Ssstt...TikTok Beber Trik Berjualan Live Streaming yang Bikin Laris

Reporter : Cynthia Amanda Male
Kamis, 26 Januari 2023 19:47
Ssstt...TikTok Beber Trik Berjualan Live Streaming yang Bikin Laris
Jangan sampai kesempatan mendapat cuan dari live streaming menjadi terbuang percuma.

Dream - Dunia digital semakin memudahkan pebisnis hijab online dalam memasarkan produknya. Selain membuka toko, memiliki akun media sosial atau platform e-Commerce, kini pebisnis online bisa berjualan lewat fitur live streaming yang makin bertebaran.

Layanan baru yang sedang digemari belakangan ini terbukti mendorong penjualannya melejit dalam beberapa jam. Tentunya aktivitas live streaming tak bisa dilakukan sembarangan, Perlu strategi tepat untuk membuat netizen menonton dan akhirnya membeli produk yang dijajakan.

Siaran yang membosankan hanya akan membuat penonton yang sempat singgah hanya menonton siaran langsung hanya sementara. Tujuan kamu agar penonton bisa menyaksikan semua produk yang ditawarkan desainer atau penjual tidak bisa tercapai.

Jika ingin memperbanyak serta mempertahankan jumlah penonton maupun pembeli saat melakukan siaran langsung, berikut tips dari Fashion Category Lead TikTok Indonesia, Desey Muharlina.

1 dari 5 halaman

1. Membuat Konten yang Berkaitan dengan Siaran Langsung

Jakarta Modest Summit© Cynthia Amanda Male

Foto: Cynthia Amanda Male

Sebelum melangsungkan siaran langsung, buatlah konten yang berkaitan dengan live streaming untuk mengundang lebih banyak penonton dari pengikut akunmu.

" Biasanya, nanti traffic-nya akan diisi dengan penonton yang berkualitas, penonton yang benar-benar tertarik nonton live streaming-nya," tuturnya dalam acara Jakarta Modest Summit di Grand Hyatt, Jakarta Pusat, Kamis 26 Januari 2023.

2. Memperbanyak Pengikut

Perbanyak jumlah pengikut akunmu agar penonton siaran langsung yang berkualitas pun lebih banyak. " Followers itu tingkat durasi stay-nya lebih tinggi. Jadi, mereka cenderung akan stay lebih lama" .

2 dari 5 halaman

3. Jangan Live Streaming Sendirian

Melakukan Siaran Langsung© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Desey tidak menyarankan melakukan siaran langsung sendiri. Apalagi, jika persiapan siaran langsung juga dilakukan sendiri.

Hal tersebut tidak ideal untuk mempertahankan jumlah penonton. Ia menyarankan untuk melakukan siaran langsung dengan tim untuk bisa berkoordinasi saat jumlah penonton berkurang tiba-tiba.

3 dari 5 halaman

4. Mengenali Produk yang Dijual

Tentunya, pembawa acara atau host yang melakukan siaran langsung harus paham betul seputar produknya.

Pembawa acara yang memiliki lebih banyak pengetahuan seputar produk akan membuat penonton mudah tertarik dan betah menonton siaran langsung.

5. Membagi Tiga Jenis Produk

Sebelum siaran langsung, bagilah produk menjadi tiga bagian, yaitu best seller, basic, serta new arrival. Ketiga produk tersebut bisa menentukan minat penonton terhadap siaran langsung.

Pasalnya, orang akan lebih tertarik melihat produk yang paling banyak terjual. Setelah itu, produk yang baru diluncurkan juga bisa ditawarkan untuk menarik jumlah penonton. Lalu ketika jumlah penonton stabil, penjual bisa menawarkan produk lainnya.

4 dari 5 halaman

6. Memberikan Gimmick dan Membangun Engagement

Jangan lupa berikan gimmick dan bangun engagement dengan penonton. Terutama, saat jumlah penonton berkurang.

Kamu bisa melakukannya dengan membaca komentar penonton atau meminta mereka untuk memberikan stiker, emoticon, maupun mengikuti akun tokomu.

" Pas traffic lagi tinggi-tingginya, coba masukin best seller supaya traffic-nya nggak drop. Engagement-nya juga dibangun. Bisa kasih harga spesial kalau follow account atau lainnya. Kalau traffic-nya stay, masukin core product yang basic. Drop lagi, kasih gimmick, dan begitu terus," kata Desey.

5 dari 5 halaman

Selain keenam hal tersebut, tentunya kamu juga harus memperhatikan kualitas gambar, penampilan dan pembawaan host, serta harga produk yang ditawarkan.

Jika harga bersaing, kualitas gambar jernih, latar belakang siaran langsung dan kepribadian host menarik, mungkin siaran langsung akan lebih banyak ditonton. Produk pun akan lebih banyak dibeli.

Kamu juga bisa memperpanjang durasi jika sudah sering melakukan siaran langsung. Tapi jika baru melakukannya pertama kali, Desey menyarankan siaran langsung dalam 2 jam.

Beri Komentar