Jawab Penolakan Serikat Pekerja BUMN, Ahok: Saya Lulusan S3 Mako Brimob

Reporter : Maulana Kautsar
Senin, 25 November 2019 11:17
Jawab Penolakan Serikat Pekerja BUMN, Ahok: Saya Lulusan S3 Mako Brimob
Dia berjanji akan mengikuti peraturan di BUMN.

Dream - Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok resmi menjadi Komisaris Utama (Komut) PT Pertamina (Persero). Penunjukan Ahok mendapat penolakan Federasi Serikat Pekerja BUMN Bersatu.

Ahok menanggapi penoalakan itu sembari bercanda. " (Mereka) kan belum kenal saya. Saya lulusan S3 Mako Brimob," kata Ahok, Senin, 25 November 2019.

Ahok berharap masyarakat bisa mendukungnya secara penuh saat bertugas. Kondisi itu semata-mata agar kinerja Pertamina membaik.

" Saya minta yang pertama dukungan doa, yang kedua dukungan informasi dari masyarakat. Fungsinya (komisaris utama) kan pengawasan," ujar dia.

Dia juga akan mengikuti segala peraturan di BUMN yang dipimpinnya kelak.

" Tujuan saya bantu Bu Nicke (Direktur Utama Pertamina) dan teman-temannya agar berhasil jadi Dirut Pertamina dalam sejarah kita," ucap dia.

Seperti diketahui penunjukan Ahok sebagai komisaris utama di Pertamina mendapat penolakan karena kasus dugaan penodaan agama.

Dalam kasus tersebut, Ahok ditahan sejak 9 Mei 2017 hingga akhirnya bebas pada 24 Januari 2019.

(Sumber: Liputan6.com/ Athika Rahma)

1 dari 5 halaman

Sah, Ahok Bakal Jabat Komisaris Utama Pertamina

Dream - Teka-teki jabatan yang akan dipegang Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok di perusahaan milik negara terjawab. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memastikan Ahok akan menduduki posisi Komisaris Utama (Komut) PT Pertamina (Persero).

Ahok akan dibantu oleh Budi Gunadi Sadikin yang saat ini menjabat wakil menteri BUMN sebagai wakil Komut.

" Insyaallah sudah putus dari beliau, Pak Basuki akan jadi Komisaris Utama Pertamina. Akan didampingi Pak Wamen Budi Sadikin jadi wakil komisaris utama," kata Erick di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, mengutip laman Liputan6.com, Jumat, 22 November 2019.

Selain di pos dewan komisaris, Kementerian BUMN juga akan mengangkat Emma Sri Martini sebagai direktur keuangan Pertamina menggantikan Pahala N Mansury. Emma sebelumnya menjabat sebagai Dirut PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel).

Pahala Mansury sendiri akan bertugas di tempat baru sebagai Dirut PT Bank Tabungan Negara Tbk. Bank pelat merah ini juga akan memiliki Komut baru yang dijabat mantan pimpinan KPK, Chandra Hamzah.

" Karena memang kan yang sebelumnya pak Pahala kan ada tugas baru juga sebagai Dirur BTN dan Komut Pak Chandra Hamzah," jelas Erick soal jabatan Ahok dkk.

(Sumber: Liputan6.com)

2 dari 5 halaman

Viral Foto Ahok Berseragam SPBU Pertamina, 'Mulai dari Nol...'

Dream - Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menjadi sorotan publik belakangan ini. Pria yang akrab dipanggil Ahok ini santer dikabarkan akan menduduki posisi penting di PT Pertamina (Persero).

Alhasil, isu ini menuai pro kontra dari masyarakat, termasuk dari karyawan Pertamina.

