10 Cara Meninggikan Badan dengan Cepat dan Alami dalam 1 Minggu

Reporter : Sugiono
Rabu, 12 Juni 2019 12:36
10 Cara Meninggikan Badan dengan Cepat dan Alami dalam 1 Minggu
Bagi yang ingin mengubah penampilan, bisa mengikuti cara meninggikan badan dengan cepat dan alami dalam 1 minggu. Cara meninggikan badan secara alami ini bisa dicoba di rumah.

Dream - Salah satu daya tarik seseorang adalah memiliki postur tubuh yang tinggi semampai.

Harus diakui, tinggi badan yang ideal tidak hanya menunjang penampilan. Tapi juga bisa berpengaruh pada karier dan jodoh.

Karenanya, cara meninggikan badan dengan cepat dan alami dalam 1 minggu menjadi dambaan semua orang.

Seperti diketahui, tinggi badan akan tumbuh pesat selama masa puber. Pada umumnya, batas pertumbuhan pada laki-laki berakhir pada usia 16 tahun.

Sedangkan bagi kaum perempuan, batas pertumbuhan tinggi badan berada di antara usia 14-15 tahun.

Setelah melewati usia itu, tidak ada cara meninggikan badan secara instan. Namun, Sahabat Dream tidak perlu cemas.

Karena masih ada beberapa cara meninggikan badan dengan cepat dan alami dalam 1 minggu yang bisa dicoba di rumah.

Sebelum membahas cara meninggikan badan dengan cepat dan alami dalam 1 minggu, ada baiknya kita ketahui apa saja yang memengaruhi tinggi badan seseorang.

Genetik atau keturunan adalah faktor utama yang menentukan tinggi badan saat ini. Coba perhatikan postur tubuh orang tua Sahabat Dream.

Jika kedua belah pihak terlihat sama tinggi, kemungkinan besar kamu juga akan punya badan yang tinggi semampai.

Sebaliknya, jika hanya salah satu pihak saja yang tinggi, postur tubuh kamu akan ditentukan oleh gen mana yang lebih kuat.

Maksudnya, kamu bisa saja punya tubuh yang tinggi atau pendek atau bahkan rata-rata dari keduanya. Semua tergantung dari gen ayah atau ibu.

Selain faktor genetik, tinggi badan seseorang juga dipengaruhi oleh waktu mencapai pubertas, asupan nutrisi, aktivitas fisik, dan ada tidaknya penyakit kronis.

Nah, bagi kamu yang ingin mengubah penampilan, bisa mengikuti cara meninggikan badan dengan cepat dan alami dalam 1 minggu yang dikutip dari berbagai sumber berikut ini.

Cara Meninggikan Badan dengan Cepat dan Alami dalam 1 Minggu

Cara meninggikan badan dengan cepat dan alami, terlebih setelah melewati masa pertumbuhan, sebenarnya masih belum terbukti secara efektif.

Meski begitu, kamu masih bisa mencoba cara meninggikan badan dengan cepat dan alami di bawah ini untuk membantu postur tubuh tampak lebih tinggi.

1. Memperbaiki postur tubuh

 Cara meninggikan badan dengan memperbaiki postur tubuh.

Cara meninggikan badan dengan cepat dan alami yang pertama adalah memperbaiki postur tubuh. Kebiasaan buruk yang kamu lakukan sehari-hari tanpa sadar juga bisa membuat postur tubuh terlihat pendek. Misalnya cara duduk, berdiri, dan berjalan membungkuk.

Seperti kita ketahui, postur tubuh manusia akan memendek ketika usianya bertambah tua. Ini karena kepadatan tulang juga semakin menurun sehingga rangka tubuh tidak lagi sekuat dulu dalam menopang beban.

Perbaikilah postur tubuh agar tulang belakang jadi lebih selaras sehingga perawakan tampak lebih tinggi semampai. Caranya dengan melakukan latihan yang dirancang untuk memperbaiki postur tubuh. Konsultasi ke dokter atau instruktur senam untuk membantu mengembangkan latihan rutin yang tepat untuk memperbaiki postur tubuh.

1 dari 6 halaman

2. Memperhatikan asupan nutrisi

Menjaga asupan nutrisi termasuk cara meninggikan badan dengan cepat dan alami selanjutnya. Kandungan terpenting untuk mendukung program peningkatan tinggi badan yaitu protein, zat besi, kalsium, dan vitamin D.

 Cara meninggikan badan dengan memperhatikan asupan nutrisi..

Protein merupakan nutrisi yang sangat penting untuk mendorong pertumbuhan jaringan otot, organ, tulang, kulit, dan gigi. Bahan yang mengandung protein yaitu daging ayam, daging sapi, telur, susu kedelai, oatmeal, ikan, susu, keju, dan lain-lain.

Sementara zat besi merupakan salah satu jenis mineral yang sangat dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan tinggi badan. Zat besi membantu pembentukan protein. Bahan yang mengandung zat besi yaitu bayam, brokoli, kangkung, jeruk, bok choy, hati sapi, daging bebek, daging sapi, sarden, dan masih banyak lagi yang lain.

Nutrisi yang sangat penting selanjutnya adalah kalsium yang merupakan jenis mineral yang bekerja untuk menyusun tulang dan gigi. Kalsium berperan sebagai zat yang dapat membantu perkembangan, memperkuat, dan memadatkan tulang maupun gigi. Bahan yang mengandung kalsium yaitu susu, keju, yoghurt, sumsum tulang sapi, lobak, kol, bayam, brokoli, wijen, dan lainnya.

