Ilustrasi/ Shutterstock
Dream – Seperti tahun yang sudah-sudah, aktivitas belanja masyarakat meningkat selama Ramadan dan menjelang Idul Fitri. Perusahaan ekspedisi Sicepat bahkan memproyeksikan volume pengiriman barang bakal meningkat 20 persen dari tahun lalu.
Karena itulah Sicepat sudah bersiap. Mereka bergabung dalam ekosistem Dropper melalui 7.775 titik di 25 wilayah Indonesia. Sicepat juga menyiapkan manpower dan infrastruktur yang bisa mempercepat proses operasional, salah satunya menggunakan mesin sortir otomatis.
“ Saat ini, kami telah mengoptimalkan penyortiran paket menggunakan mesin sortir otomatis yang ada di 4 wilayah yaitu Jakarta, Tangerang, Bandung, dan Karawang,” ungkap Murwanto, Chief Operating Officer Sicepat, di Jakarta, Kamus 9 Maret 2023.
Mesin sortir otomatis ini diterapkan untuk mempertahankan Service Level Agreement. Mesin ini mampu menyortir 100 ribu hingga 130 ribu paket pada hari biasa. Pada season peak, mesin ini mampu menyortir 350 ribu paket perhari.
“ Dalam menghadapi lonjakan volume di bulan Ramadan, kami optimis dapat memastikan SLA tetap terjaga,” tutur Murwanto.
Dream - Ramadan 1444 H/2022 M terhitung tinggal sebulan lagi. Aura bulan puasa mulai bisa dirasakan ketika sahabat Dream datang ke minimarket. Tumpukan sirop, kurma, dan berbagai makanan atau minuman manis sudah terpajang di depan kasir.
Seperti tahun-tahun sebelumnya, momen bulan suci sering kali diiringi dengan kebiasaan masyarakat menyetok makanan pembuka puasa. Menu yang sama kemungkinan akan kembali terhidang di meja makan banyak keluarga di Tanah Air.
VP of Tokopedia Marketing Solutions, Edwin Chayadi mengungkapkan sejumlah memang yang laris dibeli pelanggan saat bulan Ramadan pada tahun 2022 lalu. Kelima barang dimaksud adalah Fesyen, Makanan dan Minuman (Mamin), Kesehatan, Otomotif/Aksesoris, serta Rumah Tangga.
" Seperti kita ketahui, saat Ramadan banyak orang membeli baju baru untuk lebaran," katanya dikutip dari Merdeka.com, Jumat, 24 Februari 2023.
Edwin mengungkapkan lima kategori barang yang paling dicari selama Ramadan adalah Fesyen, Otomotif dan Aksesoris, Makanan dan Minuman, Rumah Tangga, serta Smartphone dan Tablet.
Melihat tren tahun lalu, Edwin mengimbau pelaku bisnis atau mitra dari berbagai skala untuk mempersiapkan barang/produk yang menjadi favorit masyarakat " Karena kan saat mendapatkan uang THR (Tunjangan Hari Raya) orang banyak membeli HP baru," ucapnya.
Selain itu, mitra juga diimbau untuk menyediakan berbagai alternatif metode pembayaran yang memudahkan konsumen salah satunya pembayaran cashless.
" Metode pembayaran cashless menjadi yang paling populer untuk berbelanja kebutuhan Ramadan, baik melalui transfer antar bank, dompet digital, kartu kredit dan GoPayLater Cicil. Selain itu, lebih dari setengah pesanan selama Ramadan 2022 dikirim dengan bebas ongkir," ucapnya.
Advertisement
Jadi Pahlawan Lingkungan Bersama Trash Hero Indonesia
10 Brand Kosmetik Paling Ramah Muslim di Dunia, Wardah Nomor Satu
KAJI, Komunitas Bagi Para Alumni Mahasiswa Indonesia di Jepang
4 Komunitas Seru di Depok, Membaca Hingga Pelestarian Budaya Lokal
Universitas Udayana Buka Suara Terkait Dugaan Perundungan Timothy Anugerah