7 Manfaat Kolagen untuk Kesehatan Tubuh dan Efek Sampingnya

Reporter : Siwi Nur Wakhidah
Kamis, 17 Oktober 2019 16:36
7 Manfaat Kolagen untuk Kesehatan Tubuh dan Efek Sampingnya
Konsumsi sumplemen kolagen sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh, lho. Tapi, kolagen juga punya efek samping. Apa saja manfaat dan efek sampingnya?

Dream - Di dalam tubuh terdapat berbagai jenis protein, salah satunya kolagen. Jumlah kolagen di dalam tubuh lebih banyak dibandingkan protein lain, dan merupakan komponen utama jaringan ikat yang membentuk bagian tubuh, seperti ligamen, kulit dan otot.

Sudah bukan rahasia lagi kalau kolagen sangat penting untuk kesehatan kulit. Tidak hanya itu saja, kolagen sebenarnya juga memiliki banyak fungsi penting lainnya, seperti menguatkan tulang, sendi dan menjaga kesehatan organ vital tubuh.

Untuk mendapatkan asupan kolagen yang cukup, kita bisa mengonsumsi berbagai makanan yang berasal dari hewan dan kaldu tulang. 

Selain itu, suplemen kolagen juga bisa dikonsumsi secara rutin. Tapi, kita juga harus waspada dengan efek samping kolagen.

Lebih jelasnya, simak ulasan mengenai manfaat kolagen untuk kesehatan tubuh dan efek sampingnya di bawah ini:

1 dari 6 halaman

Manfaat Kolagen untuk Kesehatan Rambut

1. Kesehatan Kulit dan Rambut

Komponen utama jaringan kulit ialah kolagen. Jadi sangat penting untuk mengonsumsi kolagen, agar kesehatan kulit terjaga dan terhindar dari berbagai masalah kulit.

Suplemen kolagen mampu memperkuat jaringan kulit, menjaga elastisitas dan menjaga kulit agar tetap terhidrasi.

 Manfaat Kolagen


Dalam sebuah penelitian menemukan, seorang perempuan yang mengonsumsi suplemen kolagen setiap hari selama 12 pekan, mengalami peningkatan hidrasi kulit dan kerutan yang dialami berkurang.


Tidak hanya itu saja, konsumsi suplemen kolagen juga baik untuk kesehatan rambut dan kuku. Kolagen mampu menstimulasi pertumbuhan rambut, sehingga rambut lebih cepat panjang. Manfaat kolagen ini sangat diidam-idamkan seorang wanita, atas alasan kecantikan.

2 dari 6 halaman

Manfaat Kolagen untuk Redakan Nyeri Sendi

2. Redakan Nyeri Sendi

Ketika tubuh kekurangan kolagen, risiko gangguan sendi dan tulang akan meningkat. Masalah ini sangat umum terjadi pada manusia seiring bertambahnya usia.

Seperti gangguan nyeri sendi, osteoarthritis, dan masih banyak lagi lainnya.

 Manfaat Kolagen


Untuk mengatasi masalah sendi tersebut, kita bisa mengonsumsi suplemen kolagen secara rutin. Kolagen mampu menjaga integritas tulang rawan, yang terdiri dari jaringan karet pelindung persendian.

Manfaat kolagen ini kerap dimanfaatkan oleh para atlet untuk menjaga persendian mereka.

Sahabat Dream bisa mengonsumsi suplemen kolagen setiap hari, dan rasakan perbedaannya.

Seperti penelitan yang dilansir Healthline, orang dewasa yang mengonsumsi 2 gram kolagen setiap hari selama 70 hari, mengalami penurunan risiko nyeri sendi yang signifikan.

3 dari 6 halaman

Manfaat Kolagen untuk Mencegah Tulang Keropos

3. Cegah Tulang Keropos

Sama seperti sendi dan kulit, sebagian besar jaringan tulang terdiri dari kolagen.

