8 Khasiat Kacang Polong untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Reporter : Tantiya Nimas Nuraini
Senin, 21 Oktober 2019 14:48
8 Khasiat Kacang Polong untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui
Kacang polong ternyata memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh.

Dream – Kacang polong kerap ditemukan di berbagai menu sajian tempat makan. Mulai dari sayur sup hingga menu mahal seperti steak.

Bagi yang belum tahu, kacang polong merupakan biji bulat kecil yang berasal dari polong tanaman Pisum sativum. Kacang polong termasuk ke dalam salah satu jenis sayuran dari keluarga Legume bersama kacang buncis, lentil dan masih banyak jenis sayur lainnya.

Meskipun kecil, kacang polong memiliki kandungan yang sangat bermanfaat bagi tubuh Sahabat Dream. Kacang jenis ini dikenal kaya akan karbohidrat kompleksnya yang disebut dengan pati. Selain itu, kacang polong juga memiliki cita rasa unik namun lezat.

Ingin tahu apa saja manfaat dari kacang polong? Yuk simak informasi manfaat kacang polong yang jarang disadari oleh kalian berikut ini.

1 dari 4 halaman

1. Manfaat Kacang Polong: Menurunkan Berat Badan

 8 Manfaat Kacang Polong yang Jarang Disadari

Kacang polong dikenal kaya akan serat serta protein di dalamnya. Seperti yang diketahui, kedua kandungan tersebut mampu menjaga perut kenyang lebih lama dan mengurangi nafsu makan secara signifikan.

Protein memiliki peran memperlambat pengosongan lambung serta mengurangi kadar hormone rasa lapar atau ghrelin. Sedangkan, serat memiliki peran meningkatkan rasa kenyang dengan memperlambat proses pencernaan di dalam tubuh. Kondisi ini tentu saja akan memudahkan kalian dalam proses penurunan berat badan.

2.    Manfaat Kacang Polong: Mencegah Kanker

Memiliki kandungan kandungan antioksidan serta saponin yang tinggi, kacang polong secara efektif menurunkan risiko terkena kanker. Tidak hanya itu saja, kacang polong juga mampu menghambat perkembangan serta pertumbuhan tumor di dalam tubuh.

Disamping itu, jenis kacang yang satu ini mengandung vitamin K dalam jumlah tinggi, sehingga risiko para pria terkena kanker prostat bisa berangsur-angsur menurun.

2 dari 4 halaman

3. Manfaat Kacang Polong: Membantu Sistem Pencernaan

 8 Manfaat Kacang Polong yang Jarang Disadari

Seperti sebelumnya, kandungan serat yang terdapat di dalam kacang polong sangat bagus bagi kesehatan sistem pencernaan seseorang. Serat dibutuhkan oleh tubuh untuk memberi makan bakteri baik yang ada di usus agar tetap selalu sehat.

Hal ini akan memberikan dampak positif berupa berkurangnya risiko terserang penyakit gastrointestinal. Bagi yang belum tahu, penyakit tersebut meliputi sindrom radang usus, sindrom iritasi usus dan kanker usus besar. Bonusnya, serat tersebut akan mencegah sembelit datang menghampirimu.

4. Manfaat Kacang Polong: Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kacang polong mengandung mineral penting berupa kalium dan magnesium yang cukup tinggi. Kedua mineral ini diketahui bisa mencegah peningkatan kadar tekanan darah dimana hal tersebut faktor utama penyakit jantung.

Ditambah kandungan serat yang kaya, kacang polong secara efektif menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh kalian. Dengan mengonsumsinya secara rutin, risiko terkena penyakit kardiovaskular juga akan semakin rendah.

3 dari 4 halaman

5. Manfaat Kacang Polong: Menurunkan Kadar Gula Darah

 8 Manfaat Kacang Polong yang Jarang Disadari

Bagi kalian yang sedang atau memiliki keluarga yang terindikasi terkena diabetes, sepertinya kabar ini akan membuat kalian senang. Kacang polong secara signifikan mampu mencegah terjadinya kenaikan kadar gula dalam darah.

American Journal of Clinical Nutrition melaporkan kadar indeks glikemik (GI) pada kacang polong terbilang rendah sehingga bisa mengurangi risiko seseorang terkena penyakit diabetes. Kandungan protein dan serat yang ada di dalam kacang polong juga akan menjada diabetes tetap terkendali.

6. Manfaat Kacang Polong: Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Menjadi sumber vitamin C yang sangat bagus, kacang polong dikenal sebagai salah satu makanan terbaik dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh. Selain itu, kandungan antioksidan yang terkandung di dalamnya juga akan melindungi sistem imun tubuh dari segala kuman dan bakteri penyebab penyakit kronis.

4 dari 4 halaman

7. Manfaat Kacang Polong: Meningkatkan Kesehatan Mata

 8 Manfaat Kacang Polong yang Jarang Disadari

Selain vitamin C, kacang polong juga diketahui mengandung vitamin A yang cukup tinggi. Menariknya, jenis kacang satu ini juga memiliki kandungan karotenois pigmen lutein di dalamnya.

Bagi yang belum tahu, lutein berfungsi untuk menurunkan risiko seseorang terkena berbagai macam penyakit mata yang berkaitan dengan usia. Mulai dari degenerasi makula hingga penyakit katarak yang kerap diderita oleh para orang lanjut usia.

8. Manfaat Kacang Polong: Meningkatkan Kesehatan Kulit dan Rambut

Sebelumnya telah dikatakan, kacang polong memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Kandungan vitamin inilah yang nantinya mendorong kulit untuk memproduksi lebih banyak kolagen. Tahukah kalian? Kolagen dikenal akan fungsinya untuk menjaga kulit tampak bercahaya dan tetap terjaga kekencangannya.

Adanya kandungan antioksidan akan membantu kulit melawan radikal bebas penyebab kerusakan oksidatif. Nah, tidak hanya kulit saja yang mendapatkan manfaat dari kacang polong, rambut juga ikut terkena dampaknya. Bonusnya, dengan mengonsumsi kacang polong secara teratur, folikel rambut kalian akan selalu terjaga sehingga terbebas dari masalah kerontokan.

(Sah, Sumber: Boldsky)

Beri Komentar
Yenny Wahid Rilis Produk Kecantikan Halal