Taspen Segera Luncurkan Unit Investasi Syariah

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Selasa, 28 Januari 2020 12:13
Taspen Segera Luncurkan Unit Investasi Syariah
Ada tiga hal yang menjadi tujuan perusahaan pelat merah itu.

Dream - PT Taspen (Persero) akan membentuk unit investasi syariah pada semester I 2020. BUMN ini melihat ada peluang pasar di Indonesia untuk dana pensiun syariah.

“ Kami mengharapkan semester I launching (produk syariah),” kata Direktur Utama Taspen, Antonius N.S Kosasih, di Jakarta, dikutip dari Merdeka.com, Selasa 28 Januari 2020.

Antonius mengatakan ada tiga hal yang menjadi tujuan Taspen membuat produk syariah. Pertama, 90 persen masyarakat Indonesia beragama Islam dan pohaknya ingin memberikan investasi yang lebih syariah.

Kedua, saat ini sudah ada beberapa kota nasabah Taspen yang telah menerapkan sistem keuangan berbasis syariah. Contohnya, Aceh dan Nusa Tenggara Barat (NTB).

“ Berkaca dari sana, jangan sampai orang mikir saya nggak bisa terima uang pensiunan karena tidak syariah. Oleh karena itu kita mau supaya itu bisa diakomodir,” kata dia.

Ketiga, investasi syariah cocok untuk investasi jangka panjang dan tidak mudah goyah. Meski demikian, imbal hasil yang diperoleh tidak sebesar investasi pada umumnya atau konvensional.

" Kalau melonjak tidak setinggi (investasi) yang bukan syariah. Tapi kalau pun dia turun tidak sedalam non-syariah. Jadi lebih stabil untuk main jangka panjang dan lebih bagus kalau syariah," kata dia.

1 dari 5 halaman

Taspen Buka Lowongan, Lulusan D-3 sampai S2 Bisa Melamar

Dream – Perusahaaan asuransi pelat merah, PT Taspen (Persero) tengah membutuhkan banyak tenaga baru. Tak hanya untuk kebutuhan pegawai di pusat, para pelamar juga berpeluang di tempatkan di berbagai wilayah di Tanah Air. 

Selain untuk para sarjana (S1), Taspen juga membuka kesempatan untuk lulusan Diploma III (D3) dan para pemegang gelar master (S2) untuk ikut melamar. 

Tak ketinggalan para dokter juga diundang untuk melamar menjadi pegawai perusahaan.

Dikutip dari akun perusahaan, taspen.co.id, proses pendaftaran calon pegawai baru ini mulai berlangsung sejak hari ini hingga 14 Juli 2018.

“ PT Taspen (Persero) adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang asuransi dan pengelolaan dana pensiun Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pejabat negara, membutuhkan tenaga lulusan D-3, S-1, S-2, dan dokter yang berintegritas, berkomitmen, dan mau bekerja keras untuk ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia,” tulis perseroan, dikutip dari selebaran yang diterima Dream, Kamis 7 Juli 2018.

Ada tiga lowongan pekerjaan yang dibuka oleh Taspen, yaitu management trainee (MT), non management trainee (Non MT), dan tenaga berpengalaman.

Berikut ini adalah persyaratannya.

2 dari 5 halaman

Ini Kriterianya

*Pendidikan

-Management Trainee: minimal S-1 Ilmu Kedokteran, Ilmu Hukum, Teknik Komputer/Teknik Informatika, Ilmu Ekonomi, Ilmu Aktuaria, Ilmu Statistik, Matematika, dan Ilmu Komunikasi.

-Non Management Trainee: minimal D-3 Teknik Komputer/Teknik Informatika, Ilmu Komunikasi, Administrasi Asuransi dan Aktuaria, Ilmu Ekonomi, Kearsipan, Sekretaris, serta Keselamatan dan Kesehatan Kerja.

-Tenaga Berpengalaman

Berpengalaman dalam bidang investasi, aktuaria, teknologi, dan informasi.

*Warga Negara Indonesia

*Pria/Wanita

*Tidak pernah diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai dari instansi pemerintah atau swasta.

Kalau tertarik untuk melamar, kamu bisa mendaftar di sini. Ingat, proses rekrutmennya tidak dipungut biaya, lho. Selamat mencoba dan semoga beruntung.

 

 Lowongan kerja Taspen.© Taspen.

 

[crosslink_1]

3 dari 5 halaman

Peserta Pensiun Taspen Bisa Setor ke BRI Syariah

Dream – Peserta pensiunan PT Taspen (Persero) kini bisa mendapatkan alternatif dalam pembayaran untuk menerima dana pensiun. PT BRI Syariah bisa menerima pembayaran, seperti tabungan hari tua dan pensiun para peserta Taspen.

“ Para pensiunan di Indonesia akan menjadi potensi yang terus membesar, ketika usia harapan semakin naik. Banyak perusahaan yang memberi persiapan yang baik bagi karyawannya dalam menghadapi masa pensiun,” kata Direktur Utama BRI Syariah, Moch Hadi Santoso, dalam acara `MoU BRI Syariah dengan PT Taspen` di Jakarta, Kamis 3 Agustus 2017.

Hadi mengatakan, bank syariah ini siap untuk memberikan layanan perbankan bagi peserta Taspen untuk pembayaran tabungan hari tua, pensiun, jaminan kecelakaan kerja (JKK), dan jaminan kematian (JKM) melalui rekening bank BRI Syariah.

