5 Manfaat Daun Sirsak untuk Perawatan Rambut Secara Alami

Reporter : Arini Saadah
Rabu, 5 Agustus 2020 19:41
5 Manfaat Daun Sirsak untuk Perawatan Rambut Secara Alami
Jika sudah tahu manfaatnya, jangan sia-siakan daun sirsak ya, Sahabat Dream.

Dream – Buah sirsak adalah jenis buah yang memiliki banyak manfaat kesehatan dan kecantikan. Buah yang memiliki nama latin Annona muricata L ini bermanfaat untuk mencegah penyakit kanker. Tak hanya manfaat buahnya yang super, daun sirsak ternyata juga bisa kita manfaatkan.

Seluruh bagian dari pohon sirsak memiliki manfaat yang baik, mulai dari akar, daun, kulit buah, daging buah hingga biji sirsak.

Khasiat sirsak bermanfaat untuk mencegah berbagai masalah kesehatan seperti asam urat, reumatik, nyeri punggung, diabetes, hingga bisul.

Salah satu bagian sirsak yang juga tak kalah bermanfaat adalah daunnya. Manfaat daun sirsak bisa kamu gunakan untuk mengatasi dan menjadi solusi perawatan rambut.

5 Manfaat Daun Sirsak untuk Perawatan Rambut Secara Alami© MEN

Manfaat daun sirsak untuk perawatan rambut ini bisa kamu coba untuk mengatasi berbagai macam permasalahan rambut.

Buat kamu yang memiliki permasalahan rambut, sebaiknya simak ulasan tentang manfaat daun sirsak untuk perawatan rambut yang dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 5 halaman

Rambut Rontok

Ilustrasi© freepik.com

Manfaat daun sirsak untuk perawatan rambut yang pertama adalah bisa mengatasi masalah rambut rontok. Rambut rontok menjadi permasalahan yang banyak dialami pria maupun wanita.

Pikiran yang stres juga bisa menjadi penyebab rambut rontok. Masalah kesehatan seperti anemia dan pasca melahirkan juga bisa membuat rambut kita rontok.

Penggunaan produk yang tidak tepat justru bisa membuat rambut semakin rontok. Solusi permasalahan rambut ini adalah dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang dan melakukan perawatan rambut secara alami.

Manfaat daun sirsak untuk perawatan rambut rontok bisa kamu coba di rumah. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Siapkan beberapa daun sirsak.
  • Bersihkan dan haluskan dengan cara ditumbuk.
  • Campurkan sendok air mawar. Aduk hingga tercampur rata.
  • Oleskan secara merata ke permukaan rambut.
  • Bungkus dengan kain handuk.
  • Biarkan selama 25 menit. Lalu bersihkan dengan air hingga bersih.
2 dari 5 halaman

Masalah Ketombe

Ilustrasi© freepik.com

Manfaat daun sirsak untuk perawatan rambut selanjutnya adalah bisa mengatasi masalah ketombe. Ketombe disebabkan oleh kulit kepala yang mati dan mengering hingga terkelupas. Ketombe terlihat seperti bubuk putih yang sering terlihat di pundak.

Ketombe tentu saja sangat mengganggu penampilan. Ketombe juga bisa menjadi penyebab gatal pada kulit kepala.

Ketombe muncul disebabkan banyak faktor. Penyebabnya adalah pemilihan produk sampo yang salah, terlalu sering keramas, dan perawatan rambut yang tidak tepat.

Manfaat daun sirsak untuk perawatan rambut berketombe adalah dengan cara sebagai berikut:

  • Siapkan beberapa helai daun sirsak.
  • Tumbuk hingga halus.
  • Tambahkan sedikit air.
  • Oles secara merata pada rambut sebagai masker.
  • Biarkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air hingga bersih.
3 dari 5 halaman

Rambut Gatal

Ilustrasi© freepik.com

Manfaat daun sirsak untuk perawatan rambut yang ketiga adalah bisa mengatasi permasalahan rambut gatal. Rambut yang gatal menjadi kendala yang bisa mengganggu aktivitas.

Penyebab rambut gatal di antaranya adalah mengikat rambut terlalu kencang, alergi, dan kurang menjaga kebersihan rambut.

Cara mengurangi rasa gatal pada rambut dengan manfaat daun sirsak adalah:

  • Siapkan 7 lembar daun sirsak muda.
  • Rebus dengan 1,5 liter air.
  • Tunggu hingga air berubah warna. Lalu angkat.
  • Tunggu air rebusan daun sirsak hingga dingin.
  • Gunakan air rebusan daun sirsak untuk keramas.
4 dari 5 halaman

Kutu Rambut

Ilustrasi© freepik.com

Jika rambut sudah diserang kutu, selain merasa gatal pada kepala kutu rambut juga bisa membuat gatal leher dan telinga. Kutu rambut adalah serangga parasit yang sering menyerang manusia dengan bersarang di rambut kepala.

Manfaat daun sirsak untuk perawatan rambut sangat bagus untuk menghilangkan kutu rambut. Cara mengatasi permasalahan kutu rambut ini salah satunya dengan memanfaatkan daun sirsak.

Manfaat daun sirsak bisa membasmi kutu rambut dengan sangat efektif. Caranya sebagai berikut:

  • Rebus 7 lembar daun sirsak muda dengan 1,5 liter air.
  • Tunggu hingga air berubah warna, angkat, tunggu hingga dingin.
  • Gunakan air rebusan daun sirsak untuk keramas.
  • Berikan pijatan lembut di kepala selama 15 menit.
5 dari 5 halaman

Eksim

Ilustrasi© freepik.com

Manfaat daun sirsak juga bisa diaplikasikan bagi penderita eksim. Eksim adalah kondisi kulit yang iritasi, merah, dan terasa gatal. Eksim ini bisa muncul di bagian tubuh mana saja, termasuk muncul di kulit kepala.

Banyak orang beranggapan bahwa masalah ketombe adalah eksim yang terjadi di kulit kepala. Ketombe adalah salah satu gejala eksim. Gejala eksim dapat dilihat ketika kulit kepala merah, bersisik, dan sangat gatal.

Selain itu, gejala eksim juga membuat kulit kepala berminyak, berlilin, hingga melepuh. Apabila eksim ini menyebar hingga telinga, maka akan keluar cairan bening di area telinga.

Nah, daun sirsak bisa menjadi solusi atas permasalahan tersebut. Daun sirsak memiliki kandungan antivirus dan antibakteri sehingga bisa mampu mencegah jenis infeksi kulit. Haluskan daun sirsak, lalu pijatlah kulit kepala menggunakan tumbukan daun sirsak tersebut.

Jika tidak bisa menempel, kamu bisa menggunakann air rebusan daun sirsak pada daerah yang mengalami eksim.

Itulah 5 manfaat daun sirsak untuk perawatan rambut yang bisa kamu aplikasikan sendiri di rumah. Dengan perawatan rambut yang benar, akan meminimalisir masalah kerusakan rambut. Namun bahan-bahan alami anti kimia ini perlu proses secara bertahap untuk melihat hasilnya.

(Sumber: Brilio, berbagai sumber)

Beri Komentar