4 Tips Seimbangkan Pekerjaan dan Mengurus Anak Kala WFH, Pernah Coba?

Reporter : Ferdike Yunuri Nadya
Kamis, 8 Juli 2021 08:12
4 Tips Seimbangkan Pekerjaan dan Mengurus Anak Kala WFH, Pernah Coba?
Jangan sampai stress, ada beberapa tips yang bisa Sahabat Dream lakukan nih

Dream - Sejak pandemi COvid-19, para ibu bekerja semakin banyak menghabiskan lebih banyak waktu di rumah karena fleksibilitas kerja yang banyak diterapkan perusahaan. Meski awalyya terasa menyenangkan, terkadang banyak kondisi yang membuat para ibu menjalankan dua tugas sekaligus.

Bekerja dari rumah (Work from Home/WFH) bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan bagi para ibu yang bekerja, terutama yang memiliki anak balita. Membagi waktu antara keluarga, pekerjaan rumah dan tugas kantor selama WFH menjadi tantangan.

Beruntung jika seorang ibu bekerja bisa menyeimbangkan ketiga tugas itu secara seimbang. Mereka yang gagal, umumnya akan langsung menjadi stress karena tidak dapat mengelola energi dan waktu.

Sahabat Dream pasti sudah membaca atau mendengar tips menyeimbangkan waktu saat WFH? Untuk menambah referensi, berikut beberapa tips yang mungkin belum Sahabat Dream terapkan untuk membuat pekerjaan dan mengurus anak ketika pandemi bisa seimbang.

1. Hindari Multitasking

Wyeth© Ferdike/ Dream

Banyak tantangan yang dialami orang tua dalam mendukung si kecil dari tantangan mengelola energi, mengelola waktu, hingga multitasking.

" Multitasking dapat membuat kelelahan bahkan ada jurnal yang menyatakan bahwa multitasking ini dapat menurunkan IQ kita. Jadi sediakan waktu beberapa menit untuk fokus bermain dengan anak" jelas Pritta Tyas Mangestuti, M.Psi, Psikolog Klinis pada acara Cara Pintar Mam Talk and Play, 7 Juli 2021.

Selalu bagi waktu dengan bijak dan tinggalkan pekerjaan beberapa menit untuk bermain dengan anak. Saat bermain, jangan nyalakan gawai ataupun laptop agar perhatian penuh ke anak.

1 dari 3 halaman

2. Cari Tahu Hobi Anak

Parenting© Shutterstock

Jika anak tertarik pada suatu hal beri kesempatan pada anak melakukan aktivitas tersebut. Awalnya orangtua bisa mendampingi anak, namun usahakan agar anak tetap merasa mandiri dalam melakukan aktivitasnya.

Ketika merasa didikte orangtua, perilaku anak tidaklah mengacu pada kecerdasannya, tetapi lebih karena mengikuti perintah orangtua.

“ Sebagai orang tua kita harus amati kesukaannya agar kita bisa siapkan media yang beragam untuk mengasah bakatnya” tambah Pritta.

2 dari 3 halaman

3. Berikan Pengertian

Ajak anak Bunda berbicara. Tidak perlu memberi penjelasan yang terlalu spesifik. Bunda hanya perlu membuat mereka mengerti mengapa semua orang harus menjalani kegiatan di rumah.

Serta jelaskan bahwa bunda memiliki tanggung jawab pekerjaan yang harus dikerjakan tanpa gangguan untuk sementara waktu.

Wyeth© Ferdike/ Dream

“ Jelaskan pada anak jika setelah mengurus dan memandikan pada pagi hari, mama harus masuk ke ruangan kerja untuk kembali bekerja.” tambah Pritta.

Hal ini dapat memberikan pengertian pada anak. Dan anak akan sadar bahwa ibu sedang bekerja dan sedang tidak bisa bermain.

3 dari 3 halaman

4. Bekerjasama dengan Pasangan

Parenting© Shutterstock

Meminta bantuan dan bekerjasama dengan pasangan menjadi hal yang sah kok. Bagilah waktu bermain dan mengurus rutinitas anak misalnya ibu yang mengurus rutinitas pagi anak, dan ayah mengurus rutinitas siang dan sore anak.

Tetapkan batasan terkait jam kerja, pastikan Ibu tidak menghabiskan waktu di rumah selalu bekerja tanpa ada batasan. Ikuti jam kerja, kemudian hindari bekerja di luar jam itu.

Walaupun saat ini para orang tua berada dalam situasi yang cukup menantang, namun para orang tua harus dapat mendampingi dan mencukupi kebutuhan nutrisi, stimulasi dan kasih sayang yang dibutuhkan si Kecil, terutama pada periode emasnya.

Untuk membantu para orang tua memahami kebutuhan dan nutrisi dalam setiap perkembangan Wyeth Nutrition menghadirkan pilihan rasa baru yang lezat yaitu S-26 Procal Nutrissentials Rasa Madu, susu pertumbuhan untuk anak usia 1 - 3 tahun untuk terus bantu tumbuh kembang optimal yang mendukung proses belajar si Kecil.

Wyeth© Ferdike/ Dream

“ S-26 Procal Nutrissentials berkomitmen mendampingi orang tua dalam memastikan tumbuh kembang si kecil berjalan sesuai tahap usianya. Salah satunya dengan menghadirkan nutrisi yang mendukung pertumbuhan si Kecil dengan rasa madu yang lezat dan disukai si Kecil.” jelas Vera Niki Gozali, Brand Manager S-26 Procal pada kesempatan yang sama.

Beri Komentar