Berkaitan dengan isu ini, di media sosial, beredar foto Ahok yang memakai seragam Pertamina. Foto ini diunggah ahli rekayasa foto parodi Agan Harapa di akun instagramnya @aganharahap

“ Mendapat foto ini dari salah satu grup whatsapp dengan kalimat: Sumber A1: Beliau tadi siang baru fitting seragam. INFO VALID! Jangan berhenti di kamu! Jadikan jari anda sebagai ladang amal. #indahnyaberbagi,” tulis @aganharahap sambil kelakar, dikutip Rabu 20 November 2019.

Foto itu hampir dipastikan editan. Apalagi kalau Agan Harahap yang mengunggah. Agan memang dikenal sebagai editor foto handal dan membuat beberapa editan foto tentang tokoh-tokoh publik.

 

 Foto Ahok memakai seragam SPBU Pertamina.Foto Ahok memakai seragam SPBU Pertamina. © Akun Instagram @aganharahap.

3 dari 5 halaman

Reaksi Netizen Tanggapi Ahok

Foto ini menjadi memancing reaksi warganet. Ada yang turut berkelakar Ahok akan mengucapkan kata-kata sapaan para petugas SPBU.

“ Viral!!! Seorang mantan gubernur yang kini memenuhi kebutuhan hidupnya sebagai operator SPBU,” tulis @oki.man_,

“ Aku nggak sabar nunggu dia menjabat,” tulis @ioniehandayani.

“ Yak siap-siap yang di Pertamina,” tulis @chaesarsn. 

“ Mulai dari 0 yaaaa hehehe,” tulis @ulie.

“ Mulai dari Nol yak pak, tolong mesinnya dimatikan,” kata rezhaaa__.

4 dari 5 halaman

Isu Ahok Masuk Pertamin Sudah Lama Santer

Dream - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan, membocorkan informasi tentang Basuki Tjahaja Purnama di BUMN nantinya. Dia memberikan sinyal bahwa Ahok akan menjabat di perusahaan pelat merah sektor energi.

Dikutip dari Merdeka.com, Rabu 13 November 2019, semula Luhut menanggapi positif pertemuan mantan gubernur DKI Jakarta itu dengan Menteri BUMN, Erick Thohir. 

“ Kan bagus dia masuk BUMN,” kata dia di Jakarta.

Namun, dia enggan berkomentar lebih lanjut tentang posisi yang akan diisi oleh Ahok. Awak media sempat menyebut nama Pertamina dan PLN Ahok ditempatkan. 

" Bukan," kata dia.

Saat ditanya tentang kemungkinan Ahok di BUMN energi, Luhut tak sepenuhnya membantah.

" Kira-kira begitu. Kalau saya tahu, masa saya beri tahu kamu," kata dia.

5 dari 5 halaman

Ahok Ngaku Ditawari Erick Thohir Jadi Bos BUMN

Dream - Mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, mengaku mendapat tawaran menjabat di salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUHM). Tawaran itu disampaikan oleh Menteri BUMN, Erick Thohir.

" (Tadi) bicara soal BUMN dan saya mau dilibatkan di salah satu BUMN, itu aja," kata Ahok usai bertemu Erick Thohir di kantor Kementerian BUMN, Rabu 13 November 2019.

Dia belum tahu akan ditempatkan di mana, begitu pula dengan penempatan BUMN-nya. Ahok meminta media langsung bertanya kepada Erick.

Ahok juga belum tahu kapan akan bergabung secara resmi dengan BUMN. Dia memperkirakan akan bergabung pada Desember 2019. Saat ditanya kesediaan, pria ini siap membantu demi negara.

" Saya kalau buat negara, ya, saya mau. Apa aja untuk bantu negara saya mau," kata dia.

Sekadar informasi, Ahok keluar dari gedung pukul 10.50 WIB. Pertemuan yang berlangsung selama kurang lebih 1,5 jam tersebut membahas tawaran posisi di perusahaan BUMN.

Sumber: Liputan6.com/Athika Rahma

Beri Komentar
Babak Baru Daus Mini Vs Daus Mini ‘KW'