Alergi Pasta Gigi, Bocah 11 Tahun Tewas

Reporter : Mutia Nugraheni
Jumat, 26 April 2019 08:40
Alergi Pasta Gigi, Bocah 11 Tahun Tewas
Kejadian tersebut benar-benar tak pernah diperkirakan sebelumnya.

Dream - Kehilangan anak perempuan menimbulkan trauma yang begitu besar pada Monique Altamirano. Sang putri, Denise Saldate, baru saja meninggal dunia karena reaksi alergi parah pada sesuatu yang tak pernah diperkirakan sebelumnya, pasta gigi.

Saldate sebelumnya didiagnosis alergi susu pada usia satu tahun. Sejak itu, keluarganya selalu melakukan screening terhadap apapun yang dikonsumsi Saldate.

Altamirano mengatakan dia selalu membaca daftar bahan dalam tiap produk yang digunakan untuk putrinya.

Ia juga sempat membaca label pasta gigi dan tidak pernah menemukan kandungan susu pada produk tersebut dan menganggapnya aman. Sampai suatu ketika, sang putri yang berusia 11 tahun mengalami masalah pada giginya.

Altamirano pun membawanya ke dokter gigi. Dokter tersebut meresepkan pasta gigi untuk Saldate.

1 dari 2 halaman

Pasta Gigi Dokter Jadi Awal Petaka

Pasta gigi itu diresepkan oleh dokter gigi Saldate untuk membantu memperkuat enamel giginya. Pada 4 April 2019 malam, Saldate menyikat giginya menggunakan pasta gigi tersebut.

Setelah menyikat gigi, Saldate tampak sesak napas. Saudara perempuannya yang menemani di kamar mandi langsung berlari ke kamar ibunya.

Sakit© Shutterstock

" Bibirnya sudah biru. Aku mengambilnya dan meletakkannya di tempat tidur. Dia berkata, 'Bu, aku tidak bisa bernapas.' Aku berkata, 'Aku mencintaimu. Kamu bisa," ungkap Altamirano seperti dikutip dari Health.com.

2 dari 2 halaman

Nyawanya Tak Bisa Selamat

Keluarga langsung menghubungi 911. Mereka diminta melakukan CPR karena Saldate kesulitan bernapas. Tak lama setelah itu, paramedis tiba. Saldate dibawa ke RS dengan ambulans, tetapi sayang nyawanya tidak bisa diselamatkan.

" Kami berharap keluarga yang memiliki anak dengan alergi lebih peka, termasuk pengasuh, staf sekolah, bisa menangani kondisi ini dengan lebih serius dan semua barang akan diperiksa bahannya, bahkan barang-barang yang mungkin tampak tidak relevan," kata Altamirano.

Rupanya pasta gigi tersebut mengandung recaldent, bahan yang berasal dari protein susu. Biasanya tertulis di bagian depan dan belakang kemasan.

Sayangnya, sang dokter tak menanyakan riwayat alergi pada ibu Saldate. Ibunya pun tak menyangka pasta gigi tersebut mengandung susu dan merenggut nyawa sang putri. (ism)

Beri Komentar