Pembiayaan Sektor Mikro BSM Tumbuh Pesat

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Selasa, 16 Agustus 2016 11:43
Pembiayaan Sektor Mikro BSM Tumbuh Pesat
Pertumbuhannya di atas angka 50 persen.

Dream – Sektor mikro semakin seksi dalam pandangan bank syariah. Dalam laporan terbarunya, PT Bank Syariah Mandiri (BSM) mencatat pembiayaan untuk sektor ini mencapai Rp4,06 triliun pada akhir Juni 2016. Artinya, sektor ini tumbuh melejit 50,2 persen dari Juni 2015 yang sebesar Rp2,7 triliun pada Juni 2015.

“ Sektor mikro tumbuh paling cepat,” kata Direktur Keuangan dan Strategi BSM, Agus Dwi Handaya, di Jakarta, ditulis Selasa 16 April 2016.

Laporan keuangan BSM mencatat sektor mikro ini masuk dalam tiga besar penyumbang terbesar pertumbuhan sektor pembiayaan pada semester I 2016. Penopang pembiayaan terbesar masih berasal dari pembiayaan sektor korporasi, yaitu Rp16,57 triliun, disusul sektor consumer Rp15,34 triliun, dan sektor kecil Rp9,98 triliun.

Sekadar informasi, pembiayaan BSM pada Juni 2016 sebesar Rp52,6 triliun atau naik 4,5 persen dari Juni 2015 yang sebesar Rp50,44 triliun.

Meski menyasar sektor UKM, Agus memastikan perusahaan tidak sembarangan memberikan kucuran pembiayaan. Bank syariah ini melihat mempertimbangkan faktor sektor usaha, daerah, dan area pembiayaan.

Misalnya, untuk sektor usaha, mereka memberikan pembiayaan di sektor perdagangan dan usaha fast moving seperti restoran.

Sementara untuk memperluas jangkauan sekaligsu fungsi pengawasan, BSM memutuskan menggabungkan unit layanan mikro BSM ke dalam kantor cabang. Tujuannya, pengawasan lebih mudah.

“ Dulu, unit usaha mikro ada di luar cabang, beroperasi sendiri dan struktur organisasi di luar cabang. Sekarang dimasukkan ke dalam unit cabang,” kata dia.

Beri Komentar