5 Langkah Menuju Sistem Pencernaan yang Sehat

Reporter : Dwi Ratih
Senin, 12 Oktober 2015 10:46
5 Langkah Menuju Sistem Pencernaan yang Sehat
400 spesies bakteri di usus manusia bertanggung jawab untuk memecah makanan, kemudian mencerna dan mendorong racun keluar tubuh.

Dream - Kesehatan sistem pencernaan menentukan fungsi tubuh dalam menyerap nutrisi dan mendorong racun keluar tubuh. Sedangkan sistem pencernaan yang buruk, akan gagal melakukan tugasnya dengan baik.

Penelitian menyebutkan ada 400 spesies bakteri yang hidup di usus manusia. Mereka bertanggung jawab untuk memecah makanan, kemudian mencerna dan mendorong racun keluar tubuh.  Tak hanya itu, racun-racun ini juga mengatur hormon dan menghasilkan agen penyembuhan.

Tapi jika bakteri jahat mendominasi bakteri baik, sistem eco usus akan ikut terganggu. Sehingga membuat seseorang mengalami alergi makanan atau biasa disebut peradangan.

Selain itu, diet yang dilakukan secara tiba-tiba akan membuat metabolisme menjadi tidak lancar. Seperti terjadinya sembelit dan tubuh gagal mengeluarkan racun berbahaya bagi kesehatan. Jadi kesehatan pencernaan akan berpengaruh terhadap kesehatan seluruh anggota tubuh.

Sehingga sangat penting untuk mengetahui  makanan yang baik untuk kesehatan pencernaan. Setidaknya pastikan tubuh mendapat asupan serat yang cukup agar kesehatan usus dapat terjaga. Seperti misalnya mengonsumsi biji-bijian, sayuran dan kacang-kacangan.

Usahakan untuk memilih makanan yang dapat merangsang sistem pencernaan berjalan dengan baik. Ditambah dengan asupan makanan kaya zat besi dan glutamin yang dapat menyembuhkan usus dari peradangan.

Makanan yang mengandung Omega 3 seperti ikan juga bagus untuk tubuh, karena membantu menyembuhkan peradangan dalam usus. Sedangkan telur atau susu dapat menjadi obat untuk mengatasi alergi makanan. (Ism) 




 

Beri Komentar