5 Cara Bikin Pertumbuhan Tinggi Badan Lebih Maksimal

Reporter : Cynthia Amanda Male
Kamis, 26 Desember 2019 10:47
5 Cara Bikin Pertumbuhan Tinggi Badan Lebih Maksimal
Yuk dicoba!

Dream - Banyak orang rela mengonsumsi suplemen, obat-obatan dan hal lainnya untuk meningkatkan tinggi badan. Tapi, apa hal tersebut efektif?

Menurut informasi yang dilansir dari Times of India, ada beberapa faktor yang mempengaruhi tinggi badan. Faktor genetik berpengaruh sekitar 60-80 persen dari keseluruhan tinggi badan. Faktor lainnya adalah nutrisi dan aktivitas berolahraga.

Rata-rata, sejak usia setahun hingga masa pubertas, tinggi badan akan meningkat 2 inci per tahun. Setelah pubertas, tinggi badan akan bertambah 4 inci setiap tahun.

Namun, hal ini berbeda di setiap orang. Pada wanita, tinggi badan akan meningkat drastis ketika usia belasan. Sementara pada pria, pertumbuhan tinggi badan meningkat di akhir usia belasan.

1 dari 5 halaman

Demi Mendapatkan Tinggi Maksimal

Umumnya, pertumbuhan tinggi badan akan berhenti setelah masa pubertas. Ini berarti, orang dewasa tidak akan mengalami pertumbuhan tinggi badan.

Tapi, ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar tinggi badanmu tumbuh maksimal. Berikut tipsnya.

1. Menjalani Pola Makan Seimbang

Selama masa pertumbuhan, sangat penting untuk memenuhi asupan nutrisi agar pertumbuhanmu optimal. Pola makanan harus mengandung buah, sayur, protein, biji-bijian dan olahan susu. Kamu harus mengurangi konsumsi gula serta lemak trans.

 shutterstockshutterstock © dream.co.id

2. Berhati-hati Mengonsumsi Suplemen

Sangat sedikit yang berhasil meningkatkan pertumbuhan tinggi badan dengan suplemen. Jika pertumbuhanmu bermasalah, mungkin dokter akan menyarankan untuk mengonsumsi suplemen yang mengandung HGH sintesis.

Sahabat Dream perlu menghindari konsumsi suplemen sembarangan untuk meningkatkan tinggi badan untuk menghindari efek samping berbahaya.

2 dari 5 halaman

3. Tidur Cukup

Kurang tidur akan mempengaruhi pertumbuhan tinggi badan, bahkan menyebabkan komplikasi. Hal tersebut disebabkan oleh produksi HGH akan menurun jika kamu kurang tidur.

4. Berolahraga Rutin

Rutin berolahraga memiliki banyak manfaat. Ini bisa menguatkan otot dan tulang, membantu mempertahankan berat badan serta memicu produksi HGH.

 shutterstockshutterstock © dream.co.id

3 dari 5 halaman

5. Memperbaiki Postur Tubuh

Postur tubuh yang buruk akan membuatmu terlihat lebih pendek daripada seharusnya. Perhatikan postur tubuh saat berdiri, duduk maupun tertidur.

Kamu bisa melatih hal tersebut dengan melakukan beberapa gaya saat berolahraga. Atau melakukan beberapa gerakan yoga seperti mountain pose, cobra pose, child's pose dan warrior pose. (mut)

 shutterstockshutterstock © dream.co.id

4 dari 5 halaman

Begini Postur Jalan yang Baik untuk Kesehatan

Dream - Berjalan memang aktivitas sederhana. Namun ternyata banyak dari kita yang belum tahu cara berjalan yang benar.

Pengetahuan mengenai cara menahan tubuh sangat penting untuk membuat jalan menjadi mudah dan benar. Hal itu akan membuat bernapas menjadi lebih mudah, menghindari sakit punggung, serta berjalan lebih cepat dalam jangka waktu lama.

Sebaliknya jika cara berjalan kamu salah bisa berakibat cidera, ketidaknyamanan dan membuat langkah menjadi lebih cepat dari yang seharusnya.

Dilansir dari Times of India, berikut cara jalan yang direkomendasikan untuk menjaga kesehatan.

 

5 dari 5 halaman

Berdiri Tegak

Saat berjalan seharusnya berdiri tegak, dengan posisi lurus menyerupai pohon. Jangan melengkungkan punggung atau memanjang tubuh. Pandangan mata dan kepala ke depan. Sedangkan posisi bahu harus turun dan santai. Selain itu kencangkan perut bagian bawah dalam langkah alami.

 © Dream

Pada saat berjalan, sebaiknya jauhkan fokus mata setidaknya 15 kaki di depan kamu. Hal itu bertujuan untuk memastikan bahwa leher dapat membantu menghirup udara lebih banyak. Serta memaksimalkan suplai oksigen ke otot dengan baik.

Tanpa disadari, ternyata ayunan lengan dapat meningkatkan kalori loh Sahabat Dream. Daripada mengepalkan tangan, lebih baik mengyunan lengan untuk mencegah pembengkakan jari tangan dan menjaga detak jantung dalam jangka waktu lama.

Namun, jika kamu ingin memperkuat punggung bawah dan otot-otot bagian bawah, remas tubuh bagian bawah saat berjalan.

Selamat mencoba yang Sahabat Dream, mungkin selama ini postur berjalan kamu salah.(Sah)

Beri Komentar
Babak Baru Daus Mini Vs Daus Mini ‘KW'