Shutterstock
Dream - Pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung dua tahun lebih membuat perekonomian nyaris lumpuh. Pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang masih mengandalkan sistem penjualan offline menjadi salah satu yang paling terdampak.
Padahal, berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM, UMKM di Indonesia memegang peranan penting terhadap pertumbuhan ekonomi di masa pandemi Covid-19. Sektor ini berkontribusi hingga 61% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) negara.
" Pelaku UMKM kerap menghadapi berbagai tantangan dalam mengembangkan bisnisnya," kata Eka Nilam Dari, Head of Strategic Merchant Acquisition ShopeePay pada konferensi virtual Shopeepay, Senin 25 April 2022.
Karena itulah dukungan dari berbagai pihak dibutuhkan untuk dapat mendorong pertumbuhan UMKM sebagai tulang punggung dan penggerak perekonomian negara. " Terutama di masa pandemi ini," tambah Eka.
Tantangan tentu akan selalu hadir bagi setiap pelaku usaha. Namun, pengimplementasian berbagai strategi yang tepat dapat membantu pelaku usaha dalam menghadapi berbagai tantangan dalam menjalankan bisnisnya.
Tentunya hal ini akan membantu dalam meningkatkan penjualan dan mengembangkan bisnisnya ke tingkat selanjutnya.
“ Setiap pelaku usaha harus mengedepankan sikap ingin belajar dan berkembang, salah satunya lewat buku panduan UMKM dari ShopeePay yang bisa jadi sumber ilmu untuk dijadikan pedoman,” jelas Maulana Hakim, CEO Teguk Indonesia.
Mendukung para UMKM Indonesia, ShopeePay meluncurkan buku panduan UMKM gratis bertajuk “ Bisnis Bangkit Bersama ShopeePay”. Buku panduan ini hadir sebagai dukungan bagi pelaku UMKM di Indonesia, berisikan pedoman yang dapat membantu pelaku UMKM memulai suatu bisnis atau mengembangkan bisnisnya untuk dapat bangkit dari situasi pandemi, salah satunya melalui teknologi.
“ Buku ini untuk membantu meningkatkan kapasitas kewirausahaan UMKM di Indonesia, dalam upaya mengantarkan UMKM untuk dapat naik kelas. Buku panduan ini memberikan ilmu pengetahuan yang mendasar, terstruktur, dan mengikuti perkembangan teknologi bagi pelaku UMKM mana pun yang ingin mengembangkan bisnisnya,” jelas Gilang Ageng, CEO ukmindonesia.id.
Buku panduan ini dapat diunduh secara gratis oleh pelaku usaha mana pun melalui tautan yang terlampir pada akun Instagram @ukmindonesiaid.
Dream - Umat Islam banyak meningkatkan ibadah di bulan Ramadan, tren konsumsi masyarakat juga senantiasa meningkatkan selama Ramadan. Momen ini bisa jadi waktu yang tepat dalam membangun kedekatan dengan konsumen.
" Momen ini bisa jadi daya tarik tersendiri bagi yang tentunya memberi peluang untuk semakin
mempererat hubungan dengan konsumen," jelas Head of Strategic Merchant Acquisition ShopeePay, Eka Nilam Dari saat acara virtual Shopeepay Talk Spesial Ramadan, Sambut Momentum Bisnis Makin Untung, Selasa 19 April 2022.
Agar bisnis terus berkembang, Eka menilai para pelaku usaha sebaiknya menggunakan momen-momen spesial seperti Ramadan untuk mengoptimalkan strategi dan perencanaan.
Berikut sejumlah tips inspiratif yang dapat dilakukan pelaku bisnis dalam memaksimalkan momen spesial.
Sebelum momen Ramadan, usahakan baca peluang dan rencanakan program yang relevan untuk menyambut momen spesial ini. Tak hanya Ramadan, pelaku usaha juga harus bisa memetakan momen spesial sepanjang tahun menjadi kunci utama yang umum dilakukan.
