Doa Pembuka Acara Maulid Lengkap Arab dan Artinya, Baca Saat Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

Reporter : Arini Saadah
Kamis, 6 Oktober 2022 06:01
Doa Pembuka Acara Maulid Lengkap Arab dan Artinya, Baca Saat Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW
Banyak acara digelar oleh masyarakat Indonesia sebagai peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Dream – Maulid Nabi merupakan hari besar Islam untuk memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. Maulid Nabi dilaksanakan setiap tanggal 12 Rabiul Awwal dalam penanggalan hijriyah. Sementara tahun ini, Maulid Nabi Muhammad SAW jatuh pada tanggal 8 Oktober 2022.

Banyak acara digelar oleh masyarakat Indonesia sebagai peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Selain memeriahkan dengan beragam acara dan tradisi keagamaan, hal yang tak boleh dilupakan saat Maulid Nabi ialah memperbanyak sholawat.

Ketika membuka acara peringatan Maulid juga sebaiknya diawali dengan doa pembuka acara Maulid dan memperbanyak sholawat Nabi SAW. Bagaimana bacaan doa pembuka acara Maulid? Yuk simak bacaan doanya dalam artikel Dream kali ini.

1 dari 3 halaman

Doa Pembuka Acara Maulid

Bacaan doa pembuka acara maulid sebaiknya dibaca ketika membuka acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Selain itu, doa ini juga bisa dibaca untuk menyambut hari besar Islam yang mulia tersebut.

Berikut beberapa doa pembuka acara Maulid yang dapat kamu amalkan:

1. Doa Pembuka Acara Maulid dengan Sholawat Fatih

اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ وَالخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ وَالنَّاصِرِ الحَقَّ بِالحَقِّ وَالهَادِي اِلَى صِرَاطٍ مُسْتَقِيْمٍ. صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَعَلَى اَلِهِ وَأَصْحَابِهَ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ العَظِيْمِ

Allahumma shalli wa sallim wa barik ‘ala sayyidina Muhammadinil Fatihi lima ughliqa, wal khatimi lima sabaqa, wan nashiril haqqa bil haqqi, wal hadi ila shiratin mustaqim (ada yang baca 'shiratikal mustaqim'). Shallallahu ‘alaihi, wa ‘ala alihi, wa ashhabihi haqqa qadrihi wa miqdarihil ‘azhim

Artinya:

“ Ya Allah, limpahkanlah shalawat, salam, dan keberkahan kepada junjungan kami, Nabi Muhammad SAW, pembuka apa yang terkunci, penutup apa yang telah lalu, pembela yang hak dengan yang hak, dan petunjuk kepada jalan yang lurus. Semoga Allah melimpahkan shalawat kepadanya, keluarga dan para sahabatnya dengan hak derajat dan kedudukannya yang agung.”

2 dari 3 halaman

2. Doa Pembuka Acara Maulid dengan Sholawat Ummi

Ilustrasi© Shutterstock.com

اَللَّــهُمَّ صَلِّ عَـلـٰى سَـيِّـدِنَـا مُحَمَّدٍ عَبْدِكَ وَنَـبِـيِّكَ وَرَسُوْلِكَ نَبِى الْأُمِّـى وَعَــلـٰى أَلِـهِ وَصَحْبِهِ وَسِلِّـمْ.

Allahumma shalli 'alaa sayyidinaa muhammadin 'abdika wanabiyyika wa rasuulika Nabil Ummi wa 'alaa alihi wa shahbihi wasallim

Artinya:

“ Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad Saw, sebagai hamba, Nabi, dan utusan-Mu yang Ummy (tidak bisa membaca dan menulis) beserta keluarga dan sahabatnya dengan salam yang sesungguhnya."

3 dari 3 halaman

3. Doa Pembuka Acara Maulid dengan Sholawat Ibrahimiyah

 

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كما صَلَّيْتَ عَلَى إبْرَاهِيمَ وعلى آلِ إبْراهِيمَ، وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كما بَاركْتَ عَلَى إبْرَاهِيمَ وَعَلَى آل إبراهيم في العالَمِينَ إنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ

Allahumma shalli 'alaa Muhammad wa'alaa aali Muhammadi, kamaa shallaita 'alaa Ibrahiim wa'alaa aali Ibrahiima, wabaarik 'alaa Muhammadin wa 'alaa aali Muhammadin, kama baarakta 'alaa Ibraahim wa'alaa aali Ibrahiima, fil 'aalamiina innaka hamiidun majiid

Artinya:

“ Ya Allah, limpahkan lah rahmat kepada Nabi Muhammad dan kepada keluarga Nabi Muhammad, sebagaimana telah Engkau limpahkan rahmat kepada Nabi Ibrahim dan keluarga Nabi Ibrahim. Limpahkan pula keberkahan bagi Nabi Muhammad dan bagi keluarga Nabi Muhammad, sebagaimana telah Engkau limpahkan keberkahan bagi Nabi Ibrahim dan bagi keluarga Nabi Ibrahim. Sesungguhnya di alam semesta Engkau Maha Terpuji dan Maha Agung."

Demikian itulah beberapa doa pembuka acara Maulid dalam peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Mengingat banyak acara dan tradisi di Indonesia untuk memeringati hari besar Islam tersebut.

Beri Komentar