Tips Belanja Online Saat Promo Lebaran

Reporter : Dwi Ratih
Rabu, 15 Juli 2015 16:00
Tips Belanja Online Saat Promo Lebaran
Jelang Hari Raya Idul Fitri, sejumlah portal belanja online mulai menawarkan sejumlah diskon yang tak kalah menarik. Cek beberapa tips berikut agar transaksi online anda terjamin dan aman.

Dream - Bersamaan dengan penawaran promo diskon di sejumlah mal, pemilik bisnis toko online pun tidak mau kehilangan momen yang sama. Jelang Hari Raya Idul Fitri, sejumlah portal belanja online mulai menawarkan sejumlah diskon yang tak kalah menarik.

Jika anda berencana untuk belanja online menjelang atau selama Lebaran, cek beberapa tips berikut agar transaksi online anda terjamin dan aman.

1. Lindungi privasi anda
Usahakan untuk tidak memperlihatkan informasi pribadi kecuali anda mengetahui dengan baik siapa pihak yang mengumpulkannya dan bagaimana data tersebut akan digunakan. Beberapa situs diketahui menjual informasi pelanggan kepada pihak ketiga, untuk itu periksalah secara teliti dan jangan berbagi informasi anda jika tidak ingin orang lain menggunakannya.

2. Berhati-hati terhadap penipuan
Baiknya lakukan pengecekan dengan seksama terhadap toko atau ritel tempat anda akan melakukan transaksi online. Terlebih jika anda belum mengetahui toko tersebut sebelumnya. Perbanyak informasi atau lihat komentar dan testimoni pembeli lainnya.

3. Gunakan browser yang aman
Biasanya browser menggunakan kata sandi untuk setiap informasi pembelian yang anda lakukan melalui internet. Hal ini menjamin keamanan transaksi yang anda lakukan. Mayoritas browser telah menerapkan hal tersebut sebagai fitur standar keamanan untuk penggunanya.

4. Gunakan kartu kredit atau debit
Saat melakukan transaksi online, ada kemungkinan terjadinya transaksi tidak resmi yang akan dibatasi secara otomatis. Ketika mengetahui adanya kejanggalan pada transaksi belanja online, jangan takut untuk melaporkan ke pihak bank. Nantinya bank akan mengembalikan transaksi tidak resmi tersebut.

5. Simpan catatan transaksi dan bukti pembayaran online
Periksa kembali rincian pembayaran sebelum melakukan pembayaran akhir. Periksa kembali kebijakan pengembalian barang dan cakupan perlindungan data pribadi anda. Cetak bukti transaksi, simpan salinan email dan pastikan jumlah pembelian dan pembayaran telah sesuai dengan tagihan anda di akhir bulan.

Beri Komentar