Hore! Stasiun MRT Lebak Bulus Kini Punya `Pangkalan` Ojek Online

Reporter : Muhammad Ilman Nafi'an
Selasa, 15 Oktober 2019 15:48
Hore! Stasiun MRT Lebak Bulus Kini Punya `Pangkalan` Ojek Online
Plaza ini punya `titik jemput dan antar` penumpang ojek online.

Dream – Pengelola Moda Raya Terpadu (MRT) menyediakan Plaza Transit di stasiun Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Lokasi ini akan menjadi tempat menurunkan, menunggu, dan menaikkan penumpang ojek online.

Direktur Utama MRT Jakarta Willaim Sabandar menjelaskan Plaza Transit MRT Lebak Bulus dibangun atas inisiasi para pengembang salah satunya pengelola pusat perbelanjaan Point Square.

" Ini adalah kerja sama. Jadi memang pemilik (lahan) adalah poin square, tapi point square mempunyai kewajiban ke pemerintah, itu dalam bentuk pelayanan publik dan dimanfaatkan sebagai transit plaza," ujar William, Selasa 15 Oktober 2019.

William menjelaskan pengelola MRT juga bekerja sama dengan pengembang untuk membangun skybridge yang menghubungkan stasiun dan Plaza Transit MRT Lebak Bulus.

" Skybridge akhir tahun mulai dibangun, pertengahan tahun depan diharapkan selesai," kata dia.

1 dari 5 halaman

Bisa Digunakan untuk Kendaraan Pribadi

Selain sebagai tempat pangkalan ojek, Plaza Transit MRT Lebak Bulus juga bisa dimanfaatkan oleh pemilik kendaraan pribadi untuk menurunkan penumpang yang hendak menggunakan MRT.

Selama ini pintu masuk stasiun MRT memang tidak boleh digunakan untuk menaikkan dan menurunkan penumpang.

" Untuk Angkot dan taksi dan TransJakarta itu diberikan jalur khusus. Jalur sebelah kiri itu hanya bisa digunakan taksi, TransJakarta, angkot. Yang lain gak bisa, pasti gak bisa," kata dia.

2 dari 5 halaman

Tak Lagi Gratis, Tarif MRT Jakarta Diskon 50% Selama April 2019

Dream - Periode gratis menumpangi MRT Jakarta telah berakhir. Terhitung mulai hari ini, Senin, 1 April 2019, pengelola MRT Jakarta akan mengenakan tarif pada penumpangnya.

Namun jangan bersedih dahulu. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengumumkan tarif MRT Jakarta dalam sebulan ini mendapatkan diskon 50 persen.

"Pada 1 April 2019 MRT Jakarta memasuki fase operasi secara komersial (berbayar). Adapun mengenai besaran tarif yang dikenakan kepada Penumpang selama bulan April 2019 akan diberikan sebesar 50%." tulis pengelola akun Instagram @mrtjakarta, Senin, 1 April 2019.

Pembayaran tiket MRT Jakarta ini bisa dilakukan masyarakat dengan membeli Kartu Jelajah MRT Jakarata Single Trip dan kartu Jaklingko.

      View this post on Instagram

Pada 1 April 2019 MRT Jakarta memasuki fase operasi secara komersial (berbayar). Adapun mengenai besaran tarif yang dikenakan kepada Penumpang selama bulan April 2019 akan diberikan sebesar 50%. . Mekanisme pembayaran yang dapat dipilih oleh Masyarakat dalam menggunakan layanan MRT Jakarta yaitu dapat menggunakan Kartu Jelajah MRT Jakarta Single Trip, Kartu Jaklingko dan Kartu Uang Elektronik Bank (E-Money, Brizzi, Tapcash, Flazz, Jakcard). #MRTJakarta #UbahJakarta

A post shared by MRT Jakarta (@mrtjkt) on 

MRT Jakarta juga telah bisa menerima transaksi pembayaran tiket menggunakan kartu elektronik dari sejumlah bank penerbit.

Kartu elektronik yang bisa digunakan itu adalah E-Money, Brizzi, Tapcash, Flazz, dan Jakcard.

3 dari 5 halaman

Daftar Lengkap Tarif MRT

Dream – Pemerintah provinsi dan DKI Jakarta sepakat tarif kereta Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta dengan rata-rata Rp8.500. Kesepakatan itu terjadi setelah Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, melakukan komunikasi dengan Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetio Edi Marsudi.

" Alhamdulillah tadi kita mendiskusikan bersama di ruang Pak Ketua DPRD dan seperti disampaikan bahwa MRT ini moda transportasi yang baru di Indonesia," kata Anies di Jakarta, dikutip dari Liputan6.com, Selasa 26 Maret 2019.

Dia dan Prasetio sepakat tarif MRT per 10 kilometer sebesar Rp10 ribu. Perhitungan tarif didasarkan pada jarak antarstasiun MRT. Penumpang akan dikenakan tarif yang berbeda berdasarkan stasiun kedatangan dan tujuan.

 

 

Dalam tabel yang ditunjukan Anies tarif dari Lebak Bulus-Fatmawati senilai Rp4 ribu, sementara dari Lebak Bulus-Cipete Raya sebesar Rp5 ribu.

" Jadi kalau ditanya berapa tarif MRT, lah Anda mau naik dari mana, tujuannya ke mana dari situ keluar tarifnya," kata dia.

Sementara itu untuk tarif Light Rail Transit (LRT) Jakarta, Prasetio menyatakan tetap dan tidak berubah yakni flat sebesar Rp5 ribu dari Kelapa Gading-Velodrome.

Berikut ini adalah rincian tarif MRT Jakarta:

4 dari 5 halaman

Daftar Tarif MRT Jakarta Sesuai Rute

Lebak Bulus-Fatmawati Rp4 ribu

Lebak Bulus-Cipete Raya Rp5 ribu

Lebak Bulus-Haji Nawi Rp6 ribu

Lebak Bulus-Blok A Rp7 ribu

Lebak Bulus-Blok M Rp8 ribu

Lebak Bulus-Sisingamangaraja Rp9 ribu

Lebak Bulus-Senayan Rp10 ribu

Lebak Bulus-Istora Rp11 ribu

Lebak Bulus-Bendungan Hilir Rp12 ribu

Lebak Bulus-Setiabudi Rp13 ribu

Lebak Bulus-Dukuh Atas Rp14 ribu

Mau cek tarif rute lainnya, cek di link berikut ini 

Lebak Bulus-Bundaran HI Rp14 ribu

Untuk mengetahui tarif rute MRT Jakarta lainnya cek di sini

 

5 dari 5 halaman

Beri Komentar
Rumah Emas Selamat dari Tsunami, Ini Amalan Sang Pemilik