15 Manfaat Bawang Merah Mentah untuk Rambut dan Kesehatan Bayi

Reporter : Yoga Tri Priyanto
Rabu, 18 Desember 2019 11:32
15 Manfaat Bawang Merah Mentah untuk Rambut dan Kesehatan Bayi
Manfaat bawang merah bisa kamu dapatkan dengan berbagai macam cara

Dream - Bawang merah meupakan salah satu bumbu dapur andalan untuk menciptakan rasa masakan yang nikmat. Tak heran kalau bawang merah wajib ada di dapur.

Sahabat Dream bisa memanfaatkan bumbu satu ini bukan hanya sebagai bumbu. Pasalnya, bawang merah juga punya segudang manfaat bagi tubuh.

Mulai dari mengatasi masalah berat badan, rambut rontok hingga dapat mencegah kanker. Manfaat bawang merah bisa kamu dapatkan dengan berbagai macam cara. Bisa dimakan, ataupun digunakan sebagai perawatan luar.

Simak deretan manfaat bawang merah yang mungkin belum kamu ketahui.

1 dari 5 halaman

Manfaat Bawang Merah Mentah

 © MEN

Bawang merah merupakan umbi-umbian yang mengandung antibakteri dan antiseptik untuk tubuh. Mengkonsumsi bawang merah mentah secara rutin ternyata memiliki banyak manfaat, berikut manfaat bawang merah mentah.

Mencegah kanker

Bawang merah ternyata menjadi salah satu obat mujarab untuk menghancurkan sel kanker kolon dan payudara. Hal ini karena bawang merah memiliki kandungan querecetin dan antosianin yang bisa menghancurkan sel kanker serta menghambat pertumbuhannya.

Menyehatkan jantung

Kandungan sufida menthylally, asam amino dan sulfur pada bawang merah dipercaya mampu menurunkan kadar kolestrol jahat pada tubuh. Selain itu manfaat bawang merah juga bisa mengontrol tekanan darah tinggi serta dapat membuka arteri yang tersumbat.

Meningkatkan kepadatan tulang

Seiring bertambahnya usia, tulang seharusnya menjadi salah satu bagian tubuh yang diperhatikan. Pasalnya, semakin lama kekuatan tulang semakin menurun dan bisa menyebabkan osteoporosis. Konsumsi bawang merah secara rutin dipercaya mampu mencegah osteoporosis dan menjaga massa tulang

2 dari 5 halaman

Manfaat Makan Bawang Merah Mentah

 © MEN

Memiliki kalori yang rendah menyebakan bawang merah baik untuk menurunkan kolestrol. Kandungan bawang merah paling besar adalah karbohidrat air dan tidak mengandung lemak sama sekali. Sehingga manfaat bawang merah terbukti sangat banyak.

Menurunkan kolestrol

Kandungan alami pada bawang merah ternyata mampu menurunkan kolestrol jahat yang ada pada tubuh. Hal ini disebabkan oleh kandungan vitamin yang tinggi pada bawang merah. Konsumsi bawang merah mentah setiap hari sebagai cara menurunkan kolestrol dengan cepat.

Mengatasi sembelit

Manfaat bawang merah selanjutnya yaitu berguna untuk mengatasi sembelit. kandungan pada bawang merah ternyata mampu membantu proses pembuangan racun sehingga memperlancar pencernaan.

Menurunkan tekanan darah

Disebutkan dalam jurnal Pharmacological Reports pada tahun 2009, bahwa zat quercetin pada bawang merah dapat menurnkan tekanan darah yang tinggi. Konsumsi bawang merah secara rutin agar tekanan darah dapat turun dengan cepat.

3 dari 5 halaman

Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan

 © MEN

Bawang merah mengandung vitamin C dan vitamin B6 dan mineral kromium. Pastinya kandungan vitamin pada bawang merah bisa membuat tubuh sehat.

Mengatasi radang tenggorokan

Bawang merah memiliki kandungan qurecetin yang bisa mengatasi peradangan pada tenggorokan. Penyakit radang tenggorokan sering kali terjadi karena infeksi yang yang terjadi pada tenggorokan. Mengkonsumsi bawang merah secara rutin, mampu mengurangi peradangan pada tengorokan.

Memperlancar sistem pernapasan

Untuk kamu yang memiliki asma ataupun alergi yang menyebabkan sesak napas, bawang merah sangat baik untuk kamu konsumsi. karena bawang merah mengandung antiradang sehingga bisa mengatasi masalah pernafasan.

Meningkatkan kuilitas tidur

Bawang merah merupakan rempah yang mengandung probiotik sehingga dapat meningkatkan kualitas tidur dan meredakan stres. Selain itu bakteri baik pada bawang merah mampu merangsang kinerja otak.

4 dari 5 halaman

Manfaat Bawang Merah untuk Rambut

 © MEN

Tidak hanya bisa dikonsumsi, ternyata bawang merah juga bisa digunakan untuk perawatan luar. Menggunakan masker bawang merah ternyata bisa mengatasi beberapa masalah rambut.

Menebalkan rambut

Selain bisa dimakan, manfaat bawang merah ternyata bisa digunakan untuk menebalkan rambut. Kamu cukup menyiapkan bawang merah yang sudah diblender. Aplikasikan ke seluruh permukaan kulit kepala kemudian diamkan selama 10-15 menit lalu bilas hingga bersih. Jika terasa sangat perih pada kulit harus segera dibilas tanpa menunggu lama.

Mencegah rambut rontok

Menggunakan bawang merah sebagai masker rambut juga bisa mengatasi rambut rontok. Sebelum menggunakan masker bawang merah, pastikan kulit kepala dalam keadaan baik dan tidak memiliki luka sedikitpun. Gunakan masker bawang merah secara rutin untuk mendapatkan rambut yang tidak rontok lagi.

Menumbuhkan rambut baru

Kandungan belerang pada bawang merah bisa mengatasi penipisan rambut dan menumbuhkan rambut baru. hal ini karena bawang merah mampu melancarkan peredaran darah pada kepala sehingga memacu rambut untuk cepat tumbuh.

5 dari 5 halaman

Manfaat Bawang Merah untuk Bayi

 © MEN

Bawang merah juga memiliki manfaat untuk bayi. salah satunya sebagai penurun demam. pastinya kamu tidak bisa menggunakan bawang merah terlalu banyak, karena bisa menyebabkan panas pada kulit.

Baik untuk kesehatan mata

Jika bayi sudah memasuki usia yang siap MPASI, sertakan bawang merah halus pada makanannya. Pasalnya kandungan sulfur dan juga vitamin A pada bawang merah mampu menyehatkan mata.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Sistem imun merupakan sistem pertahanan tubuh dari serangan virus atau penyakit dari luar. Kandungan selenium pada bawang merah ternyata mampu meningkatkan sistem imun apada tubuh. Hal ini menyebabkan tubuh dapat terhindar dari penyakit.

Menurunkan demam

Bawang merah juga dipercaya mampu menurnkan demam pada bayi dan anak. caranya cukup campurkan bawang merah dengan minyak goreng. Lalu balurkan keseluruh tubuh.

Ternyata banyak sekali amnfaat bawnag merah yang bisa didapat. Pastinya jika menggunakna bahan almai, perawatannya sedikit lama namun hasil yang diapat akan maksimal dan tidak memiliki efek samping. (mut)

( Jossi Andriani dikutip dari Liputan6.com)

 

Beri Komentar