Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Kala Sri Mulyani dan DPR Ladeni Penggugat Tax Amnesty

Kala Sri Mulyani dan DPR Ladeni Penggugat Tax Amnesty Sri Mulyani Dan DPR Menjawab Gugatan Undang-Undang Tax Amensty. (Foto:Dream.co.id/Maulana Kautsar)

Dream – Kementerian Keuangan dan DPR menjawab serangkaian pertanyaan di persidangan uji materiil Undang-Undang Pengampunan Pajak di Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta. Mereka beralasan payung hukum ini bertujuan untuk membantu pemasukan negara.

“Dengan regulasi ini, pengampunan pajak menjadi wahana rekonsiliasi para wajib pajak yang menunggak pajaknya,” kata Ketua Komisi XI, Melchias Marcus Mekeng, pada Selasa 20 September 2016.

Di hadapan sembilan hakim MK, Melchias mengatakan konsep pengampunan pajak sejatinya tak hanya terjadi di Indonesia. Setidaknya ada 38 negara yang pernah menerapkan pengampunan pajak sebagai upaya peningkatan pajak negara.

"Pada tahub 1990, di Jerman, gugatan seperti ini juga pernah terjadi. Tetapi hasilnya tak diterima. Di Kolombia juga berakhir dengan ditolak," kata dia.

Sementara itu, Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, menjelaskan, proses pengampunan pajak sebetulnya telah tiga kali dilakukan pemerintah. Proses pengampunan pajak itu terjadi pada tahun 1964, 1984 dan 2008.

Sri Mulyani membantah dalil pemohon yang menyebut Undang-UndangPengampunan Pajak melepaskan hak wajib pajak untuk membayar pajak. Justru, kata dia, adanya Undang-Undang Pengampunan Pajak mendorong prinsip kesamaan di depan hukum.

"Undang-Undang Pengampunan Pajak adalah hak, sebagai kepatuhan wajib pajak. Dalil kerugian karena diskriminasi yang disampaikan pemohon tidak berdasar," kata mantan direktur pelaksana Bank Dunia itu.

Menanggapi pernyataan pemerintah dan parlemen, kuasa hukum pemohon gugatan Undang-Undang Tax Amnesty, Eggi Sudjana, menyebut jawaban yang diberikan pemerintah tidak menyentuh prinsip pokok perkara yang diajukan. Dia mencontohkan, membandingkan kondisi Jerman dengan Indonesia merupakan ketidakwajaran. Sebab, kata dia, Jerman dan Indonesia berbeda dasar negara.

"Apa di negara lain juga pakai UUD '45? Ini contoh yang sudut pandangnya berbeda," kata Egi.

Dia juga membantah jawaban Sri Mulyani. Menurut dia, pemerintah dan DPR tak antisipatif dalam menelusuri uang hasil kejahatan. Di sisi lain, Eggi menyebut konsep 'memaksa' beleid sebagai hal yang bertolak belakang.

"Memaksa kok diampuni, sangat bertolak belakang dalam filsafat hukum. Ini (Undang-Undang Pengampunan Pajak) layak dibatalkan, menurut saya," ucap dia.(Sah)

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Pernyatan Langsung dari Menkeu Sri Mulyani Soal Isu Mundur: `Saya Bekerja, Saya Bekerja`

Pernyatan Langsung dari Menkeu Sri Mulyani Soal Isu Mundur: `Saya Bekerja, Saya Bekerja`

Sri Mulyani buka suara soal isu yang menyebut dirinya akan mundur dari Kabinet Indonesia Maju.

Baca Selengkapnya
Sri Mulyani: Indonesia Jadi Salah Satu Negara dengan Suhu Tertinggi, Ini Bukan karena Politik

Sri Mulyani: Indonesia Jadi Salah Satu Negara dengan Suhu Tertinggi, Ini Bukan karena Politik

“Indonesia terlihat sebagai salah satu negara dengan suhu tertinggi, dan ini bukan karena situasi politik. Tapi benar-benar panas,” ujar Sri Mulyani.

Baca Selengkapnya
KPK Tetapkan Bupati Sidoarjo Tersangka Korupsi Pemotongan Insentif ASN

KPK Tetapkan Bupati Sidoarjo Tersangka Korupsi Pemotongan Insentif ASN

Ali belum menjelaskan lebih detail terkait peran dan sangkaan pasal untuk Gus Muhdlor.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Dress IT! 1 Cardigan Untuk Jadi 3 Style

Dress IT! 1 Cardigan Untuk Jadi 3 Style

Sahabat Dream, kalian bisa coba nih, Outfit dengan 1 cardigan bisa bikin 3 style loh. Udah hemat penampilan tetap oke.

Baca Selengkapnya
NOTED KAK! Emang Gak Capek Kerja Mulu?

NOTED KAK! Emang Gak Capek Kerja Mulu?

Sahabat Dream, Pernah gak merasa capek bange tapi apa daya harus kerja demi uang. Sama nggak perasaannya seperti dua Dreamitie ini?

Baca Selengkapnya