6 Temuan Soal Pegawai Sakit tapi Tetap Masuk Kerja, Kamu yang Mana?

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Minggu, 17 November 2019 15:01
6 Temuan Soal Pegawai Sakit tapi Tetap Masuk Kerja, Kamu yang Mana?
Pernah memaksakan diri masuk kerja padahal badan sedang sakit? Kamu wajib lihat hasil survei ini.

Dream - Pernah memaksakan diri untuk berangkat bekerja padahal sedang diserang sakit? Biasanya tindakan itu dilakukan karena kamu takut dimarahin oleh atasan.

Tahukah kamu jika memaksa masuk kantor padahal sedang sakit hanya akan membuat penderitaan semakin panjang. Sebuah survei menunjukan karyawan merasa stres sepanjang jam kerja saat memaksa masuk kantor.

Dikutip dari studyfinds, Senin 18 November 2019, pana peneliti membuat survei yang diikuti 2 ribu orang Amerika tentang kebiasaan mereka masuk kerja padahal sedang sakit. Survei ini dilakukan produsen obat flu, Robitussin, dengan lembaga survei OnePoll.

Hasilnya, sebanyak 78 persen responden mengaku tertekan sepanjang hari saat bekerja di saat sakit. Para karyawan ini memilih mengesampingkan penilaian yang akan mereka terima dan bolos kerja.

Kabar baiknya, survei ini menemukan 41 persen responden bersedia mengambilalih pekerjaan temannya yang sakit daripada meminta mereka masuk kerja.

Jajak pendapat ini juga menunjukkan bahwa 82 persen responden kesal saat ada orang yang bekerja karena batuk, 48 persen menganjurkan yang batuk untuk pindah, dan 44 persen lainnya meminta yang bersangkutan untuk pindah ruangan.

Menariknya, ada 52 persen karyawan yang sakit merasa tersinggung jika harus batuk di tempat yang sunyi.

1 dari 4 halaman

Alasan Pegawai Sakit Maksa Masuk Kerja

Para ahli kesehatan mental memang menyarankan pegawai yang sakit untuk beristirahat di rumah. Tapi, mereka malah memilih masuk kerja.

Karyawan yang sedang tidak enak badan umumnya mencemaskan pekerjaan di kantor dan tagihannya.

Orang-orang yang disurvei ini, lanjut jajak pendapat Robitussin, memilih mengorbankan waktu libur selama setahun untuk tetap sehat. Ada 36 persen responden yang berhenti menggunakan media sosial.

Sebagian karyawan memotong makanan favorit dari daftar diet, menonton acara televisi favorit, dan beristirahat di akhir pekan.

2 dari 4 halaman

5 Kebiasaan Sepele di Kantor Bisa Buat Kamu Jatuh Sakit

Dream – Tugas kantor yang menumpuk bisa membuat tubuh menjadi lebih lelah dan rentan terkena penyakit. Semakin buruk kebiasaan kamu di tempat kerja yang tanpa disadari membuat kamu mudah jatuh sakit.

Dikutip dari Karir.com, Kamis 6 Desember 2018, ada enam perilaku para pekerja yang sering dilakukan dan bisa membuatmu sakit. Yang mengejutkan, kebiasannya ini banyak dilakukan para pekerja. 

Nah daripada kamu jadi korban baru, yuk cari tahu apa saja kebiasaan sepele itu:

 

 

Pertama, duduk membungkuk.

Apa yang kamu lakukan ketika berada di kantor? Sebagian dari karyawan pasti banyak menghabiskan waktu duduk di kursi sambiil mengerjakan tugas yang menumpuk.

Ternyata kebiasaan yang kita anggap normal ini bisa menjadi penyebab kamu jatuh sakit. Kebanyakan duduk dengan membungkuk ternyata sangat berbahaya. Posisi duduk ini bisa membuat gangguan kesehatan dan masalah pada tulang belakang.

Kedua, terlalu sering minum kopi.

Kebiasaan minum kopi di kantor bisa membuatmu sakit. Alih-alih mengusir kantuk atau membakar semangat, kopi bisa meningkatkan asam lambung, insomnia, gelisah, hingga jantung berdebar cepat.

3 dari 4 halaman

Masuk Kerja saat Sakit

Yang ketiga, masuk kerja saat sakit. Berharap ingin menyelesaikan pekerjaan lalu, kamu biasanya akan memaksa masuk kerja karena sakit yang diidap dianggap ringan.

Padahal keputusan itu malah membuat kondisi kesehatan semakin memburuk.

Sebaiknya, kamu izin untuk tidak masuk kerja ketika sudah merasa tidak enak badan. Jika dipaksakan tetap masuk, penyakitmu akan sembuh dalam waktu yang lama dan pekerjaan menjadi terganggu.

Jika terpaksa harus bekerja karena pekerjaan banyak, kamu bisa mencicil dengan membawa beberapa pekerjaan ke rumah untuk diselesaikan.

4 dari 4 halaman

Dua Kebiasaan yang Sering Disepelekan

Keempat, menatap layar komputer.

 Komputer Supersensi Ini Bisa Marah Jika Pelanggan Kesal

Kamu pasti tahu bahaya ini. Menatap layar komputer dalam waktu lama akan membahayakan tubuh. Gangguan kesehatan yang baisa dialami adalah gangguan kesehatan pada mata.

Komputer dalam keadaan menyala akan memancarkan radiasi yang akan membuat mata cepat lelah, mata merah, perih, dan berair. Bahkan, radiasi akan mengakibatkan gangguan serius untuk mata, seperti mata minus.

Kelima, terpapar AC.

Bekerja di dalam ruangan ber-AC tentunya lebih nyaman dan membuat nyaman bekerja. Tapi, sering berada di ruangan AC bisa berdampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Paparan AC akan membuat kulitmu menjadi kusam, kering, dan mata kering. Dinginnya AC bisa membuatmu merasa cepat lelah dan sakit kepala sehingga menurunkan sistem kekebalan tubuh.

Beri Komentar
Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone