Sumber: Shutterstock
Dream - Pembatasan aktivitas bersama dengan banyak orang terjadi besar-besaran yang berakibat menyempitnya lapangan pekerjaan dan menurunnya angka penjualan. Pelaku usaha mikro kecil dan menengah atau UMKM offline banyak terkena imbasnya.
Beberapa di antaranya bahkan terpaksa menurunkan produksi atau mengurangi jumlah karyawan. Keadaan ini seharusnya menjadi momentum bagi para pelaku UMKM untuk beradaptasi dengan teknologi.
Sahabat Dream yang ingin memulai berjualan online, dapat menyimak beberapa tips memaksimalkan penjualan UMKM secara online berikut.
1. Manfaatkan Fitur Promo
Beragam marketplace menghadirkan beberapa fitur promo seperti gratis ongkir, voucher potongan harga hingga cashback. Hal ini dapat dimanfaatkan para UMKM untuk mempromosikan produk mereka.
“ Jika ada promo voucher di Tokopedia biasanya hal ini dimanfaatkan para penjual untuk ikutan promosi. Jadi promo juga berlaku di toko mereka” jelas Ekhel Chandra Wijaya, External Communication Tokopediq, pada konferensi virtual bertajuk Nyok Kite Lestarikan Budaya Betawi lewat Karya UMKM Lokal, 22 Juni 2021.
2. Ikuti Program dan Kampanye
Pada momentum tertentu, marketplace mengadakan kampanye untuk para penggunanya. Beragam penawaran akan diberikan marketplace untuk mempromosikan barang-barang para penjualnya.
“ Kita ada Waktu Indonesia Belanja dan tidak hanya itu ada beberapa momentum yang bisa dimanfaatkan para penjual” tambah Ekhel
Inovasi yang dilakukan harus mengikuti perkembangan zaman dan kebutuhan konsumen.
“ Salah satu inovasi yang bisa dilakukan sesuai momentum seperti saat perayaan ulang tahun Jakarta, bisa membuat hal-hal yang berhubungan dengan ikon Jakarta” tambah Ekhel.
Seperti yang dilakukan 2 UMKM dengan menghasilkan beragam produk kebudayaan Betawi yaitu Thekla Odelia dengan Caramie dan Ukrumah Suda dengan kerajinan tangan khas Indonesia di balik produk CariSouvenir.
Advertisement
Momen Haru Sopir Ojol Nangis dapat Orderan dari Singapura untuk Dibagikan
Siswa Belajar Online karena Demo, Saat Diminta Live Location Ada yang Sudah di Semeru
Cetak Sejarah Baru! 'Dynamite' BTS Jadi Lagu Asia Pertama Tembus 2 Miliar di Spotify dan YouTube
Komunitas Warga Indonesia di Amerika Tunjukkan Kepedulian Lewat `Amerika Bergerak`