5 Cara Mengecilkan Pipi Tanpa Obat

Reporter : Siwi Nur Wakhidah
Kamis, 11 Juli 2019 13:33
5 Cara Mengecilkan Pipi Tanpa Obat
Sebal punya pipi tembem dan jadi bahan cubitan orang lain?

Dream - Banyak orang yang memiliki pipi chubby atau tembem, sering disebut gendut. Ada juga yang bilang pipi tembem itu imut, dan terlihat lebih muda seperti anak kecil. Apa benar?

Walau begitu, banyak orang yang berpipi tembam justru merasa tidak nyaman. Entah karena sering diejek teman atau karena alasan kesehatan dan penampilan.

Cara untuk menguruskan atau menurunkan berat badan mungkin sudah banyak, tapi kalau pipi tetap tidak mau tirus, bagaimana?

 Ilustrasi Hijab Cantik

Dilansir dari laman WikiHow, cara mengecilkan pipi hampir sama dengan cara menurunkan berat badan secara keseluruhan.

Namun, latihan atau olah raga tidak hanya difokuskan pada badan saja. Wajah juga perlu latihan, guna untuk mengecilkan pipi yang tembam.

1 dari 5 halaman

Cara Mengecilkan Pipi: Hindari Dehidrasi

Diet makanan saja tidak cukup untuk jadi cara mengecilkan pipi. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk melakukan diet dan mengecilkan pipi, seperti:

-    Perbanyak Minum Air Putih

Pipi yang tembam bisa disebabkan karena tubuh menyerap banyak kebutuhan air yang masuk, sedangkan kita jarang minum.

Ketika tubuh merasa kekurangan air, maka tubuh akan menyimpan cadangan air di pipi, mata, dan akan membuat wajah nampak bengkak.

-    Kurangi Konsumsi Gula dan Garam

 Makanan


Apabila tubuh menerima terlalu banyak gula dan garam, akan membuat tubuh menahan air. Karena air yang tertahan, maka tubuh akan mengalami dehidrasi dan berakhir sama dengan kasus wajah yang nampak bengkak.

-    Hindari Alkohol

Tidak hanya baik bagi kesehatan, menghindari alkohol untuk dikonsumsi bisa jadi cara mengecilkan pipi yang tembam. Minum alkohol akan membuat tubuh mudah dehidrasi dan akan area wajah terlihat bengkak, salah satunya pipi.

 Alkohol


Kunci utama dalam cara mengecilkan pipi di atas adalah menjaga tubuh supaya tidak dehidrasi. Jadi, usahakan untuk minum air yang cukup yang Sahabat Dream!

2 dari 5 halaman

Cara Mengecilkan Pipi: Perhatikan Konsumsi Makanan

Tidak hanya kebutuhan minum saja yang membuat pipi tembam, ada banyak makanan yang bisa membuat pipi menjadi tembam.

Terlebih kalau porsi makan yang berlebihan. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih menu makanan sebagai cara mengecilkan pipi:

-    Perbanyak Makan Sayur

 Menu makanan sehat


Sudah bukan rahasia lagi, sayur memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, kecantikan, dan bahkan bisa mengecilkan pipi yang tembam. Sayur dan buah-buahan yang bisa dijadikan pilihan untuk mengecilkan pipi, ialan sayur yang mengandung banyak kandunga air.

Dengan banyak mengonsumsi sayur dan buah yang mengandung banyak air, maka akan membuat tubuh tidak kekurangan cairan.

-    Perbanyak Konsumsi Makanan Berkalsium

Selain mengonsumsi sayuran dan buah-buahan yang mengandung banyak air, konsumsi makanan yang mengandung kalsium yang tinggi juga sangat baik dilakukan sebagai cara mengecilkan pipi.

Beberapa makanan yang bisa dikonsumsi untuk mengecilkan pipi dan mengandung kalsium yang tinggi adalah yogurt, susu, keju yang rendah lemak, dan makanan-makanan lainnya.

3 dari 5 halaman

Cara Mengecilkan Pipi: Facial Exercises Atau Senam Wajah

 Senam Wajah

Facial exercises atau latihan wajah, bisa juga disebut dengan senam wajah. Cara mengecilkan pipi yang satu ini wajib dilakukan secara rutin, berikut beberapa senam wajah yang bisa dilakukan:

-    Mengunyah Permen Karet

Gerakan yang dilakukan rahang saat mengunyah permen karet akan membantu memperkuat karet.

Dengan rahang yang kuat, lemak pada pipi bisa mengecil dan berganti dengan bentuk rahang yang tirus. Tapi perlu diingat untuk tidak mengunyah permen karet terlalu sering.

-    X-O Exercise

 Senam Wajah


Gerakan ini dilakukan dengan mengucapkan “ X O” berulang kali sebanyak 15 kali. Cara mengecilkan pipi ini akan membuat bagian di sekitar pipi mengecil. Lakukan gerakan ini setidaknya 3 kali sehari dan lihat perbedaanya.

-    Membuka Lebar Rahang

Senam wajah selanjutnya adalah membuka mulut lebar-lebar dan menahan posisi tersebut selama beberapa detik seperti saat menguap. Rileks-kan sebentar, dan kemudia ulangi beberapa kali gerakan tersebut.

4 dari 5 halaman

Cara Mengecilkan Pipi: Selalu Tersenyum dan Memijat Pipi

Selain gerakan senam wajah di atas, masih ada dua gerakan senam wajah yang bisa dilakukan sebagai cara mengecilkan pipi.

Dua gerakan ini terbilang normal dilakukan, bahkan saat pipi tidak tembam sekalipun.

-    Banyak Tersenyum

 Tersenyum


Salah satu cara mengecilkan pipi yang bisa membuat orang senang adalah tersenyum. Dengan tersenyum, otot-otot di sekitar pipi akan terlatih dan ampuh mengecilkan pipi.

Tahan senyum selama beberapa detik, dan lakukan gerakan senyuman secara berulang kali, setidaknya sebanyak 10 kali dalam sehari.

Selain bisa mengecilkan pipi, tersenyum juga bagian dari ibadah, kan Sahabat Dream?

-    Memijat Area Pipi

Kalau sudah lelah dengan tersenyum, pijat bagian pipi dengan menggosokkan jari dengan lembut. Lakukan gerakan memutar untuk meredakan ketegangan dan nyeri setelah melakukan senam wajah sebelumnya.

Jadi, sebelum memijat pipi, lakukan gerakan senam wajah seperti yang sudah dijelaskan di atas.

5 dari 5 halaman

Cara Mengecilkan Pipi: Menurunkan Berat Badan

 Berdiet

Cara mengecilkan pipi yang terakhir adalah melakukan diet untuk menurunkan berat badan. Namun jangan hanya berfokus pada angka timbangan saja. Tetap lakukan senam wajah dan cara mengecilkan pipi lainnya.

Apabila sudah melakukan berbagai cara menurunkan berat badan, namun pipi masih enggan mengecil, Sahabat Dream bisa melakukan konsultasi ke dokter dan meminta tips yang lebih efektif untuk mengecilkan pipi.

Selamat mencoba! (Ism)

Beri Komentar
Representasi Feminisme Versi Barli Asmara