Tak Mau Pakai Masker, Kamu Bisa Masuk Daftar Hitam dan Dilarang Terbang

Reporter : Reni Novita Sari
Senin, 31 Agustus 2020 14:13
Tak Mau Pakai Masker, Kamu Bisa Masuk Daftar Hitam dan Dilarang Terbang
Maskapai ini tidak main-main dalam menerapkan protokol kesehatan

Dream- Maskapai India tidak main-main dalam menerapkan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19. Salah satu protokol kesehatan yang diberlakukan ketat oleh pihak maskapai adalah penumpang wajib mengenakan masker setiap saat selama penerbangan dan hanya boleh dilepas saat makan atau minum.

Dilansir India Times, protokol ini bukan bersifat anjuran, melainkan aturan. Sehingga, bila ada penumpang yang menolak untuk mematuhi aturan itu, tidak bisa terbang.

Aturan itu telah diterapkan sejak 25 Mei lalu. Sejak saat itu, setiap penumpang yang menolak untuk memakai masker dalam penerbangan akan dimasukkan dalam daftar hitam, sehingga mereka dilarang terbang oleh maskapai.

“ Setiap penumpang yang menolak untuk memakai masker wajah dalam penerbangan dapat dimasukkan dalam daftar larangan terbang oleh maskapai,” kata seorang pejabat senior regulator penerbangan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara India.

1 dari 4 halaman

Mengizinkan Kembali Penyediaan Makanan

Sementara itu, sejak virus corona melanda dunia, pihak maskapai menghentikan layanan makanan dalam penerbangan mereka. Hal ini mereka lakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Namun sejak bulan Mei lalu, pemerintah India kembali mengizinkan maskapai penerbangan untuk menyajikan makanan ringan dan makanan kemasan pada penerbangan domestik, sementara makanan berat pada penerbangan internasional. Perintah ini secara resmi diturunkan oleh pemerintah India dan harus diikuti oleh seluruh maskapai penerbangan.

" Maskapai dapat menyajikan makanan ringan, makanan, minuman dalam kemasan pada penerbangan domestik tergantung pada durasi penerbangan," ujar pejabat Kementerian Penerbangan Sipil India.

“ Maskapai penerbangan juga dapat menyajikan makanan panas dan minuman pada penerbangan internasional sesuai dengan yang biasa di lakukan," tambahnya.

Maskapai Penerbangan India© Foto : newskarnataka.com

2 dari 4 halaman

Alat Makan Sekali Pakai

Untuk mengantisipasi penularan Covid-19 melalui alat makan, pemerintah India menghimbau pihak maskapai untuk menggunakan piring dan peralatan makan sekali pakai saat menyajikan makanan atau minuman dalam penerbangan domestik dan internasional.

Tak sampai di situ, pemerintah juga mewajibkan setiap kru pesawat untuk memperhatikan protokol kesehatan lainnya, seperti memakai sarung tangan di setiap layanan mereka.

" Kru harus mengenakan sarung tangan baru untuk setiap layanan makanan atau minuman," katanya.

3 dari 4 halaman

Layanan Hiburan

Selain itu, pemerintah juga mengizinkan maskapai untuk menyediakan layanan hiburan seperti earphone sekali pakai yang dapat digunakan setiap penumpang pesawat. Namun earphone tersebut harus didesinfektan terlebih dahulu sebelum diberikan kepada penumpang.

" Earphone sekali pakai atau headphone yang dibersihkan dan didesinfeksi akan diberikan kepada penumpang di awal perjalanan," katanya.

Maskapai Penerbangan India© Foto : India Times

4 dari 4 halaman

Bila Tidak Taat Masuk Daftar Hitam

Bagi siapa saja penumpang yang tidak mentaati aturan yang telah dibuat oleh pemerintah dan maskapai penerbangan, maka mereka harus bersiap-siap masuk ke dalam daftar hitam, dimana orang-orang yang telah masuk dalam daftar tersebut tidak akan diizinkan terbang.

Hingga saat ini pemerintah India masih menangguhkan penerbangan Internasional sejak 23 Maret lalu karena adanya pandemi virus corona. Namun, penerbangan internasional khusus telah beroperasi di bawah 'Misi Vande Bharat' dan sesuai hasil perjanjian bilateral yang telah ditandatangani dengan berbagai negara.

Sumber : India Times

Beri Komentar