Vitamin yang paling baik untuk membantu mendapatkan badan yang ideal yaitu vitamin D. Vitamin D akan membantu penyerapan kalsium yang diasup oleh tubuh. Selain itu, vitamin D dibutuhkan untuk meningkatkan tinggi tubuh karena dapat membentuk tulang. Bahan yang mengandung vitamin D yaitu susu kedelai, sereal, tahu, tempe, almond, sosis, jamur, serta minyak ikan.

2 dari 6 halaman

3. Melakukan peregangan

Gerakan peregangan merupakan salah satu cara meninggikan badan yang cukup efektif. Gerakan peregangan membuat tubuh menjadi tertarik dan membantu meluruskan bentuk tulang belakang.

 Cara meninggikan badan dengan melakukan peregangan.

Kamu bisa melakukan gerakan peregangan seperti, Sky Stretch. Caranya adalah berdiri lurus dan meregangkan tangan setinggi mungkin sampai jari-jari kaki yang juga ikut jinjit. Lakukan selama 10 detik, istirahat sejenak, dan ulangi lagi sebanyak 5 kali.

Gerakan peregangan kedua yang bisa kamu lakukan adalah Leg Stretch. Gerakan ini mengharuskan kamu untuk duduk dan menempatkan kedua kaki di depan. Langkah selanjutnya kamu harus menjangkau dan menyentuh jari-jari kaki tanpa membungkuk. Kamu harus merasa regangan di tubuhmu. Tahan selama 10 detik, istirahat lalu ulangi lagi sebanyak 5 kali. Usahakan untuk melakukan gerakan tersebut setiap pagi sesudah sarapan atau sore hari agar tubuh tidak menjadi kaku dan lebih segar.

3 dari 6 halaman

4. Bersepeda

 Cara meninggikan badan dengan bersepeda.

Bersepeda merupakan cara meninggikan badan dengan cepat dan alami dalam 1 minggu. Bersepeda dikenal sebagai salah satu bentuk olahraga yang murah dan bisa memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Salah satunya adalah menambah tinggi badan secara alami.

Caranya, ketika bersepeda, atur ketinggian kursi sepeda dan biarkan jemari kaki yang bersentuhan dengan pedal sepeda. Ini akan menarik tulang-tulang untuk tetap tumbuh.

5. Main basket

 Cara meninggikan badan dengan main basket.

Banyak pemain basket yang memiliki tubuh tinggi di atas rata-rata. Ini karena main basket benar-benar bisa membuat tubuh menjadi lebih tinggi.

Saat main basket, tubuh akan banyak berlari dan loncat melawan gaya gravitasi. Akibatnya otot belakang dan tulang belakang menjadi regang secara maksimal.

4 dari 6 halaman

6. Berenang

 Cara meninggikan badan dengan berenang.

Berenang adalah cara meninggikan badan yang dipercaya sejak zaman dulu. Saat berenang, tubuh akan bergerak melawan gravitasi dan arus air sehingga melatih kekuatan keseluruhan otot tubuh.

Berenang juga membantu memperbaiki dan menjaga postur tubuh tetap tegak sehingga perawakan akan terlihat lebih tinggi tegap.

7. Berlatih yoga

Cara meninggikan badan dengan cepat dan alami selanjutnya adalah berlatih yoga. Yoga menggerakkan seluruh bagian tubuh sehingga dapat memperkuat otot, serta meluruskan dan membantu postur tubuh tetap tegak.

Kamu bisa berlatih yoga di rumah atau bergabung di pusat kebugaran yoga. Untuk pemula yang hendak berlatih yoga, bisa mengikuti gerakan dan langkah yoga di video yang banyak beredar di Youtube.

5 dari 6 halaman

8. Lompat tali

Meski terlihat sederhana, lompat tali menjadi salah satu cara meninggikan badan dengan cepat dan alami dalam 1 minggu. Dari gerakan lompat tali, otot kaki akan terstimulasi sehingga tubuh akan menjadi lebih tinggi.

Lakukan setiap hari selama 15 menit. Kamu hanya perlu melompat-lompat saja. Hal yang mudah bukan? Kamu pun bisa melakukannya di mana saja, termasuk di rumah.

9. Tidur yang cukup

Pola tidur memengaruhi kesehatan tubuh. Pola tidur yang disarankan bagi remaja dan dewasa, berkisar antara 7-9 jam per hari. Meski tidak ada kaitannya cara meninggikan badan, pola makan dan pola tidur dinilai penting karena sangat berpengaruh pada kesehatan secara umum, yang dapat memungkinkan proses tumbuh kembang berlangsung secara optimal.

6 dari 6 halaman

10. Menghentikan kebiasaan tidak sehat

 Cara meninggikan badan dengan menghentikan kebiasaan tak sehat.

Cara meninggikan badan secara alami berikutnya adalah menghentikan kebiasaan tidak sehat.

Selain memperhatikan asupan nutrisi dan olah raga, hal lain yang perlu kamu lakukan untuk meninggikan badan adalah dengan menghentikan kebiasaan tidak sehat.

Beberapa kebiasaan tidak sehat tersebut di antaranya adalah sering makan junkfood, merokok, mengonsumsi minuman yang mengandung kafein atau pun alkhohol.

Demikianlah 10 cara meninggikan badan dengan cepat dan alami dalam 1 minggu yang bisa kamu coba di rumah. Semoga berhasil.

(Dirangkum dari berbagai sumber)

Beri Komentar
(Deep Dream) Menteri PAN-RB Buka-bukaan Soal PNS Kerja dari Rumah dan Single Salary