Pengusaha Jepang Lirik Bisnis Logistik Halal

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Jumat, 2 Desember 2016 11:42
Pengusaha Jepang Lirik Bisnis Logistik Halal
Mereka melihat pasar halal mulai meningkat.

Dream – Geliat pertumbuhan produk halal juga terjadi di Jepang. Negeri ini mulai melihat wisatawan Muslim yang hadir dan akan hadir ke Jepang dalam rangka wisata dan Olimpiade Tokyo 2020 sebagai sebuah peluang.

Peluang bisnis ini tidak hanya terdapat dalam bisnis makanan dan minuman, tetapi juga sektor logistik dan transportasi.

Assistant Group General Manager Global Logistic Solution Business Headquarters Nippon Express, Toshiyuki Heichi, mengatakan semakin dekatnya Olimpiade Tokyo membuat pengusaha di Jepang mulai mensertifikasi halal produk-produk mereka. Pengusaha logistik pun menangkap peluang untuk bisnis logistik halal.

“ Ini merupakan peluang bagi industri logistik dan transportasi yang membutuhkan sarana dan prasaran halal dan terjamin,” kata Toshiyuki di Tokyo, Jepang, dilansir dari laman resmi LPPOM MUI, Jumat 2 Desember 2016.

Nippon Espress ingin belajar dari Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Makanan Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) tentang penerapan standar halal untuk logistik.

“ Kami ingin belajar menerapkan standar halal HAS 23000 di perusahaan kami,” kata Toshiyuki.

Toshiyuki mengatakan, standar halal logistik tidak hanya diterapkan dalam layanan lokal area di kawasan Jepang, tapi juga di seluruh dunia lewat jaringan perusahaan, terutama untik ekspor ke negara lain.

“ Produk halal semakin mendunia dan pastinya membutuhkan sarana logistik dan transportasi yang terjamin kehalalannya dan menjadi salah satu pertimbangan nilai tambah bisnis kami di layanan ini,” kata dia.

Sekadar informasi, Nippon Express telah berdiri di Jepang sejak tahun 1937. Kini, perusahaan logistik ini telah melayani servis logistik dan transportasi di seluruh Jepang. Nippon Express juga sudah memiliki jaringan global tidak di 33 negara di seluruh dunia. (Ism) 

Beri Komentar
4 Januari, Hari Bahagia dan Paling Sedih Rizky Febian