Jangan Sampai Menyesal! Ini 5 Kesalahan Pegawai yang Pilih Pensiun Dini

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Selasa, 22 Oktober 2019 09:36
Jangan Sampai Menyesal! Ini 5 Kesalahan Pegawai yang Pilih Pensiun Dini
Tanpa perencanaan dan pensiun dini bisa merugikanmu.

Dream – Bagi sebagian orang, pensiun dini menjadi impian. Lingkungan kerja yang tak sehat dan tekanan atasan menjadi dua alasan utama pensiun dini.

Malah sering kita mendengar banyak orang memutuskan resign tanpa alasan yang jelas.

Pensiun dini memang tak ada salahnya asalkan sudah dipersiapkan dengan matang. Masalahnya, tak sedikit orang memilih pensiun tanpa perencanaan yang jelas setelah mengambil keputusan berhenti kerja.

Sering kali pegawai memilih berhenti kerja karena alasan sepele yang sebetulnya bisa diselesaikan. Tak suka atasan atau teman kerja tak menyenangkan adalah salah satu contohnya.

Dikutip dari Finansialku, Selasa 22 Oktober 2019, ada lima kesalahan yang sering dilakukan oleh pegawai saat memutuskan untuk pensiun dini. Berikut ini adalah rinciannya.

1 dari 5 halaman

1. Tidak Merencanakan Finansial Setelah Pensiun Dini

Sudahkah merencanakan dana pensiun? Jika belum, mulailah mengatur keuangan sejak sekarang. Usahakan kamu punya dana pensiun yang cukup selama masa menganggur.

Dengan begini, kamu tidak akan kebingungan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Hal ini mengingat kamu takkan menerima penghasilan yang rutin didapat per bulan.

2 dari 5 halaman

2. Rencana yang Tidak Jelas

Beberapa orang memutuskan pensiun dini tanpa mengatur rencana jelas setelah pensiun. Saat ditanya aktivitas apa yang akan dilakukan setelah pensiun, mereka akan kebingungan.

Jika memutuskan pensiun, tentukan aktivitas apa saja yang akan dilakukan setelah berhenti bekerja. Buatlah rencana dengan matang, misalnya membuka usaha. Jika ingin berwiraswasta, pastikan modalnya cukup.

3 dari 5 halaman

3. Pekerjaan Belum Jelas

Jika sudah menemukan pekerjaan baru, tapi tak jelas, jangan buru-buru memutuskan untuk pensiun. Lebih baik perjelas dulu pekerjaan yang baru sehingga kamu tak perlu merasa dirugikan.

Kebanyakan orang memilih jalan keluar dari pekerjaan lama ketika menemukan lowongan pekerjaan yang sesuai dengan keinginan. Selama belum mendapatkan pekerjaan baru, cobalah untuk bertahan di pekerjaan yang sekarang ini.

4 dari 5 halaman

4. Kehilangan Motivasi

Pekerjaan baru yang tak kunjung datang dan usaha yang begitu saja menjadi masalah baru. Persoalan ini kerap dialami oleh para pekerja yang memutuskan untuk pensiun dini. Kamu yang biasanya bekerja seharian penuh, tiba-tiba menjadi pengangguran.

Ada perubahan besar yang tentunya terjadi dan mempengaruhi diri sendiri. Kondisi tersebut tidak boleh dibiarkan terlalu lama karena akan memberikan dampak negatif.

Beberapa orang malah mengalami kehilangan motivasi karena perubahan itu. Namun, jika tak mau menjalani hari-hari buruk, motivasilah diri sendiri dan teruslah berusaha untuk mencari jalan keluar.

5 dari 5 halaman

5. Kemampuan yang Terbatas

Dunia bergerak semakin maju, sementara kamu bertahan di tempat yang sama. Sesekali cobalah melihat pekerjaan sebagai hal yang besar.

Mungkin kamu tak ingin menginginkan pekerjaan ini lagi, tapi orang lain mau. Lihat juga seberapa besar kamu mendapatkannya. Kalau pekerjaanmu digantikan oleh orang lain, tak mudah untuk bertahan di posisi ini.

 

Makanya, rencanakan masa pensiun dengan benar. Jika pekerjaanmu digantikan oleh orang lain, tinggal kamu yang merugi.

Kalau perlu, persiapkan dana pensiun yang bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari selama beberapa bulan ke depan. 

Beri Komentar
Representasi Feminisme Versi Barli Asmara