7 Manfaat Minyak Salmon bagi Kesehatan Tubuh

Reporter : Siwi Nur Wakhidah
Senin, 22 Juli 2019 12:10
7 Manfaat Minyak Salmon bagi Kesehatan Tubuh
Minyak salmon memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Apa saja?

Dream - Daging ikan salmon tak diragukan lagi memberi banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Jenis ikan dari perairan laut dalam ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan anak kecil hingga manula. 

Selain menjadi menu makanan sehat yang mewah, ikan salmon bisa diolah menjadi minyak alami dengan manfaat yang tak kalah banyak. Minyak salmon bisa dengan mudah kita temui di apotek atau lewat situs jual beli online.

Dilansir dari laman Health Line, minyak salmon mengandung lemak sehat omega-3 yang tinggi. Seperti yang kita tahu, lemak omega-4 ini berkaitan dengan asupan EPA dan DHA yang memiliki manfaat kesehatan, seperti cocok untuk diet sehat, baik bagi kesehatan otak dan baik untuk perkembangan janin.

Tiga manfaat minyak salmon itu hanya sebagian kecil dan manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dengan rutin mengonsumsi minyak salmon. Apa saja kandungan minyak salmon dan manfaatkan bagi tubuh, berikut daftarnya:

1 dari 7 halaman

Mengandung Anti Peradangan

 Manfaat minyak salmon

Peradangan dalam organ tubuh bisa memicu timbulnya berbagai penyakit kronis seperti jantung dan diabetes. Respons peradangan menjadi bagian penting dari sistem kekebalan tubuh.

Dilansir dari laman Health Line, sebuah penelitian menunjukkan bahwa lemak omega-3 mampu menekan respon peradangan dalam tubuh. Lemak omega-3 mampu mengurangi tingkat bahan kimia yang diproduksi oleh sel-sel kekebalan tubuh dan dapat memicu peradangan.

2 dari 7 halaman

Menjaga Kadar Kolesterol

 Manfaat minyak salmon

Kadar kolesterol dalam tubuh dipengaruhi banyak hal di antaranya trigliserida, yaitu jenis lemak yang ada dalam darah. Jika terjadi peningkatan trigliserida akan memicu risiko penyakit jantung dan stroke.

Selain tigliserida, kadar kolesterol juga dapat dipengaruhi oleh keberadaan kolesterol HDL, atau biasa disebut sebagai kolesterol baik yang mampu melindungi kesehatan jantung. Dan, kolesterol HDL ini bisa meningkat apabila mengonsumsi minyak ikan salmon.

Manfaat minyak ikan salmon yaitu menjaga kadar kolesterol tubuh dengan mengurangi produksi triglliserida, dan meningkatkan kolesterol HDL yang baik. Tidak hanya itu saja, manfaat ikan salmon lainnya yaitu mampu meningkatkan konsentrasi dan menjaga komposisi lemak dalam darah.

3 dari 7 halaman

Memperlancar Aliran Darah

 Manfaat minyak salmon

Aliran darah yang lancar tentu akan berdampak baik bagi kesehatan tubuh karena darah dapat tersalurkan ke seluruh tubuh dengan baik. Salah satu faktor yang membuat aliran darah lancar ialah senyawa nitric oksid.

Senyawa ini mampu merangsang relaksasi pembuluh darah dan akan membuat aliran darah lancar dan tekanan darah akan menurun. Senyawa ini bisa dibentuk apabila banyak mengonsumsi lemak omega-3, yang paling banyak terkandung dalam minyak salmon.

Manfaat minyak salmon tidak hanya memperlancar aliran darah saja, mengonsumsi minyak salmon juga dapat menjaga dan meningkatkan kerja fisik.

4 dari 7 halaman

Membantu Perkembangan Janin

Di awal artikel ini, kita sudah tahu kalau minyak salmon kaya akan kandungan DHA dalam lemak omega-3 yang bermanfaat bagi perkembangan janin yang ada dalam kandungan.

 Manfaat minyak salmon

Dari sebuah penelitian yang dilansir oleh Health Line, anak yang lahir dari ibu yang rutin mengonsumsi suplemen omega-3 selama hamil, memiliki skor tinggi dalam tes pengembangan kognitif dan motorik. Hal inilah yang membuat manfaat minyak salmon sangat baik bagi ibu hamil.

Selain itu, kandungan omega-3 dalam minyak salmon juga berperan dalam mencegah kelahiran bayi prematur, lho Sahabat Dream.

5 dari 7 halaman

Meningkatkan Kesehatan Otak

 Manfaat minyak salmon

Selain bermanfaat untuk perkembangan janin, manfaat minyak salmon lainnya adalah untuk menjaga kesehatan otak anak, maupun orang dewasa. Dilansir dari laman Health Line, anak yang mengonsumsi minyak salmon, mengalami peningkatan kesehatan otak di kemudian hari.

Kandungan DHA dalam lemak omega-3 minyak ikan salmon, berperan penting dalam perbaikan dan pengembangan sel-sel saraf yang ada dalam tubuh, salah satunya otak. DHA juga bermanfaat dalam mengurangi risiko penurunan kognitif yang terjadi karena usia yang semakin menua.

Manfaat minyak salmon lainnya bagi kesehatan otak ialah mampu mencegah dan mengobati penyakit Parkinson dan Alzheimer.

6 dari 7 halaman

Menyehatkan Kulit dan Mata

 Manfaat minyak salmon

Tidak hanya bagi organ dalam tubuh saja, minyak salmon ternyata juga memiliki manfaat menyehatkan kulit dan mata. Tidak hanya baik dikonsumsi saat masih anak-anak, minyak ikan salmon juga bisa dikonsumsi orang dewasa untuk mengurangi risiko penyakit mata.

Selain itu, ada juga penelitian yang menunjukkan bahwa mengonsumsi lemak omega-3 secara rutin, juga mampu melindungi kulit dari berbagai kerusakan, seperti yang diakibatkan oleh paparan sinar matahari dan luka luar. Manfaat ikan salmon yang satu ini berkaitan dengan kandungan anti peradangan.

7 dari 7 halaman

Menjaga Berat Badan

 Manfaat minyak salmon

Manfaat minyak ikan salmon yang terakhir ialah mampu menjaga berat badan dan baik dimasukan dalam menu diet yang sehat. Manfaat ini didapatkan karena kandungan lemak omega-3, lemak yang baik bagi kesehatan.

Dilansir dari laman Health Line, rutin mengonsumsi sumplemen omega-3 seperti minyak ikan salmon, mampu mengurangi kecenderungan untuk menumpuk lemak tubuh yang bisa membuat berat badan naik.

Walau begitu, untuk menjaga berat badan yang sehat, tetap harus dibarengi dengan pola makan, gaya hidup yang sehat dan olahraga yang teratur.

Beri Komentar
Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone