Wanita Cantik Ini Sukses jadi Pengusaha Sayur, Sekali Panen Bisa Beli 1 Mobil

Reporter : Alfi Salima Puteri
Kamis, 3 November 2022 11:12
Wanita Cantik Ini Sukses jadi Pengusaha Sayur, Sekali Panen Bisa Beli 1 Mobil
Diketahui keluarga Anne memiliki lahan seluas 16 hektar, kemudian wanita asal Majalengka ini mendapatkan bagian seluas 3 hektar yang dijadikannya rumah, lahan pertanian, kolam, dan lahan peternakan.

Dream - Wanita bernama Anne ini sukses jadi pengusaha sayur. Siapa sangka tadinya hanya niat menanam sayuran untuk konsumsi sendiri, usahanya kini diperkirakan sanggup untuk membeli mobil setiap kali panen.

Dalam kisah yang diunggah kanal YouTube Rizquna Channel, diketahui keluarga Anne memiliki lahan seluas 16 hektare, kemudian wanita asal Majalengka ini mendapatkan bagian seluas 3 hektare yang dijadikannya rumah, lahan pertanian, kolam, dan lahan peternakan.

Rumahnya berada di Desa Lemah Putih, Kecamatan Lemah Sugih, yang merupakan kawasan dataran tinggi sehingga Anne tak menyia-nyiakan kesempatan untuk memanfaatkannya sebagai lahan menanam sayuran.

Anne memulai usaha tersebut sudah dari puluhan tahun, yaitu pada empat tahun awal Anne menikah. Anne menanam sayuran di lahannya dengan berbagai macam sayuran yang mempunyai masa panen berbeda-beda, agar setiap hari para petani yang dipekerjakan dapat memanen sayuran tersebut.

Ada aneka sayuran di lahan Anne yaitu waluh siem, cabai, dan brokoli.

1 dari 3 halaman

Tak disangka pemasukan yang didapatkan Anne dalam waktu sekali panen diperkirakan bisa mencapai harga 1 mobil.

“ Karena sayuran itu sekali panen, itu bisa kebeli mobil ya, Bu,” tanya pemilik akun YouTube tersebut.

“ Iya benar, bisa begitu,” jawab Anne membenarkan.

Namun hal tersebut juga menyesuaikan dengan kondisi harga pasaran.

Apabila harga pasaran sedang tinggi maka hal tersebut dapat dibenarkan. Namun apabila harga pasaran sedang turun, maka terkadang Anne juga menanggung rugi.

Dalam mengurus sayurannya, Anne mempekerjakan beberapa orang. Ia membuat rumah mewah dengan suasana alam yang indah di sekelilingnya. Tidak tanggung-tanggung, rumah tersebut dibuat dengan menggunakan kayu sonokeling yang memberikan kesan mewah dan mahal.

Di depan rumahnya, Anne juga membuat kolam ikan guna membuat suasana rumah menjadi lebih asri. Bahkan rumah Anne juga sering digunakan orang-orang untuk foto prewedding.

2 dari 3 halaman

Tidak hanya usaha menanam sayuran, Anne juga mengembangkan usaha peternakan sapi. Ia memiliki 8 ekor sapi yang diurus oleh empat orang pekerja. Sapi tersebut diberi makan dua kali sehari serta dimandikan dua minggu sekali.

Sangat telaten dalam merawat sapinya tersebut, Anne memperhatikan kebersihan kandang, karena hal ini dapat berpengaruh terhadap kesehatan sapinya.

Peternakan sapi Anne lebih memfokuskan sapi kembang biak daripada sapi pedaging. Oleh karena itu sapi-sapi betina lebih diutamakan dalam peternakan sapi Anne walaupun ada sapi jantan yang tidak digunakan untuk proses perkembangbiakan.

Anne mengembangbiakkan sapi-sapinya bukan dengan cara kawin melainkan dengan cara menyuntikkan IB (Inseminasi Buatan), sehingga Anne lebih mengutamakan sapi betina.

Pengurus sapi yang dipekerjakan Anne menuturkan bahwa mengembangbiakkan sapi dengan cara IB lebih efektif dan membuahkan hasil.

3 dari 3 halaman

Beri Komentar