5 Pengeluaran Wajib Diutamakan Saat THR Baru Cair

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Minggu, 26 Mei 2019 07:01
5 Pengeluaran Wajib Diutamakan Saat THR Baru Cair
Ada lima cara yang bisa kamu terapkan ketika merencanakan pengaturan THR.

Dream – Bulan Ramadan merupakan bulan yang penuh berkah untuk mayoritas masyarakat Indonesia. Pada bulan ini, selain bulan yang penuh berkah dan ampunan, ada salah satu momen yang dinanti masyarakat, terutama bagi para pekerja.

Masyarakat khususnya para pekerja selalu menantikan Tunjangan Hari Raya (THR) saat Ramadan mulai memasuki hari-hari terakhirnya.

Dikutip dari keterangan tertulis, Sabtu 25 Mei 2019, THR merupakan penghasilan tahunan yang tidak rutin sehingga sangat menyenangkan mendapatkan tambahan ekstra dari pendapatan rutin kita.

Akan tetapi, apakah kita sudah mengelola dengan bijak? Apakah tagihan dan utang menumpuk setelah libur Lebaran usai? Apalagi, Idul Fitri tahun ini berdekatan dengan masa libur kenaikan dan masa pendaftaran sekolah.

Kepala Program Studi Manajemen Unika Atma Jaya, Christiana Fara Dharmastuti, mengatakan pengelolaan keuangan THR menjadi sangat penting.

“ Perencanaan dalam anggaran kas, skala prioritas dan membagi pengeluaran dalam persentase tertentu menjadi faktor penting dalam kesuksesan pengelolaan THR,” kata Fara di Jakarta.

Dia mengatakan langkah pertama yang harus dilakukan adalah memperkirakan jumlah THR yang akan diterima. Barulah bisa membuat anggaran pengeluaran untuk Hari Raya.

Walaupun keberadaan THR ditujukan untuk keperluan hari raya, ada satu hal yang perlu diingat. Kamu harus menyisihkan minimal 10 persen dari penerimaan untuk menambah tabungan atau dapat dikelompokkan sesuai skala prioritas.

2 dari 3 halaman
asset dream.co.id
Beri Komentar
Kecelakaan Beruntun Tol Cipali, 12 Tewas 40 Terluka