Bukalapak Beri Kado Ultah Suntikan Modal Rp 1 Triliun ke Warung

Reporter : Syahid Latif
Jumat, 11 Januari 2019 06:15
Bukalapak Beri Kado Ultah Suntikan Modal Rp 1 Triliun ke Warung
E-commerce ini juga berencana bermitra dengan 5 juta warung.

Dream –  Platform digital marketplace Bukalapak genap menginjak usia 9 tahun. Merayakan hari ulang tahunnya, e-commerce itu berencana untuk “ menyuntik” warung dengan dana Rp1 triliun.

“ Penetrasi online di Indonesia 3-4 persen. Kami punya ide memberdayakan warung yang ada di Indonesia. Kami eksperimen dan bisa,” kata founder dan CEO Bukalapak, Achmad Zaky, di Jakarta, Kamis 10 Januari 2019.

Dia mengatakan investasi ini diharapkan bisa mendorong penetrasi digital dari transaksi di warung-warung yang ada di Indonesia.

Saat ini, kata Zaky, Bukalapak telah bermitra dengan 400 ribu warung di seluruh Indonesia. Rencananya, tahun ini Bukalapak menargetkan mampu bermitra sampai 5 juta warung.

Jumlah 5 juta itu, kata Zaky, dirasa masih sedikit jika merujuk pada data pemerintah, yakni jumlah warung di seluruh Indonesia ada sekitar 50 juta.

" Yang pertama investasi Rp1 triliun awal mulai tahun. Dengan investasi baru ini ke depan ini makin banyak warung yang jumlahnya lima juta itu gabung dengan kita. Itu di 2019," kata dia.

Zaky berujar, warung yang bermitra dengan Bukalapak nantinya memungkinkan untuk mendapat pembiayaan pinjaman usaha maksimal Rp10 juta melalui program pembiayaan Ultra Mikro (UMi), dari kerjasama antara Bukalapak dengan Pusat Investasi Pemerintah (PIP).

" Kami berkomitmen untuk terus memberdayakan pelaku usaha di Indonesia," kata dia.

Selain bisa mendapat modal pinjaman, para pemilik warung juga nantinya bisa memesan barang dagangan mereka melalui online tanpa harus datang langsung ke agen.

Kemudian, dengan menjadi mitra Bukalapak ini, para pemilik produk juga bisa langsung melihat data transaksi yang memungkinkan mereka untuk promo atau investasi di warung tersebut.

2 dari 3 halaman
asset dream.co.id
Beri Komentar
Jusuf Kalla Akui Jokowi Tidak Otoriter