Ridwan Kamil Protes Keras Tarif Tol Cipularang Naik: `Sangat Tidak Bijak`

Reporter : Syahid Latif
Sabtu, 5 September 2020 13:44
Ridwan Kamil Protes Keras Tarif Tol Cipularang Naik: `Sangat Tidak Bijak`
Ridwan Kamil heran Jasa Marga malah menaikkan tarif tol di saat BUMN lain banyak menurunkan tarif, diskon, bahkan subsidi.

Dream - Gubernur Jawa Barat, Ridwal Kamil, melayangkan protes kepada PT Jasa Marga Tbk karena keputusannya menaikkan tarif jalan tol Cipularang dan Purbaleunyi. Tarif tol di dua ruas tol itu mengalami penyesuaian sejak tengah malam tadi.

Protes tersebut dilayangkan orang nomor satu di Jabar lewat unggahan di akun Instagramnya, @ridwankamil, Sabtu, 5 September 2020.

Dalam unggahannya, gubernur yang tenar disapa Kang Emil itu menilai keputusan menaikkan tarif tol di saat kondisi sulit akibat pandemik Covid-19 bukan langkah bijak.

Terlebih kondisi ekonomi Idonesia dianggap berpotensi masuk jurang resesi.

" Ekonomi yang potensi resesi ini hanya akan diperparah oleh kebijakan korporasi ini. Karena sub sektor ekonomi turunannya akan ikut naik," ucapnya.

 

1 dari 6 halaman

Memohon Ditunda

Ridwan Kamil juga merasa heran dengan keputusan operator jalan tol pelat merah ini menaikkan tarif di saat banyak BUMN berlomba menurunkan, mengaratiskan, atau memberikan subsidi.

" Ini malah menaikan beban ongkos ekonomi," ujar pria lulusan ITB itu.

Di akhir unggahannya, Ridwan Kamil memohon kebijaksanaan Jasa Marga untuk menurunkan tarif tol setidaknya hingga situasi ekonomi membaik.

" Mohon ditunda dan ditinjau ulang sampai situasi ekonomi membaik, karena itu bagian dari bela negara anda," pesannya.

Ridwan Kamil protes Traif tol naik© Instagram

2 dari 6 halaman

Ini Tarif Tol Baru Cipularang dan Padaleunyi

Dream - Jika tak ada kendala, tarif tol di ruas Cikampek-Purwakarta-Padalarang (Cipularang) dan Padalarang-Cileungi (Padaleunyi) mulai tengah malam nanti, Sabtu, 5 September 2020 akan penyesuaian. Kenaikan akan terjadi pada kendaraan pribadi golongan I dan II.

Untuk angkutan logistik golongan III sampai V, tarif tol baru yang berlaku umumnya mengalami penurunan. Hanya Golongan III di ruas Padaleunyi yang dipertahankan tetap.

Tarif baru ruas tol Cipularang tersebut berlaku setelah keluarnya Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) No. 1128/KPTS/M/2020 tanggal 1 Juli 2020 tentang Penyesuaian Tarif Tol pada Ruas Jalan Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang.

Sementara dasar hukum penyesuaian tarif ruas tol Padaleunyi diatur dalam Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) No. 1116/KPTS/M/2020 tanggal 26 Juni 2020.

Pada Ruas Tol Cipularang penurunan berlaku untuk kendaraan golongan III yang turun sebesar 10,06 persen. Sedangkan tarif tol Golongan V turun sebesar 13,02 persen. Di Ruas Padaleunyi, penurunan tarif berlaku untuk kendaraan Golongan V sebesar 9,61 persen.

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru mengatakan penyesuaian tarif merupakan upaya untuk menciptakan iklim investasi bisnis jalan tol yang kondusif.

" Hal ini tentu saja akan menjaga kepercayaan investor dan pelaku pasar terhadap industri jalan tol yang prospektif di Indonesia. Jasa Marga sebagai BUMN juga akan memberikan manfaat kepada Pemerintah RI selaku pemilik saham mayoritas Jasa Marga sebesar 70%," jelas Heru dikutip dari laman bumn.go.id.

 

3 dari 6 halaman

Jasa Marga selaku operator kedua jalan tol itu mengaku terus melakukan perbaikan guna peningkatan pelayanan kepada pengguna Ruas Jalan Tol Cipularang dan Padaleunyi. Peningkatan pelayanan tersebut dilakukan dalam rangka selain memberikan keamanan, kenyamanan dan keselamatan kepada pengguna jalan tol.