Selain menyambut kerja sama ini dengan senang hati, BRI Syariah juga optimistis bisa memberikan layanan perbankan syariah bagi peserta Taspen. Terlebih, bank syariah ini termasuk bank operasional 2, yaitu bank yang ditunjuk sebagai penyalur gaji PNS, TNI, dan Polri.

 

 © Dream

 

Taspen merupakan perusahaan pelat merah yang ditunjuk oleh pemerintah untuk mengelola dana pensiun PNS.

“ Tak mudah bagi sebuah bank untuk menjadi bank operasional mengingat banyaknya persyaratan yang harus dipenuhi kepada Departemen Keuangan, di antaranya kesiapan teknologi yang harus tune in dengan platform Kementerian Keuangan,” kata dia.

Hadi melanjutkan, dengan platform teknologi yang dimiliki bank syariah ini, BRI Syariah akan memberikan layanan perbankan kepada Taspen. Seperti, pelayanan kepada penerima pensiun, pembuatan aplikasi e-Dapem, penyaluran dana Taspen ke BRI Syariah untuk pembayaran manfaat tabungan hari tua, JKK, JKM, pensiun non-Dapem, dan pensiun bulanan, pemindahbukuan manfaat peserta dana pensiun, pembayaran manfaat, pertanggungjawaban atas pemindahbukuan dan pembayaran manfaat, serta pelayanan kepada penerima pensiun

4 dari 5 halaman

Berikan Alternatif

Sementara itu, Direktur Utama Taspen, Iqbal Latanro, mengatakan saat ini Taspen memiliki jumlah peserta sebanyak 6,7 juta yang terdiri atas 4,2 juta peserta aktif dan 2,5 juta peserta pensiun.

Iqbal mengharapkan kerja sama ini bisa memberikan alternatif bagi peserta dalam memilih kantor pembayaran untuk tabungan hari tua, pensiun, jaminan kecelakaan kerja, dan jaminan kematian.

“ BRI Syariah diharapkan dapat memahami produk-produk Taspen sehingga mewujudkan pelayanan prima yang melebihi harapan peserta Taspen yang tepat orang, tepat waktu, tepat jumlah, tepattempat, dan tepat administrasi,” kata dia. (ism) 

[crosslink_1]

5 dari 5 halaman

Taspen Bayar Rp 5 Triliun untuk Pensiun ke-13

Dream - PT Taspen (Persero) akan membayarkan dana pensiun ke-13 kepada 2,4 juta pensiunan Pensiun Pegawai Negeri Sipil (PNS), TNI/Polri, Pejabat Negara dan Penerima Pensiun/ Tunjangan pada tanggal 23 Juli 2014 serentak di seluruh Indonesia.

Sekretaris Perusahaan TASPEN, AA N Oka Muliawan mengatakan, untuk pembayaran pensiun bulan ke 13, Taspen menyiapkan dana sebesar Rp 5,08 triliun yang dibayarkan kepada 2,4 juta orang Pensiunan.

Pembayaran Pensiun bulan ke 13 ini sebagai tindaklanjut dari Peraturan Pemerintah nomor 53 Tahun 2014 tentang Pemberian Gaji/Pensiun/Tunjangan bulan ke-13 dalam tahun anggaran 2014 kepada PNS, Pejabat Negara dan Penerima Pensiun / Tunjangan.

Serta Peraturan Menteri Keuangan RI Nomor 144/PMK.05/2014 tanggal 11 Juli 2014 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Pemberian Gaji/Pensiun/Tunjangan Bulan Ketiga Belas Dalam tahun anggaran 2014 kepada PNS, Pejabat Negara dan Penerima Pensiun / Tunjangan.

" Perhitungan gaji Pensiun bulan ke 13 meliputi: pensiun pokok yang baru tahun 2014 ditambah dengan tunjangan keluarga, tambahan penghasilan (TP), tunjangan cacat dan pembulatan dan tidak dikenakan potongan Asuransi Kesehatan," ujar Oka dalam keterangan pers yang dikutip dream.co.id, Jumat, 18 Juli 2014.

 

 © Dream

 

Bagi Penerima Pensiun yang menerima lebih dari satu penghasilan gaji Pensiun /Tunjangan (Pensiun rangkap) maka pensiun/tunjangan bulan ke 13 hanya diberikan salah satu yang jumlahnya lebih menguntungkan. Sementara bagi penerima Pensiun janda/duda yang sekaligus sebagai Pegawai Negeri/Pejabat Negara/Penerima Pensiun/Tunjangan diberikan Pensiun bulan ke-13.

Selanjutnya, Oka mengingatkan Mitra Bayar Pensiun, agar dana Pensiun bulan ke-13, tidak boleh dikenai potongan apapun. Dia juga mengingatkan, agar para Pensiunan setiap bulan secara rutin mengambil uang pensiunnya sesuai jadwal pengambilan atau minimal enam bulan sekali, dan para Pensiunan diingatkan dan dihimbau untuk berhati-hati terhadap modus penipuan yang mengatasnamakan PT Taspen.

" Silahkan untuk menghubungi Call Center TASPEN di 021-500919 untuk mendapatkan keterangan lebih lanjut," tandasnya. (Ism)

Beri Komentar
Wajah Tegar BCL Saat Antarkan Jenazah Ashraf Sinclair