Sandiaga Uno: Ada PPKM Darurat, Work From Bali Ditunda

Reporter : Razdkanya Ramadhanty
Senin, 5 Juli 2021 18:12
Sandiaga Uno: Ada PPKM Darurat, Work From Bali Ditunda
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno dalam mendukung kebijakan PPKM Darurat, menunda wacana program Work From Bali dan Wisata Vaksin ke Bali.

Dream - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, mendukung kebijakan pemerintah dalam Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat dengan menunda wacana program Work From Bali dan Wisata Vaksin ke Bali hingga 20 Juli 2021.

" PPKM Darurat harus dipatuhi totalitas. Sampai 20 Juli, kami mematuhi dengan mengerem semua mobilitas. Kita WFH 100 persen. Kegiatan work from Bali, wisata vaksin di Bali, untuk sementara ditunda," ujarnya dalam konferensi pers virtual, Senin 5 Juli 2021.

Sandiaga Uno menegaskan, meski program Work From Bali dan Wisata Vaksin ditunda, persiapannya tetap dijalankan.

" Yang tidak ditunda itu persiapannya untuk pembukaan Bali, karena kita urusan juga dengan koordinasi dan sinkronisasi kebijakan. Ini yang terus dijalankan," tegas Sandi.

Dia menjelaskan, pembukaan destinasi wisata Bali yang tetap harus memastikan minimal 3 hal yakni, prakondisi vaksinasi harus bertambah hingga 70-80 persen, end to end implementasi CHSE yang harus sudah selesai, serta tingkat infeksi baru Covid-19 di wilayah tersebut harus di bawah 100.

" Kita harus tetap menjaga semangat untuk bekerja keras menyiapkan prakondisi tersebut. Karena itu, kita juga perlu segera mempercepat realisasi pelaksanaan program dana hibah pariwisata," katanya.

1 dari 3 halaman

Ada Mode Hancurkan Ikon Mirip Kabah, Sandiaga Uno Bakal Blokir Gim Fortnite

Dream – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno. Sandiaga menginstruksikan jajarannya untuk mengkaji kemungkinan pemblokir gim Fortnite agar tidak bisa diakses anak-anak. Alasannya, gim tersebut mengandung sebuah gambar sensitif yang mirip ikon keagamaan.   

Sandiaga dalam keterangan tertulisnya menilai permainan tersebut dikhawatirkan dapat memicu perilaku tidak menghormati antar umat beragama, mendorong aksi kekerasan dan berpotensi penistaan agama.

" Lima kali sehari minimal kita menghadap Kabah, dari mana pun kita di dunia untuk menunaikan salat wajib atau salat sunnah. Di game ini saya diberitahu bahwa ada ikon yang dinilai mirip Kabah yang harus dihancurkan untuk mendapatkan senjata baru dan naik ke level berikutnya,” kata dia di Jakarta, dikutip dari keterangan tertulis.

Sandiaga menyebut ikon tersebut bertentangan dengan nilai keagamaan, termasuk kerukunan beragama. “ Ini suatu hal yang sangat sensitif,” kata dia.

2 dari 3 halaman

Kakbah Tempat Suci Umat Muslim di Dunia

Kabah, ditegaskan Sandiaga Uno merupakan tempat suci bagi seluruh umat muslim di duniaDia juga sepakat dengan fatwa yang diterbitkan Pusat Fatwa Elektronik Universitas Al Azhar Kairo, yakni larangan bagi umat muslim untuk tidak memainkan game Fortnite.

Sandiaga beralasan permainan tersebut telah mencederai umat muslim dan berpotensi memengaruhi kepercayaan serta mental kalangan muda.

" Oleh karena itu kami akan menginstruksikan kepada tim untuk mengkaji dan segera mengeluarkan larangan. Kami juga ingin memberikan peringatan kepada beberapa pengembang permainan untuk berhati-hati," ungkap Sandiaga Uno.

3 dari 3 halaman

Ingatkan Dua Mata Pisau Digitalisasi

Digitalisasi, termasuk media sosial dan permainan digital dianalogikan layaknya dua mata pisau. Di satu sisi, digitalisasi membuka peluang usaha serta lapangan kerja, tetapi di sisi lain digitalisasi juga dapat menjadi ancaman yang merugikan.

“ Ini potensi, sekaligus ancaman. Oleh karena itu game menjadi pusat perhatian kami saat ini,” kata dia.

Sandiaga memastikan aplikasi dan pengembangan game ini justru menjadi peluang untuk kita membuka lapangan kerja, menjadi lahan usaha. “ Tapi, jangan sampai menciderai nilai-nilai luhur bangsa kita,” kata dia.

Beri Komentar