Pemerintah Lakukan Investigasi Rangka eSAF Honda yang Viral, Begini Hasilnya

Reporter : Editor Dream.co.id
Sabtu, 16 September 2023 10:20
Pemerintah Lakukan Investigasi Rangka eSAF Honda yang Viral, Begini Hasilnya
Penelitian ini dilakukan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat pada Kementerian Perhubungan

1 dari 9 halaman

Pemerintah Lakukan Investigasi Rangka eSAF Honda yang Viral, Begini Hasilnya

Pemerintah Lakukan Investigasi Rangka eSAF Honda yang Viral, Begini Hasilnya © Dream

Bagaimana hasilnya?

2 dari 9 halaman

© Dream

Dream - Sebagai tindak lanjut keluhan masyarakat terkait rangka enhanced Smart Architecture Frame (eSAF) yang dianggap ringkih, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat pada Kementerian Perhubungan menggandeng Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), telah meneliti rangka sepeda motor Honda.

3 dari 9 halaman

© Dream

Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Hendro Sugiatno mengatakan, penelitian rangka eSAF sepeda motor Honda telah dilakukan sejak Agustus hingga September 2023. Tim peneliti Ditjen Hubdat dan KNKT telah mendatangi dan melihat langsung proses produksi rangka eSAF di pabrik sepeda motor Honda di Kawasan Industri Indotaise Karawang pada Jumat (1 September 2023). 

4 dari 9 halaman

"Hasil Penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti telah ditindaklanjuti. Kami bersama KNKT akan mengawal dan mengawasi proses pemeriksaan dan penanganan rangka eSAF ini,"

kata Hendro, dikutip dari Merdeka.com, Jumat, 15 September 2023.

5 dari 9 halaman

© Dream

PT AHM diketahui membuat rangka eSAF dari raw material berupa High Strength Steel yang diproses menjadi rangka. Kemudian dilakukan pelapisan coating dengan metode Cathodic Electro Deposition secara dipping (celup).

6 dari 9 halaman

Hasil Penelitian

Tim peneliti kemudian melihat proses pengendalian kualitas produk mulai tahap incoming material, press, welding dan pelapisan.

Item kontrol termasuk dimensi maupun ketebalan dari hasil proses pelapisan telah dilakukan dan memenuhi persyaratan standar manufaktur global.

Berdasarkan hasil perhitungan 'finite element method', dan divalidasi secara pengujian aktual di fasilitas milik PT AHM, dapat dikatakan struktur rangka eSAF cukup kuat dan tidak memiliki daerah kritis atau fatigue dengan stress load yang tinggi.

7 dari 9 halaman

Rangka eSAF pada Konseumen

Tegangan yang terjadi, masih jauh di bawah Yield Point (batas elastis) dari material rangka. Dalam hal ini, Ditjen Hubdat dan KNKT juga meneliti rangka eSAF dari motor konsumen.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, ditemukan adanya karat pada bagian dalam rangka yang tidak terlapisi coating dan lubang pembuangan bawah yang berpotensi tertutup kotoran.

Sehingga, membuat air tersumbat serta berpotensi menyebabkan udara lembab di sekitar rangka dan dapat bersifat korosif.

8 dari 9 halaman

Tindak Lanjut AHM

Menindaklanjuti hasil penelitian, PT. AHM sedang melakukan optimalisasi terhadap cara perlindungan rangka dari korosi secara menyeluruh.

Selanjutnya sebagai langkah nyata bentuk tanggung jawab PT. AHM terhadap Sepeda motor yang telah berada di konsumen, mereka membuka layanan pemeriksaan dan penanganan 24 jam melalui contact center Honda 1-500-989. Layanan ini dapat diakses dari seluruh Indonesia atau datang langsung ke bengkel AHASS terdekat.

9 dari 9 halaman

© Dream

Merujuk peta korosi dunia yang dikembangkan sesuai ISO 9223 tentang sistem klasifikasi laju korosi carbon steel berdasarkan kondisi atsmofer lingkungan, Indonesia berada pada laju korosi yang berat.

Sehingga diperlukan regulasi lebih lanjut mengenai tata cara pemenuhan ketahanan korosi pada kendaraan roda dua atau lebih.

Beri Komentar