Cara Mudah Membuat Anak Lebih Menghargai Uang

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Senin, 30 November 2020 19:12
Cara Mudah Membuat Anak Lebih Menghargai Uang
Anak usia kategori ini bisa diajarkan tentang perilaku keuangan yang baik.

Dream – PT Prudential Indonesia menilai literasi keuangan bagi anak-anak penting dilakukan. Perusahaan asuransi ini menilai perilaku keuangan bisa dibentuk pada usia 7 tahun hingga 12 tahun.

“ (Anak) usia 7 tahun-12 tahun mengerti dan mengetahui tentang uang. Behavior bisa dibentuk pada usia itu. Kalau dewasa, (perilaku keuangan) susah diubahnya,” kata Sharia, Government Relations and Community Investment, Nini Sumohandoyo, dalam media briefing virtual “ Komitmen dan Strategi Prudential Indonesia Tingkatkan Literasi Keuangan Indonesia”, Senin 30 November 2020.

Apalagi, angka literasi keuangan anak masih rendah. Hal ini mengacu kepada indeks baca yang masih berada di 37,32 persen. “ Literasi keuangan menjadi salah satu faktor (indeks baca rendah),” kata dia.

Berdasarkan hasil riset Prudential di seluruh Asia, kata Nini, ada 95 persen orang tua yang setuju bahwa keterampilan mengelola uang itu penting. Tapi, baru 13 persen yang merasa anak-anaknya memiliki kecakapan mengelola uang. Saat ditanya cara mengajarkan keuangan kepada anak-anaknya, orang tua memilh melalui televisi dan internet.

“ Anak-anak mendapatkan informasi dari dua media ini,” kata dia.

1 dari 2 halaman

Cara Prudential Dorong Angka Literasi Anak

Nini mengatakan pihaknya membuat program literasi keuangan digital melalui saluran Youtube. Program yang bernama Cha-Ching menyasar anak usia 7 tahun-12 tahun di 12 negara.

“ Kami mengajarkan konsep yang sederhana sekali, yaitu earn, save, spend, dan donate,” kata dia.

Dalam pengajaran ini, anak diajarkan untuk lebih menghargai uang. Apalagi, kata Nini, orang tua sering memanjakan anak, seperti membelikan barang-barang yang mahal bagi anak. “ Sehingga membuat value of money menjadi blur,” kata dia.

Nini mengatakan program itu diperkenalkan di Indonesia pada 2012 dan pada 2016, pihaknya bekerja sama dengan Prestasi Juniors Indonesia untuk membuat modul-modul pengajaran.

“ Pada 2020, Cha-Ching Kids at Home diluncurkan karena ada pandemi Covid-19,” kata dia.

2 dari 2 halaman

Jangkau 5,5 Juta Orang

Prudential telah menjangkau 5,5 juta orang melalui program literasi keuangan pada anak. Ini termasuk kampanye digital melalui situs, media sosial , televisi lokal, dan kerja sama dengan bloggers.

Literasi keuangan ini juga telah disosialisasikan dan dimasukkan ke dalam kurikulum. Program ini telah menjangkau 146 ribu siswa SD dam 4.800 guru.

“ Pada 2024, kami menargetkan ada 1 juta penerima manfaat (termasuk siswa dan guru),” kata dia. 

Beri Komentar