan moneter di Jepang telah sepakat untuk menoleransi bunga jangka panjang hanya naik
melebihi 1-3% pada mortgage real estate di Jepang.
Sementara inisiatif pemerintah seperti pelonggaran regulasi bagi investor asing, peningkatan insentif pajak untuk pembelian properti, dan implementasi sistem zonasi penggunaan lahan telah
berkontribusi terhadap pertumbuhan pasar properti negara ini.
PDJ Indonesia merupakan platform real estate Jepang, yang dirancang khusus untuk pasar Indonesia.
Perusahaan ini menawarkan rangkaian layanan seperti
pemasaran untuk penjualan real estate, pendapatan dari perusahaan real estate Jepang, tur inspeksi properti ke Jepang, layanan pemeliharaan (seperti manajemen Airbnb), dan layanan hukum (termasuk layanan visa untuk pembelian properti dan jasa renovasi).