Sejarah Grab dari Tahun 2012 Hingga Jadi Decacorn

Reporter : Dwi Ratih
Jumat, 1 Maret 2019 14:43
Sejarah Grab dari Tahun 2012 Hingga Jadi Decacorn
Berikut cerita lengkapnya.

Dream - Berawal dari sekelompok teman yang sedang menikmati teh di 2012 dan mengeluhkan sulitnya mendapatkan taksi, Grab 'lahir' sebagai transportasi online

Dalam waktu singkat, Grab bertransformasi membuat sesuatu yang lebih besar dengan jangkauan yang lebih luas. Dengan tujuan, menjadikan Asia Tenggara menjadi tempat yang lebih baik. Berikut adalah perjalanan Grab dari tahun 2012 hingga kini.

  • 2012 -- pertama launching GrabTaxi pada bulan Juni
  • 2013 -- memasuki Filipina pada Juli 2013 dan Singapura pada Oktober 2013
  • 2014 -- memasuki Vietnam pada Februari 2014, Indonesia pada Juni 2014, launching pertama Grab Car pada Juli 2014 dan launching GrabBike pada November 2014
  • 2015 -- launcing pertama GrabExpress dan GrabHitch
  • 2016 -- launching regional GrabPay, launching pertama GrabFood, launching pertama Grab for Business, GrabPay Credits dan GrabShare
  • 2017 -- launching pertama GrabCoach, GrabShuttle, JustGrab, memasuki Myanmar, Kudo acquired, launching pertama GrabNow, P2P Fund Transfer pertama, launching GrabReward, memasuki Kamboja
  • 2018 -- akuisisi Uber di SEA, launching GrabVentures, launching GrabPlatform, GrabFresh dan GrabWheels

Grab juga telah melakukan tiga miliar perjalanan yang terhitung pada Minggu, 20 Januari 2019. Berdasarkan perjalanan di atas, kini Grab telah hadir di delapan negara dan 336 kota yang ada di seluruh Asia Tenggara.

Status decacorn Grab tertuang dalam riset Google Temasek bertajuk e-Conomy SEA 2018 yang dipublikasikan 19 November 2018. Dalam laporan tersebut dipaparkan jika kini Asia Tenggara memiliki sembilan unicorn. Grab berhasil mengumpulkan valuasi yang terbesar yakni lebih dari US$ 10 miliar.

Grab merupakan decacorn (super unicorn) yang menawarkan solusi sehari-hari dengan layanan transportasi, pengiriman barang dan makanan, pembayaran mobile dan hiburan digital.

Berawal dari transportasi online, kini telah menjelma menjadi Super App terkemuka di Asia Tenggara yang menawarkan EveryDay SuperApp yang kini melengkapi gaya hidup masyarakat. Grab memiliki filosofi untuk menyatukan para mitra dan membuat kehidupan Asia Tenggara lebih baik.

Beri Komentar