Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Pindah Ibu Kota, PNS Pusat Dapat Fasilitas Rumah?

Pindah Ibu Kota, PNS Pusat Dapat Fasilitas Rumah? PNS Di Instansi Pusat Akan Mendapatkan Rumah Jika Ibu Kota Negara Pindah Ke Kaltim?

Dream – Dengan anggaran Rp466 triliun, pemerintah berjanji menyediakan fasilitas terbaik di ibu kota baru di Kalimantan Timur. Pemerintah juga bakal memberikan fasilitas lengkap untuk Aparatur Sipil Negara yang ikut pindah ke ibu kota baru.

"Tidak ada negara di dunia ini yang mengambil kebijakan yang akan merugikan, apalagi menelantarkan," kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Syafruddin, dikutip dari Merdeka.com, Rabu 28 Agustus 2019.

Menurut mantan Wakil Kepala Polri itu, sesuai penguumuman Presiden Joko Widodo, ibu kota baru didesain menjadi green city dan smart city.

"Jadi semua fasilitas akan tersedia," kata pria yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia tersebut.

Disediakan Fasilitas Rumah

Menurut pria asli Makassar itu, fasilitas dasar, seperti perkantoran, rumah, pendidikan, kesehatan, sampai transportasi, akan disediakan oleh negara dalam jarak yang berdekatan, sehingga mempermudah pergerakan para penghuni kota.

"Justru di sana bisa efisien kalau ASN (PNS) pindah ke sana. Paling tidak kalau fasilitas perumahan sudah disiapkan oleh negara, tidak akan ngontrak-ngontrak rumah, tidak akan beli-beli rumah," kata dia.

Para ASN juga tidak perlu susah-payah untuk berangkat dari rumah menuju ke kantor. Dengan konsep green city dan smart city, para ASN bahkan bisa berjalan kaki menuju kantor masing-masing.

"Cukup bersepeda, jalan kaki 500 meter, misalnya. Seperti, kita lihat di kota-kota seperti Canberra, Den Haag, yang terdekat Putrajaya (Malaysia)," kata dia.

Syafruddin menambahkan, ibu kota baru nantinya memiliki penduduk sekurang-kurangnya 180 ribu jiwa. Jumlah ini merupakan data seluruh ASN yang bertugas di kementerian/lembaga pusat dan akan ikut pindah ke ibu kota baru tersebut.

"Ada 180 ribu, itu tidak terlalu banyak. Itu (ibu kota baru) satu kabupaten di Indonesia. Jadi, jangan membayangkan DKI ini dipindahkan sekian juta orang, tidak. Hanya ASN yang bekerja di kementerian/lembaga di tingkat pusat," ujar Syafruddin.

Begini Skema Pemberian Rumah

Dirjen Penyediaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Khalawi, siap memenuhi kebutuhan perumahan bagi ASN yang pindah ke ibu kota baru. Nantinya akan disediakan dua jenis hunian, yakni rumah dinas dan rumah umum.

Menurut dia, untuk rumah dinas nantinya tidak dapat dimiliki oleh ASN. Jika ASN ingin memiliki hunian pribadi, maka dapat membeli hunian yang disediakan pengembang.

"Saya katakan rumah dinas itu rumah negara. Tidak jadi milik. Yang milik itu rumah umum kalau mau beli nanti pengembang yang menyiapkan," kata Khalawi di Jakarta.

Tunggu Konsep dari Bappenas

Khalawi menjelaskan, saat ini Kementerian PUPR masih menunggu konsep makro dari Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) untuk mengetahui kebutuhan rumah untuk ASN di ibu kota baru. Dia juga menunggu kepastian berapa jumlah PNS yang bakal hijrah ke ibu kota baru.

"Nanti arahannya saya tunggu dari Bappenas. dari pimpinan belum ada arahan. Kita akan menyiapkan pertama, dekat dengan tempat kerjanya. Contohnya dibangun asrama atau tempat tinggalnya. Untuk rumah umum akan kita petakan di sana. Tapi jumlahnya masih dalam analisis dan perhitungan," kata dia.

Khalawi menambahkan, nantinya rumah PNS akan dibangun dalam dua tipe, yakni model rumah susun (rusun) atau apartemen dan dalam bentuk landed house atau rumah tapak.

"Tentu beda tipe-tipenya. Untuk pejabat eselon II dan ASN lainnya itu vertikal. Untuk pejabat Kementerian dan Lembaga itu rumah dinas landed (rumah tapak atau landed house)," kata dia.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Daftar 25 Kementerian Lembaga yang Siap Pindahkan PNS ke IKN

Daftar 25 Kementerian Lembaga yang Siap Pindahkan PNS ke IKN

Ini daftar 25 kementerian atau lembaga yang siap pindahkan PNS ke IKN

Baca Selengkapnya
Enam Syarat Anggota TNI dan Polri Bisa Isi Jabatan PNS

Enam Syarat Anggota TNI dan Polri Bisa Isi Jabatan PNS

Ketentuan ini nantinya tercantum dalam Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang manajemen aparatur sipil negara (ASN).

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
DRESS IT! Fashion Hack For Your Sweater

DRESS IT! Fashion Hack For Your Sweater

Dream - Sahabat Dream biar tambah terlihat kece saat gunakan sweater, bisa banget lho ikutin tips ini. Yuk simak!

Baca Selengkapnya