Pengiriman Paket Melonjak 50% Saat Ramadhan, Begini Strategi Biar Bisnis UKMK Ikut Laris

Reporter : Ferdike Yunuri Nadya
Kamis, 31 Maret 2022 16:36
Pengiriman Paket Melonjak 50% Saat Ramadhan, Begini Strategi Biar Bisnis UKMK Ikut Laris
Tren ramadan, pengiriman berkembang pesat 50% pada saat bulan suci ini

Dream - Dengan jenis usaha makin beragam dan maju, pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) tak bisa menerapkan satu strategi yang sama dalam mengembangkan usahanya. Terlebih dengan tren belanja online yang mengubah cara konsumen memenuhi kebutuhannya. 

Menjelang Ramadhan 2022, UMKM memiliki peluang untuk mendapatkan penghasilan lebih banyak mengingat konsumsi masyarakat biasanya meningkat.  

Merujuk catatan Ninja Xpress pada 2021 lalu terjadi peningkatan pengiriman hingga 50 persen pada periode Ramadhan. Daerah Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur menjadi tiga daerah  yang mendominasi pengiriman paket berukuran kecil.

Ferdike Yunuri Nadya/ Dream© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

“ Dengan melihat tren kenaikan jumlah pengiriman paket tersebut, UMKM Indonesia terbukti memiliki endurance sehingga berhasil bertahan melalui masa pandemi,” jelas Andi Djoewarsa, CMO Ninja Xpress pada konferensi virtual Ninja Xpress, baru-baru ini

1 dari 3 halaman

Perilaku Konsumen Belanja Online

Ferdike Yunuri Nadya/ Dream© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

Jika melihat lebih detail tentang perilaku konsumen dalam berbelanja online, sekitar 25 persen masyarakat berpindah berbelanja dari offline ke online.

Peningkatan pelanggan yang berbelanja secara online pun termasuk besar dari awalnya hanya 11 persen pada tahun 2021.

Berbelanja online selama Ramadan juga mengalami peningkatan. Berdasarkan riset #RamadhandiTwitter, terjadi peningkatan pembelian selama Ramadhan dengan porsi 9 dari 10 orang berniat melakukan belanja barang di bulan Ramadhan.

2 dari 3 halaman

Strategi Bisnis

Untuk menangkap peluang tersebut, setiap lini bisnis ini memiliki tantangan yang berbeda dalam memasarkan produknya di saat Ramadan. Strategi pemasaran yang berbeda dan tepat tentu dibutuhkan agar bisa menarik perhatian konsumen.

Shutterstock© Shutterstock

“ Strategi bisnis yang dibutuhkan tentu kini lebih spesifik untuk masing-masing lini bisnis, baik itu makanan, minuman, fashion, kecantikan, hingga peralatan rumah tangga, sehingga customized solutions hadir,” tambah Andi.

 

3 dari 3 halaman

Customized Solutions Mendampingi UKM

Customized solutions ini mendampingi UKM untuk meningkatkan penjualan dengan memberikan customized solutions yang disesuaikan dengan lini bisnis mereka.  Mulai dari memetakan potensi pasar, melihat keunggulan produk, melihat tantangan yang dihadapi dan tingkat kematangan proses bisnis setiap lini untuk mengidentifikasi solusi yang sebenarnya paling mereka butuhkan.

Dari hasil pemetaan ini, Ninja Xpress kemudian menyusun perencanaan strategi pemasaran yang lebih terarah dan komprehensif serta terus mendampingi UKM selama pelaksanaannya agar mereka berhasil meningkatkan penjualan. 

Layanan customized solutions disediakan Ninja Xpress melalui Creative Business Solutions yaitu dengan Creative Hub tempat UKM bisa melakukan foto dan video produk secara profesional bersama model dan makeup artist, dukungan iklan offline dan online agar UMKM dapat beriklan lebih maksimal di media dan lokasi yang strategis. Tak hanya itu, juga kolaborasi bersama para influencer/KOL, penyelenggaraan events, hingga layanan manajemen konten media sosial.

Semua dukungan tersebut diberikan secara gratis kepada UKM yang tergabung di dalam ekosistem Ninja Xpress.

Beri Komentar
Jangan Lewatkan
More