Seiring bertambahnya usia, jumlah kolagen dalam tubuh akan berkurang, dan inilah yang menyebabkan risiko masalah tulang seperti osteoforosis dan tulang keropos meningkat.

 Manfaat Kolagen


Konsumsi suplemen kolagen bisa menjadi cara untuk mengatasi berbagai masalah tulang.

Tidak hanya tulang keropos dan osteoforosis saja, tapi kolagen juga baik dikonsumsi untuk meningkatkan kepadatan tulang. Manfaat kolagen satu ini sangat baik dikonsumsi untuk penderita patah tulang.

Sebuah penelitian menunjukan, wanita yang rutin mengonsumsi kolahen, mengalami peningkatkan kepadatan tulang hingga 7 persen. Walau begitu, masih perlu penelitian lebih lanjut mengenai manfaat kolagen satu ini.

4 dari 6 halaman

Manfaat Kolagen untuk Kesehatan Jantung dan Otak

4. Kesehatan Jantung

Jantung adalah satu dari beberapa organ vital tubuh. Fungsi jantung sangat penting, yakni memompa darah ke seluruh tubuh.

Apabila jantung mengalami masalah, maka peredaran darah ke bagian tubuh lain juga akan mengalami gangguan.

 Manfaat Kolagen


Kolagen menjadi salah satu kandungan nutrisi penting untuk menjaga kesehatan jantung. Kolagen mampu memberikan struktur arteri, sehingga aliran darah dari jantung ke seluruh tubuh tetap lancar.

Selain itu, kolagen juga mampu mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.

5. Kesehatan Otak

Tidak hanya untuk jantung, konsumsi suplemen kolagen juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan otak.

Kolagen memberikan efek ketenangan, meningkatkan mood dan mengurangi gejala gangguan kepanikan.

5 dari 6 halaman

Manfaat Kolagen untuk Menurunkan Berat Badan dan Meningkatkan Massa Otot

6. Meningkatkan Massa Otot

Sendi, otot dan tulang, adalah satu kesatuan kerangka manusia. Ketiga jaringan tubuh manusia ini sama-sama terdiri dari kolagen.

Walau kandungan kolagen di otot tidak sebanyak di sendi dan tulang, asupan kolagen tetap dibutuhkan otot.

Suplemen protein dari kolagen sangat penting untuk menjaga kekuatan otot agar bisa menjalankan fungsinya dengan baik.

Manfaat kolagen satu ini kerap dimanfaatkan oleh orang yang gemar berolahraga dan sedang membentuk otot tubuh.

7. Menurunkan Berat Badan

 Manfaat Kolagen


Konsumsi kolagen juga dipercaya mampu menurunkan berat badan dan mengatasi masalah metabolisme tubuh. Paket lengkap untuk mendapatkan berat badan ideal dan tubuh yang kekar berotot.

6 dari 6 halaman

Efek Samping Kolagen

Di antara banyaknya manfaat konsumsi suplemen kolagen, ada efek samping yang harus diwaspadai. Suplemen kolagen biasanya dibuat dari allergen makanan, seperti ikan, kerang dan telur.

Jika memiliki riwayat alergi terhadap makanan tersebut, lebih baik menghindari konsumsi suplemen kolagen.

 Manfaat Kolagen


Umumnya, setelah mengonsumsi suplemen kolagen, akan muncul rasa tidak enak di mulut, tapi ini gejala yang sangat wajar. Tapi apabila perut tiba-tiba merasa kenyang dan mulas, kita harus berhati-hati. Segera periksakan diri ke dokter.

Walau begitu, asupan kolagen tetap penting untuk tubuh. Jika terpaksa tidak bisa mengonsumsi kolagen dari bahan allergen tadi, kita bisa mencari alternatif lain dengan mengonsumsi sayur dan buah yang mengandung kolagen tinggi.

(Ism, Sumber: Healthline)

Beri Komentar
Kenangan Reza Rahadian Makan Siang Terakhir dengan BJ Habibie