Peningkatan Layanan di bidang Transaksi antara lain pembangunan GT Kalihurip Utama dengan total 44 gardu operasi, relokasi GT Pasteur 1 (Gerbang masuk dari Bandung ke arah Jakarta) yang semula terletak di Simpang Pasteur direlokasi ke KM 4P Pasteur atau sejajar GT Baros 2, penambahan gardu operasi sebanyak 11 gardu operasi dengan rincian 3 gardu di GT Pasteur 2, 4 Gardu di GT Cileunyi, 2 Gardu di GT Baros 1, dan 2 Gardu di GT Buah Batu, pengoperasian 41 mobile reader.

Di bidang konstruksi, Jasa Marga telah melakukan perbaikan dan pemeliharaan jalan tol berupa Scrapping Filling Overlay (SFO) dan rekonstruksi perkerasan guna meningkatkan kualitas jalan, pekerjaan penambahan lajur ruas Padalarang-Cileunyi, perkuatan lereng ruas Cikampek-Purwakarta-Padalarang, penggantian lampu PJU, pekerjaan pemasangan kawat wiremesh, paving slop, bored pile, penggantian expansion joint jembatan bentang panjang, dan perkuatan jembatan Ciujung, Cisomang, Cikubang, Cipada dan Cimeta.

Sementara dalam hal pelayanan lalu lintas dilakukan pemasangan Smart CCTV, penambahan titik lokasi Variable Message Sign (VMS) di akses masuk Gerbang Tol dan di Ruas Jalan Tol, penambahan VMS Mobile, penambahan titik CCTV, program beautifikasi, penyempurnaan rambu dan guardrail, pemasangan dan peninggian Moveable Concrete Barrier (MCB), melakukan perapihan di gerbang tol, serta penghapusan dan pengecatan marka untuk memberikan kejelasan informasi keselamatan kepada pengguna jalan.

 

4 dari 6 halaman

Daftar Tarif Terbaru Tol Cipularang

Ruas Jalan Tol Cipularang yang memiliki panjang 56,1 km mengalami besaran tarif yang disesuaikan per 5 September 2020 pukul 00.00 WIB.

Berikut adalah besaran tarif jarak terjauh di ruas jalan tol yang biasa digunakan warga ibukota saat hendak ke Bandung dan sekitarnya:

Gol I: Rp 42.500,- yang semula Rp 39.500,-
Gol II: Rp 71.500,- yang semula Rp 59.500,-
Gol III: Rp 71.500,- yang semula Rp 79.500,-
Gol IV: Rp 103.500,- yang semula Rp 99.500,-
Gol V: Rp 103.500,- yang semula Rp 119.000,-

Tarif Tol Cipularang© Jasa Marga

 

 

5 dari 6 halaman

Daftar Tarif Terbaru Tol Padaleunyi

Sementara itu, Ruas Jalan Tol Padaleunyi sepanjang 35,15 km mengalami besaran tarif yang disesuaikan per 5 September 2020 pukul 00.00 WIB, dengan contoh besaran tarif jarak terjauh sebagai berikut:

Gol I: Rp 10.000,- yang semula Rp 9.000,-
Gol II: Rp 17.500,- yang semula Rp 15.000,-
Gol III: Rp 17.500,- yang semula Rp 17.500,-
Gol IV: Rp 23.500,- yang semula Rp 21.500,-
Gol V: Rp 23.500,- yang semula Rp 26.000,-

Tarif Tol Padaleunyi

Tarif Tol Padaleunyi© Jasa Marga

 

 

6 dari 6 halaman

Ini Tarif Baru Tol dari Jakarta-Bandung

Dengan penyesuaian tarif baru tol ini, masyarakay ibukota yang hendak ke Bandung tentu harus mempersiapkan dana lebih banyak dari biasanya.

Sebagai simulasi sesuai dengan tarif penyesuaian, pengguna jalan melalui Jalan Tol Jakarta-Cikampek menuju Bandung via Gerbang Tol (GT) Pasteur sebelumnya membayar tarif tol total Rp 58.000. Rinciannya adalah tarif tol Jakarta-Cikampek Rp 15.000, Cipularang Rp 39.500 dan Padaleunyi Rp 3.500).

Nantinya dengan tarfi baru, penguna kendaraa ribadi akan mengeluarkan uang Rp 61.000 sekali melintas dengan rincian Jakarta-Cikampek Rp 15.000, Cipularang Rp 42.500 dan Padaleunyi Rp 3.500. Dibandingkan sebelumnya ada kenaikan 3.000.

Beri Komentar