Bisnis Fashion Perlu Ciri Khas Dari Pembuatnya
Dream - Ciri khas atau karakter ternyata tak hanya milik manusia saja. Produk usaha pun harus memiliki ciri khas. Ini dinilai penting untuk mewakili suatu usaha atau orang di balik produk tersebut.
" Dunia fashion tidak memiliki acuan benar atau salah, dunia fashion hanya harus memiliki ciri khas dan ciri khas tersebut diperoleh dari pelaku-pelaku usaha," kata Fashion Business Consultant Su'ud Alwi saat ditemui Jumat, 17 Desember 2016.
Su'ud Alwi menjelaskan, ciri khas dapat menjadi salah satu faktor terpenting agar bisnis yang dijalani dapat berumur panjang.
Fashion Designer and Director of Kami Idea, Istafiana Candarini menyebut, ciri khas pada produk harus disertai pertimbangan dan komitmen yang matang.
" Aku rasa ciri khas memang penting. Sebelum aku memutuskan untuk memilih motif flower sebagai ciri khas produkku, aku juga harus memiliki komitmen untuk memegang ciri khas tersebut," ujarnya.
Tetapi, untuk menghindari sifat jenuh yang dimiliki perlu penanganan khusus. Sebab, dalam kultur masyarakat Indonesia, beberapa orang kerap gampang meninggalkan suatu hal karena ada hal yang baru juga
Menanggapi kondisi tersebut, Su'ud Alwi menyarankan agar para pelaku usaha tidak mudah goyah dan pantang menyerah. Dia meminta para pengusaha untuk terus berinovasi tanpa meninggalkan ciri khas yang sudah ada.
(Laporan: Nanda Febriani)
Advertisement
Jadi Pahlawan Lingkungan Bersama Trash Hero Indonesia
10 Brand Kosmetik Paling Ramah Muslim di Dunia, Wardah Nomor Satu
KAJI, Komunitas Bagi Para Alumni Mahasiswa Indonesia di Jepang
4 Komunitas Seru di Depok, Membaca Hingga Pelestarian Budaya Lokal
Universitas Udayana Buka Suara Terkait Dugaan Perundungan Timothy Anugerah