Wow, Kekayaan Pangeran Alwaleed Tembus Rp233 Triliun

Reporter : Ahmad Baiquni
Minggu, 5 November 2017 17:25
Wow, Kekayaan Pangeran Alwaleed Tembus Rp233 Triliun
Dia menempati posisi 45 dalam daftar orang kaya dunia versi Forbes.

Dream - Arab Saudi membuat langkah besar dengan menangkap sejumlah pangeran atas dugaan korupsi. Mencengangkan, karena salah satu nama yang tertangkap adalah Pangeran Alwaleed bin Talal.

Alwaleed sendiri selama ini dikenal sebagai salah satu orang terkaya di dunia. Melalui perusahaan yang dia dirikan, Kingdom Holding, Alwaleed menancapkan pengaruhnya di dunia bisnis.

Seperti dilansir Forbes, nilai kekayaan Alwaleed per tanggal 5 November 2017 sebesar US$17,3 miliar, setara Rp233 triliun. Dia menempati urutan 45 dalam daftar orang kaya dunia, dan paling kaya di Saudi.

Kingdom Holding dikenal sebagai investor terpenting di sejumlah negara. Saham perusahaan ini dipegang Alwaleed dengan porsi sebesar 95 persen, sedangkan lima persen sisanya terdaftar di Bursa Efek Arab Saudi.

Melalui Kingdom Holding, Alwaleed menanamkan sahamnya di sejumlah perusahaan Amerika Serikat, Eropa, dan Timur Tengah. Contohnya seperti Twitter dan Apple.

Alwaleed juga memiliki saham perusahaan media milik Rupert Murdoch. Dia juga pemilih saham jaringan perbankan dunia, Citigroup, jaringan hotel Four Seasons, serta layanan transportasi berbasis online, Lyft.

Tidak hanya itu, Alwaleed juga merupakan pemilik Savoy Hotel di London, Inggris, sekaligus pemilik hotel megah George V di Paris, Perancis.

Di luar Kingdom Holding, Alwaleed juga memiliki sejumlah bisnis real estate di Arab Saudi, sebagian besar perusahaan hiburan berbahasa Arab Rotana dan sejumlah aset lainnya. Dia juga tercatat menjalin kerja sama dengan Bill Gates terkait proyek " Terobosan Energi" dengan nilai investasi sekitar US$50 juta, setara Rp675 miliar.

Beri Komentar