Ini Perkiraan Jadwal Baru Tes SKB Seleksi CPNS 2019

Reporter : Ahmad Baiquni
Kamis, 9 Juli 2020 09:12
Ini Perkiraan Jadwal Baru Tes SKB Seleksi CPNS 2019
Rekrutmen 2021 akan dilaksanakan.

Dream - Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Tjahjo Kumolo, memastikan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil untuk tahun 2020 akan ditiadakan.

" Penerimaan CPNS tahun 2020 akan kami tiadakan," ujar Tjahjo, dikutip Dream dari situs Menpan.go.id.

Untuk seleksi CPNS Tahun 2019 yang sudah menyelesaikan Seleksi Kompetensi Dasar, Tjhjo memastikan proses penerimaan abdi negara  ini akan dilanjutkan pada proses Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).  

Proses seleksi CPNS formasi 2019 sebelum ya sempat tertunda akibat pandemi Covid-19. 

Menurut Tjahjo, Kementerian PANRB akan terus melakukan koordinasi dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dan Kementerian Kesehatan untuk memastikan proses pelaksanaan SKB Seleksi CPNS 2019 berlangsung dengan memenuhi prokotol kesehatan. 

Jika tidak ada halangan, Kementerian PANRB mengharapkan tahapan SKB ini akan bisa dilanjutkan kembali pada September-Oktober 2020 mendatang.  

1 dari 2 halaman

Tjahjo juga menyebutkan rekrutmen CPNS untuk tahun 2021 akan dilaksanakan. Saat ini, kata dia, sedang dijalankan proses pengajuan dan verifikasi serta validasi usulan dari masing-masing instansi pemerintah.

" Proses ini akan mempertimbangkan kebutuhan untuk pembangunan nasional dan daerah, serta hasil evaluasi dampak pandemi Covid-19," ucap Tjahjo.

Selanjutnya, Tjahjo bakal melaksanakan reformasi birokrasi di lingkup PNS. Salah satunya dengan meningkatkan produktivitras kerja.

 

© Dream
2 dari 2 halaman

Dia mengeluhkan ada 1,6 juta PNS menduduki posisi tenaga administrasi dengan kinerja yang tidak produktif.

Data terbaru Badan Kepegawaian Negara tanggal 30 Juni 2020 yang menyatakan 1,6 juta atau sekitar 38 persen dari total PNS duduk sebagai tenaga administasi.

" Itu jumlahnya masih sekitar 1.559.965 orang, atau 38 persen dari jumlah keseluruhan PNS kita," jelas Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN Suharmen saat melakukan rapat dengar pendapat bersama Komisi X DPR.

Sumber: Liputan6.com/Delvira Hutabarat

Beri Komentar