Pangeran Alwaleed, Miliarder Saudi yang Ditangkap Karena Korup

Reporter : Ahmad Baiquni
Minggu, 5 November 2017 15:25
Pangeran Alwaleed, Miliarder Saudi yang Ditangkap Karena Korup
Pangeran Alwaleed merupakan pejabat yang mengelola investasi milik Kerajaan Arab Saudi.

Dream - Pangeran Alwaleed bin Talal merupakan satu dari 11 pangeran yang ditangkap Komite Anti-Korupsi pimpinan Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman bin Abdulaziz.

Penangkapan Alwaleed merupakan kabar mengejutkan bagi negara yang selama ini menjadi pusat ekonomi dunia ini.

Dikutip dari New York Times, Alwaleed merupakan pemegang kendali investasi milik Kerajaan Saudi. Dia juga orang terkaya di dunia.

Alwaleed memiliki sejumlah bisnis besar. Dia punya beberapa perusahaan media, pemilik saham mayoritas Citigroup, juga pemilik jejaring sosial Twitter. Pangeran ini juga mengendalikan satelit pemantau jaringan televisi di seluruh dunia Arab.

Penangkapan ini merupakan langkah pengkonsolidasian kewenangan yang dilakukan oleh Mohammed, yang merupakan putra kebanggaan Raja Salman. Di usianya yang saat ini 32 tahun, Mohammed telah mendominasi kekuasaan di militer, luar negeri, ekonomi, dan kebijakan sosial.

Raja Salman sendiri telah mengeluarkan perintah pembentukan Komite Anti-Korupsi pada Sabtu kemarin, 4 November 2017. Beberapa jam kemudian, komite ini mengumumkan telah menangkap 11 pangeran, 4 menteri aktif dan 10 mantan menteri dengan tuduhan korupsi pada pemberantasan virus MERS pada 2009.

Di saat yang hampir bersamaan, Hotel Ritz Carlton yang berlokasi di Riyadh dikabarkan tengah dievakuasi. Dugaan yang muncul, hotel ini akan digunakan untuk menahan para pangeran.

Tidak hanya itu, sejumlah bandara untuk pesawat pribadi juga ditutup. Menurut informasi, Mohammed berusaha menghalangi Alwaleed melarikan diri ke luar negeri.

Beri Komentar