Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 7 Sudah Dibuka, Tersisa Kuota 2,6 Juta

Reporter : Syahid Latif
Jumat, 4 September 2020 15:36
Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 7 Sudah Dibuka, Tersisa Kuota 2,6 Juta
Program kartu prakerja gelombang 7 kembali menerima 800 ribu calon peserta.

Dream - Program Kartu Prakerja gelombang 7 sudah kembali dibuka sejak Kamis, 3 September 2020 lalu. Seperti gelombang berikutnya, kuota peserta kali ini dibatasi hanya sebanyak 800 ribu orang.

Sejak digulirkan pemerintah pada April 2020 lalu, program kartu prakerja sudah diikuti sekitar 3 juta peserta. Terakhir pemerintah menutup pendaftaran gelombang 6 pada Senin, 31 Agustus 2020 lalu.

Pemerintah menargetkan jumlah peserta program Kartu Prakerja bisa memfasilitasi 5,6 juta orang. Artinya saat ini pemerintah sudah memenuhi lebih dari separuh kuota tersebut.

“ Sampai gelombang 6 sudah ada 3 juta penerima, jadi masih kurang 2,6 juta lagi,” tutur Head of Communications Manajemen Pelaksana (PMO) Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu, dikutip Dream dari Liputan6.com, Jumat, 4 September 2020.

Louisa optimistis dengan membuka pendaftaran sebanyak 800 ribu peserta setiap gelombang, target pemerintah untuk memberi pelatihan kepada 5,6 juta masyarakat bisa tercapai.

 

1 dari 2 halaman

Tersisa 4 Gelombang Lagi

Berdasarkan perhitungan kasar tersebut, program kartu prakerja kemungkinan tinggal menyisakan empat gelombang pendaftaran lagi.

“ Kalau setiap gelombang kami bisa konsisten menerima 800.000 maka dalam 4 gelombang seluruh kuota sudah akan terpenuhi,” kata dia.

Menurut Luisa, peserta yang belum lolos gelombang 1 hingga 6 masih diberi kesempatan untuk mengikuti gelombang selanjutnya. Terlebih masih ada 2,6 juta kuota yang masih belum dibuka pemerintah.

 

2 dari 2 halaman

Persyaratan Kartu Prakerja Semakin Mudah

Pada Program Kartu Prakerja gelombang 6, PMO mencatat tercatat sebanyak 1,76 juta orang mendaftar untuk menjadi peserta program tersebut. Jumlah ini relatif tak berbeda dengan gelombang 5 yang diserbu 1,77 juta pendaftar.

Sesi pembukaan Kartu Prakerja sejak gelombang 4 lalu telah berjalan relatif baik serta tidak lagi memerlukan swafoto.

Sementara untuk durasi pendaftaran Kartu Prakerja di setiap gelombang, Louisa mengatakan, itu berbeda-beda di tiap gelombang. Ada yang berlangsung 5 hari, bahkan hingga 7 hari.

" Durasinya bervariasi. Ada yang 5 hari (seperti gelombang 6), ada yang 7 hari," ujar Louisa.

Beri Komentar