Akhir Kisah Permen Jepang Legendaris Sakumaseika: Terkenal di Film Grave of the Fireflies, Lahir 114 Tahun Silam

Reporter : Ferdike Yunuri Nadya
Minggu, 27 November 2022 17:12
Akhir Kisah Permen Jepang Legendaris Sakumaseika: Terkenal di Film Grave of the Fireflies, Lahir 114 Tahun Silam
Sayangnya, Sahabat Dream tidak bisa mencoba permen ini lagi karena ia mengakhiri operasinya setelah 114 tahun karena melonjaknya biaya dan penurunan penjualan akibat pandemi

Dream - Sahabat Dream jika pernah menonton film animasi karya Ghibli berjudul “ Grave of the Fireflies" pasti tidak asing dengan permen kaleng yang kerap dibawa-bawa oleh anak kecil bernama Setsuko.

Dalam film, permen ini selalu membuat Setsuko bahagia di tengah perang yang terjadi di Jepang.

Permen kaleng ini adalah permen Jepang Sakumaseika. Sayangnya, Sahabat Dream tidak bisa mencoba permen ini lagi karena ia mengakhiri operasinya setelah 114 tahun karena melonjaknya biaya dan penurunan penjualan akibat pandemi.

 

1 dari 2 halaman

Rugi Triliunan, Pabrik Hancur Saat Perang Dunia

Perusahaan yang berbasis di Tokyo itu tutup pada 20 Januari dikutip dari Japan Times. Penutupan ini terjadi karena kenaikan harga bahan baku dan energi serta karyawan.

Perusahaan ini mengalami kerugian bersih sebesar US$1,04 juta atau setara Rp1,6 triliun pada September 2021.

Menilik kembali, Sakumaseika memulai usahanya pada tahun 1908 di akhir Era Meiji (1868-1912), menjual permen dalam kaleng merah yang ikonik sampai pabriknya di Jepang dan Manchuria China hancur dalam Perang Dunia II.

2 dari 2 halaman

Makin Dikenal Karena Film

Perusahaan ini dihidupkan kembali pada tahun 1948 di bawah pemilik yang berbeda dan tetap bertahan di toko permen dan supermarket di seluruh negeri.

Permen ini mungkin paling dikenal oleh orang-orang di luar Jepang karena menjadi permen favorit Setsuko di film anime 1988. Kabar baiknya, Sakuma Confectionery, perusahaan terpisah yang membuat produk bermerek serupa yang dikemas dalam kaleng hijau, tetap beroperasi.

 

Beri Komentar