Tak Berubah 23 Tahun, Ini 3 Pertanyaan Interview Bos Amazon

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Kamis, 2 Agustus 2018 14:45
Tak Berubah 23 Tahun, Ini 3 Pertanyaan Interview Bos Amazon
Dari cuma 10 orang kini Amazon punya 500 ribu pegawai.

Dream Sahabat Dream, Amazon mungkin jadi salah satu perusahaan impian yang ingin kamu masuki. Sebagai perusahaan raksasa e-commerce dunia, nama Amazon memang sudah familiar. Tak hanya di negara asalnya, Amerika Serikat. 

Saat berdiri di tahun 1995. Amazon hanya punya pegawai 10 orang. Kini, perusahaannya itu menjelma menjadi raksasa dengan mempekerjakan lebih dari 500 ribu orang. Wow.

Dalam urusan pegawai, sang pendiri Amazon, Jeff Bezos, ternyata tetap mempertahankan gaya lamanya. Salah satunya tiga pertanyaan yang selalu diajukan saat merekrut pegawai baru.

Dilansir dari CNBC, Kamis 2 Agustus 2018, pertanyaan ini muncul dalam surat Amazon kepada pemegang saham pada 1998. Ketika itu, Amazon sudah go public.

“ Tak mungkin untuk memberikan hasil di lingkungan yang dinamis, seperti internet tanpa orang-orang yang luar biasa. Menetapkan standar tinggi dalam pendekatan kami tentang perekrutan, akan terus menjadi elemen terpenting dari kesuksesan Amazon.com,” tulis Bezos di surat itu.

Berikut tiga pertanyaan yang diajukan oleh Bezos ketika merekrut pegawai baru.

1 dari 3 halaman

Apakah Kamu Akan Mengagumi Orang Ini?

Pertama, Bezos mendorong perekrut Amazon untuk berpikir tentang opini pribadi terhadap kandidat. Dia mengatakan akan berusaha keras jika bekerja dengan orang yang dikagumi.

“ Kalau berpikir orang-orang yang dikagumi ada di dalam kehidupanmu, kamu mungkin bisa mengambil pelajaran atau contoh dari mereka,” kata Bezos.

Dia tak sendirian. Pemikiran seperti ini juga dimiliki oleh bos Facebook, Mark Zuckerberg, yang mendorong karyawannya untuk menjaring orang-orang yang dihargai.

2 dari 3 halaman

Apakah Orang Ini Meningkatkan Efektivitas Rata-rata ketika Bergabung?

Dengan pertanyaan ini, Bezos ingin mendapatkan indera seseorang untuk berinovasi. Amazon ini dikenal sebagai lingkungan kerja yang menuntu. Standarnya kerjanya juga sangat tinggi. Misalnya, membuat gambaran perusahaan selama lima tahun ke depan.

“ Kami ingin melawan entropi. Saya meminta orang untuk memvisualisasi perusahaan lima tahun dari sekarang,” tulis dia.

Amazon memiliki standar tinggi tanpa henti. Para pemimpin terus meningkatkan standar dan mendorong tim mereka untuk memberikan produk, layanan, dan proses berkualitas tinggi.

3 dari 3 halaman

Seberapa Lama Orang Ini Bisa Menjadi Superstar?

Bezos juga bertanya tentang hal ini untuk mempertimbangkan bakat individu kandidat. Dia mengatakan banyak orang memiliki bakat di luar pekerjaan.

“ Banyak orang memiliki keterampilan, minat, dan perspektif unik yang memperkaya lingkungan kerja untuk kita semua. Ini sering tidak berhubungan dengan pekerjaannya,” kata dia.

 

Beri Komentar
Intip Harga dan Spesifikasi Mobil Dinas Baru Jajaran Menteri Jokowi