Ini Alasan Mengapa Bisa Pusing Ketika Membaca Buku di Mobil

Reporter : Maulana Kautsar
Rabu, 22 Juli 2015 12:10
Ini Alasan Mengapa Bisa Pusing Ketika Membaca Buku di Mobil
Ilmuwan menjelaskan efek pusing itu karena sensor mata dan sensor di telinga mengalami efek "perselisihan"

Dream - Bagi Anda yang sedang pulang dari kampung halaman, mengisi waktu luang selama di kendaraan sangat diperlukan. Beberapa orang memilih mendengarkan lagu, namun yang lain memilih membaca buku.

Tapi, pernahkan Anda merasakan pusing ketika membaca buku saat di dalam mobil? Mengapa membaca di dalam mobil bisa mengakibatkan pusing?

Ilmuwan yang meneliti mengenai hal ini menamai teorinya sebagai Motion Sickness Mistery. Misteri ini timbul karena adanya jarak yang ditimbulkan antara input visual mata dengan sensitivitas telinga akibat gerak atau percepatan. Atau dengan kata lain, mata akan mengalami goncangan sehingga fokus menjadi melemah.

Ini juga berlaku ketika menaiki pesawat. Saat berada di dalam pesawat, syaraf pengindera di telinga akan memberitahu jika kita sedang bergerak.

Lantas bagaimana cara mengatasinya efek pusing saat membaca di dalam mobil itu? Dilansir The Huffington Post, sampai sekarang belum ditemukan obat untuk mengatasi efek membaca di dalam mobil ini. Tetapi, beberapa ilmuwan mempunyai solusi pencegahan.

Beberapa ilmuwan menyarankan menggunakan aromaterapi atau mendengarkan musik saat membaca ketika di dalam kendaraan. Menurut peneliti hal itu dapat membantu mengalihkan perhatian Anda dari sensasi gerak.

Selain itu, Anda dapat mengurangi rangsangan sensasi gerak dengan cara bergeser di kursi dan duduk dengan punggung ke menutupi jendela. Ini bertujuan untuk menghalangi pandangan luar Anda.

Tetapi, teori mengenai gerak yang mengakibatkan pusing itu masih menjadi perdebatan di kalangan ilmuwan. Mereka masih mempertanyakan efek sensorik yang dapat menyebabkan mabuk.

Sumber: The Huffington Post

Beri Komentar