Para pebisnis juga perlu beradaptasi dan terbuka sesuai dengan keadaan di tengah perkembangan tren konsumen yang dinamis.
Renny Rantika, CEO & Co-Founder Ayam Keprabon Express membagikan tipsnya dalam merencanakan program di momen-momen tertentu.
“ Meski menu andalan kami adalah ayam geprek, namun kami selalu berusaha untuk berinovasi agar tetap relevan di mata masyarakat. Untuk itu, walau telah membuat perencanaan sejak awal tahun untuk melihat peluang momen spesial yang bisa dimanfaatkan," jelas Renny Rantika.
Ayam Keprabon Express melakukan pendekatan seperti gimmick di gerai offline, kolaborasi dengan brand lain, hingga menghadirkan kemasan spesial.
" Di Ramadan ini, kami pun melihat kampanye ShopeePay Big Ramadan Deals sebagai peluang bagi kami untuk semakin memeriahkan momen spesial Ramadan bersama konsumen,” tambah Renny.
Di tengah maraknya program promosi yang dilakukan saat perayaan momen spesial, penting bagi bisnis untuk tetap tampil berbeda agar menarik perhatian konsumen.
Salah satu pendekatan yang dapat dilakukan agar tetap stand out adalah dengan mengombinasikan karakteristik serta value yang diusung bisnis dengan segmentasi konsumen yang hendak disasar.
Pendekatan ini bukan hanya memperkuat persona bisnis yang konsisten, namun juga membangun kedekatan emosional serta loyalitas konsumen terhadap bisnis.
“ Contohnya saat perayaan hari jadi Fore Coffee, kami meluncurkan inovasi produk spesial limited edition dan aktivitas engagement yang berkolaborasi bersama figur publik. Respon positif konsumen yang di luar ekspektasi mendorong kami untuk terus memegang teguh value dan karakter yang kami miliki," jelas CEO & Co-Founder Fore Coffee, Vico Lomar pada kesempatan yang sama.
Pendekatan ini juga Fore tuangkan dalam menyambut bulan Ramadan tahun ini melalui peluncuran menu minuman spesial Ramadan dan rangkaian koleksi hampers.
Kolaborasi dapat menjadi salah satu solusi bagi bisnis yang ingin memperluas visibilitas di tengah perayaan momen spesial, terutama bagi pelaku UMKM yang memiliki sumber daya terbatas.
Melalui kerja sama dengan pihak lain yang kredibel, pebisnis dapat menjangkau pasar yang lebih luas dengan upaya yang lebih sederhana.
Entrepreneur & Digital Marketing Strategist, Septian Bramandita menyatakan strategi marketing di momen spesial harus diakui sering membutuhkan upaya lebih besar, baik modal maupun tenaga serta waktu.
" Pelaku bisnis dapat mengeksplorasi peluang kolaborasi bersama pihak lain yang telah memiliki basis pasar, misalnya figur publik yang relevan atau pun brand seperti ShopeePay yang kerap menyelenggarakan kampanye di momen-momen spesial," jelasnya.
Kolaborasi ini dapat membuat bisnis dan UMKM dapat mengakselerasi bisnis dan membangun loyalitas konsumen, serta tetap eksis di berbagai kesempatan.
Sejalan dengan hal ini di momen Ramadan ShopeePay menghadirkan kampanye spesial ShopeePay Big Ramadan Deals yang berlangsung mulai tanggal 1 April hingga 5 Mei mendatang. Pengguna dapat menikmati berbagai penawaran menarik, seperti voucher ShopeePay Rp10, potongan harga untuk penuhi kebutuhan harian selama bulan Ramadan lewat penawaran voucher Minimarket Pasti Diskon. Juga penawaran Bukber Hemat Cashback 90% untuk menambah kehangatan silaturahmi bersama keluarga dan sahabat.