Ini Hasil Survei Ekonomi Masyarakat Indonesia Selama Pandemi Covid-19

Reporter :
Selasa, 15 September 2020 06:35
Ini Hasil Survei Ekonomi Masyarakat Indonesia Selama Pandemi Covid-19
Temukan jawabannya di artikel ini.

Dream - Pandemi Covid-19 memengaruhi daya beli masyarkat Indonesia. Ekonomi saat pandemi memang sulit. Maklum, jumlah pengangguran naik. Bagi yang masih kerja pun banyak yang mengalami pemotongan gaji.

Giladiskon sebagai platform konsumen di Indonesia yang ingin mencari voucher deals terbaik dari berbagai brand untuk F&B, lifestyle, dan entertainment melakukan survei terhadap ribuan penggunanya untuk mengetahui dampak dari pandemi Covid-19 terhadap daya beli.

Survei yang dilakukan dalam periode 2 hingga 9 September itu diikuti oleh 3.600 responden dari pengguna Giladiskon.

1 dari 5 halaman

Lebih banyak belanja online

Ilustrasi© Shutterstock

Sebanyak 34,2 persen responden mengaku pendapatannya berkurang hingga 50 persen, sekitar 26,1 persen responden menyatakan tidak mengalami perubahan gaji.

Sementara, 20.6 persen responden mengalami pendapatan yang berkurang hingga 25 persen, sedangkan 17,7 persen responden kehilangan seluruh pendapatannya.

Untuk menambah pendapatan yang berkurang selama pandemi, sebanyak 39 persen dari responden mulai berjualan online selama pandemi berlangsung.

Sebanyak 61 persen responden menyatakan pengeluaran mereka tidak berubah dan bahkan meningkat dari sebelumnya untuk bahan pokok makanan.

2 dari 5 halaman

Belanja biar enggak bosan

Ilustrasi© Shutterstock

Untuk hiburan sebanyak 76,1 persen responden mengurangi atau bahkan menghilangkan seluruh budget mereka untuk hiburan.

Untuk belanja iseng, ada 64,7 persen responden yang mengurangi hampir seluruh budget mereka untuk hal ini, sedangkan ada 24,7 persen yang malah menambah pengeluaran belanja iseng mereka dalam rangka mengatasi kebosanan selama berada di rumah.

Sebanyak 53,8 persen responden menyatakan mengurangi setengah atau bahkan seluruh budget mereka untuk jajan, sedangkan 30,8 persn menyatakan budget jajan mereka tidak berbeda atau bahkan malah meningkat selama periode diam di rumah.

3 dari 5 halaman

Tetap di rumah saja

GIladiskon© Giladiskon

Walaupun mal dan restoran sempat dibuka selama masa PSBB yang lalu, ada 49,6 persen responden yang memilih untuk tidak mengunjungi mal atau restoran karena merasa lebih baik berada di rumah, sedangkan 39,6 persem responden lainnya tidak mendatangi restoran dan mal karena kondisi keuangan yang tidak baik.

Laporan: Shania Suha Marwan

4 dari 5 halaman

Sensasi Baru Belanja di Kota Kasablanka, Gandari City, & Plaza Blok M

Dream - Mall jadi sasaran utama masyarakat Indonesia dalam berbelanja, mencari makan, dan mencari hiburan pasca PSBB yang diterapkan Pemerintah RI sejak Maret 2020 kemarin.

Hadirnya pandemi COVID-19 membuat seluruh mall di Indonesia ditutup, banyak tenant menyediakan solusi untuk berbelanja dari rumah.

Sukses berkolaborasi dengan salah satu e-commerce mewujudkan e-Mall pertama di Indonesia Pakuwon Group Jakarta kini kembali menghadirkan inovasi sebagai alternatif agar masyarakat tetap bisa berbelanja dari rumah dengan nyaman dan aman.

Berkomitmen untuk terus berinovasi menghadirkan pelayanan guna mempermudah customer untuk berbelanja di ratusan tenant yang berada di bawah naungan Pakuwon Group Jakarta seperti Gandaria City, Kota Kasablanka, dan Plaza Blok M yang merupakan.

Belanja Bisa Sambil Rebahan

Personal Shopper yang resmi dibentuk pada 17 Agustus 2020 kemarin siap membantu para customer yang akan belanja di tiga mall besar tersebut.

Selain memenuhi kebutuhan customer yang ingin membeli barang, namun memilih untuk tidak keluar rumah, adanya program ini sekaligus upaya untuk meningkatkan sales tenant.

Ilustrasi belanja online© shutterstock

“ Program Personal Shopper merupakan bentuk apresiasi kami dimana kami tetap ingin mengedepankan sales tenant, sehingga tenant bisa tetep survive dalam kondisi seperti saat ini,” ujar Senior Manager Promotion Kota Kasablanka, Agung Gunawan, dalam Konferensi Press Virtual, Jumat, 28 Agustus 2020.

Setiap mallnya memiliki masing-masing ikon yang menjadi representative program personal shopper.

5 dari 5 halaman

Lebih dari 500 Tenant


ilustrasi belanja online© Shutterstock

Personal Shopper Gandaria City disapa dengan Giselle, Kota Kasablanka dengan Bianka, dan Plaza Blok M dengan Bella, yang akan menjadi asisten pribadi customer untuk berbelanja di lebih dari 500 tenant mall.

Program ini dapat menjadi pilihan berbelanja yang mudah dan nyaman untuk kamu karena cukup menguhubungi personal shopernya dan nanti akan langsung dibantu admin Personal Shopper akan memandu customer dalam melakukan pembelanjaan.

Seperti Apa Sensasinya?

Ilustrasi belanja online© Shutterstock

Program personal shopper dihadirkan sebagai solusi dan alternatif berbelanja di era New Normal ini, menjadi salah satu kemudahan dalam berbelanja, nyaman dan aman serta menghadirkan pengalaman berbelanja yang baru.

Untuk menggunakan layanan ini bisa langsung menghubungi Personal Shopper mall melalui aplikasi chat WhatsApp di nomor sebagai berikut, Gandaria City (Giselle) 0819-2905-2888, Kota Kasablanka (Bianka) 0813-1945-0300 dan Plaza Blok M (Bella) 0819-2720-9288.

Selamat berbelanja dari rumah, Sahabat Dream!

Beri Komentar